Connect with us

info

Fungsi dan Tugas Sebagai Agen Perjalanan Terbaik

Published

on

Agen Perjalanan

Agen Perjalanan – Pariwisata adalah perjalanan untuk rekreasi dan tentunya Anda butuh persiapan untuk kegiatan itu. Definisi dari pariwisata sendiri adalah sebuah industri jasa.

Mereka menangani layanan mulai dari transportasi, perhotelan, penginapan, makanan, minuman dan layanan terkait lainnya seperti perbankan, asuransi, keamanan dll. Adapun kegiatan perjalanan pariwisata biasanya menawarkan rekreasi budaya, petualangan, dan pengalaman baru dan berbeda lainnya.

Banyak negara sangat bergantung pada industri pariwisata sebagai sumber pajak dan pendapatan bagi perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu, pengembangan industri pariwisata merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh lembaga swadaya masyarakat untuk mempromosikan daerah tertentu sebagai daerah pariwisata guna meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada non-lokal.

Salah satu penggerak mesin pariwisata adalah PT TASYERA NUANSA GEMILANG yang merupakan agen travel terpercaya yang berlokasi di Tangerang. Perusahaan ini terletak di kawasan strategis yang mudah diakses, tepatnya di Jl. KH Dewantara No. 98 Tanggerang.

PT TASYERA NUANSA GEMILANG adalah salah satu biro perjalanan wisata terbaik di Indonesia yang memberikan solusi perjalanan wisata, baik untuk liburan keluarga maupun perjalanan bisnis Anda.

Fungsi Dari Biro Perjalanan

Agen Perjalanan

Fungsi biro perjalanan dibagi menjadi dua fungsi, yaitu:

1. Fungsi umum

Dalam hal ini biro perjalanan adalah suatu perusahaan yang dapat memberikan informasi atau informasi tentang apapun yang berhubungan dengan dunia perjalanan pada umumnya dan perjalanan wisata pada khususnya.

2. Fungsi khusus

A. Biro perjalanan wisata sebagai perantara. Dalam aktivitasnya ia bertindak untuk perusahaan lain dan menjual jasa dari perusahaan yang diwakilinya. Dia dengan demikian bertindak antara wisatawan dan industri pariwisata.

B. Biro perjalanan wisata sebagai unit bisnis yang merencanakan dan menyelenggarakan perjalanan wisata dengan tanggung jawab dan risikonya sendiri.

C. Biro perjalanan wisata sebagai penyelenggara terdiri dari aktif bekerja sama dengan perusahaan lain di dalam dan luar negeri dalam mengaktifkan bisnisnya. Fasilitas milik sendiri digunakan sebagai sarana usaha.

Ruang Lingkup Agen Perjalanan

  1. Menjadi agen saat memesan reservasi tiket
  2. Kelola dokumen perjalanan
  3. Menjadi perantara pemesanan akomodasi, restoran, fasilitas wisata, dll.
  4. Penjualan paket perjalanan dari biro perjalanan umum

Fungsi Agen Perjalanan

1.Sebagai Perantara

A. Di daerah asal wisata

  1. Informasi lengkap untuk wisatawan
  2. Memberikan saran kepada calon wisatawan
  3. Sediakan tiket

B. Di daerah tujuan wisata

  1. Memberikan informasi kepada wisatawan.
  2. Bantuan dengan reservasi
  3. Menawarkan transportasi
  4. Mengatur perencanaan
  5. Jual dan pesan tiket mas

2. Sebagai Penyelenggara

Karena travel agent adalah perantara, dia berada di tengah industri pariwisata, jadi harus ada kontrak terlebih dahulu. Selain itu harus ada perjanjian khusus yang mengatur hubungan kerja agar jelas tugas, kewajiban dan hak masing-masing pihak

Sehingga tujuan dari sebuah agen perjalanan adalah:

  1. Memberi Iinformasi tentang tujuan wisata.
  2. Pemberi informasi untuk mendapatkan bantuan pengurusan dokumen.
  3. Menginformasikan tempat wisata dimana anda dapat memesan tiket, hotel, transportasi wisata dll.
  4. Memberikan bantuan untuk segala hal yang berhubungan dengan perjalanan.

Operator Tour

Adalah suatu perusahaan yang kegiatan usahanya, atas prakarsa sendiri dan atas resiko sendiri, merencanakan dan mengatur perjalanan untuk tujuan wisata dengan tujuan memanfaatkan kegiatan tersebut.

A. Agen Perjalanan

Perusahaan perjalanan luar negeri dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu “agen perjalanan” dan “operator tur”. Agen perjalanan sendiri dikenal dengan berbagai istilah seperti travel and travel service, travel service, travel agent atau kantor pariwisata. Sementara itu, tour operator juga dikenal dengan istilah yang kegiatannya mirip tapi tidak sama: grosir.

B. Biro Perjalanan

Jika dijelaskan di atas bahwa fungsi utama agen perjalanan adalah menjual produk perusahaan lain kepada wisatawan (konsumen), maka fungsi utama biro perjalanan justru sebaliknya, yaitu menghasilkan produk berupa perjalanan paket wisata.

Produk yang bersangkutan dapat dijual kepada wisatawan (konsumen) atau melalui biro perjalanan oleh agen perjalanan yang bertanggung jawab. Sebagai tips untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata maupun keperluan bisnis, hendaknya dapat memilih agen mana yang akan digunakan secara cermat.

PT TASYERA NUANSA GEMILANG adalah tempat yang tepat sebagai pilihan utama Anda untuk melakukan segala aktivitas perjalanan. Bukan tanpa sebab, karena PT TASYERA NUANSA GEMILANG akan memberikan banyak keuntungan dengan produk paket prioritas yang mereka tawarkan. 

Demikian ulasan mengenai Fungsi dan Tugas Sebagai Agen Perjalanan Terbaik, semoga bermanfaat untuk Anda. /Aha

Baca Juga: Destinasi Wisata Tersembunyi di Yogyakarta

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending