Destinasi Wisata Tersembunyi di Yogyakarta

0
59
Wisata tersembunyi

Ketika mendengar kata wisata tersembunyi, kebanyakan orang pasti akan membayangkan suatu tempat yang indah dan menyenangkan. Mungkin ada sebagian orang juga yang akan berpikir tentang suatu tempat yang penuh keajaiban dan sangat luar biasa. Wisata ini pada umumnya digambarkan sebagai tempat di atas awan yang membuat orang bertanya-tanya. Namun, ternyata di Indonesia ini kita dapat menemukan tempat yang sesuai dengan ekspektasi kita ketika mendengar kata surga lho.

Sebuah provinsi di Jawa Tengah, tepatnya Yogyakarta memiliki beberapa tempat indah yang layak disebut surganya Indonesia. Berbagai tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan keluarga anda. Penasaran? Yuk langsung kita simak ulasannya di bawah ini!

Goa Jomblang

Ketika mendengar namanya, kita mungkin tidak yakin bahwa goa ini dapat disebut seperti wisata tersembunyi di Yogyakarta. Namun faktanya, objek wisata di tempat ini memiliki keunikan yang mungkin tidak dapat kita temui di tempat lain. Goa ini dikatakan sebagai wisata tersembunyi karna menghasilkan cahaya yang mirip seperti gambaran cahaya ilahi. Tentu saja hal ini mengakibatkan Goa Jomblang menjadi spot foto favorit bagi masyarakat Indonesia di era ini.

Cuaca dan situasi langit pun menjadi faktor yang penting saat ingin datang ke Goa Jamblnag. Goa Jamblang bisa lebih dinikmati jika anda datang di waktu yang tepat. Waktu yang tepat akan menghasilkan warna dan juga tema foto yang bagus saat di ambil. Waktu yang paling cocok untuk mendatangi Goa Jomblang ini adalah saat tidak hujan. Kemudian, anda pun harus melakukan sedikit olahraga sebelum mencapai destinasi wisata tersembunyi. Para turis wajib turun dengan sebuah tali secara lurus. Semua akan diberikan arahan keselamatan terlebih dahulu. Sehingga anda pun aman saat mengunjungi.

Lokasi: Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: Tidak Dikenakan Biaya

Laguna Pantai Wedi Ombo

wisata tersembunyi di Yogyakarta yang selanjutnya adalah Laguna Pantai Wedi Ombo. Mungkin, Pantai Wedi Ombo masih asing terdengar bagi beberapa kalangan masyarakat Indonesia. Namun, keindahan objek wisata ini tidak perlu diragukan, karena dijamin akan memuaskan dahaga para pengunjung yang haus akan hiburan.

Ombak Wedi Ombo ini terkenal dengan menyapu pantai ini terkenal cukup ringan, sehingga mengundang para peselancar lokal dan mancanegara untuk menguji kemampuan para peselancar. Hal favorit dari para pengunjung adalah laguna di pinggiran pantai berbatu Wedi Ombo. Kolam alami ini memiliki warna air yang khas karena berasal langsung dari laut. Sehingga bagi kamu yang memiliki hobi di bidang fotografi, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berburu momen berharga.

Lokasi: Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Air Terjun Kedung Kandang

Bila ingin bermain air sekaligus mengabadikan momen berharga dalam bentuk foto yang instagrammable, Air Terjun Kedung Kandang adalah jawabannya. Wisata tersembunyi di Yogyakarta yang selanjutnya ditemui dalam wujud air terjun nan indah. Keberadaan air terjun ini tersembunyi dan awalnya hanya diketahui dari mulut ke mulut. Lokasi air terjun yang sangat indah ini terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kedung Kandang sebenarnya lebih dikenal sebagai nama sungai di salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Aliran air dari sungai ini menuruni gundukan bebatuan besar yang menghasilkan air terjun bertingkat yang sangat keren dan memanjakan mata.

Lokasi: Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Nglambor

Bila bosan dengan pemandangan alam yang itu-itu saja, mungkin para pembaca dapat mencoba menikmati alam bawah laut yang sangat indah. Pantai Nglambor adalah salah satu wilayah dari beberapa pantai yang berada di daerah gugusan Laut Selatan.

Meskipun terkenal dengan kedahsyatan ombaknya, para pengunjung tidak perlu merasa takut dan cemas ketika akan berwisata di pantai ini. Pasalnya, pantai ini terlindungi oleh dua batu karang yang sangat besar dan kokoh. Maka dari itu, para pengunjung bisa bebas menyelam dan menikmati keindahan alam bawah laut di pantai ini.

Nah, bagi pengunjung yang ingin mencoba tantangan berbeda, kalian bisa melatih adrenalin dengan bergondola menyeberangi dua tebing karang. Tentunya, hal ini akan menjadi pengalaman berharga yang tak terlupakan dalam momen liburan anda. Perjalanan yang ditempuh dari kota Yogyakarta sampai ke Pantai Nglambor tidak terlalu lama, hanya sekitar dua jam saja. Cukup sewa elf dan perjalanan keluarga anda akan tetap terasa nyaman.

Lokasi: Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: Dikenakan Harga Rp 5 ribu masing masing pengunjung

Gunung Ireng

Bagi para pengunjung yang tertarik dan ingin menikmati keindahan langit dan matahari, lokasi wisata yang berikutnya tidak akan mengecewakan anda. Sebuah spot di Gunung Ireng sangat cocok menjadi gambaran wisata tersembunyi di Yogyakarta. Tidak perlu bepergian ke tempat yang terlalu jauh untuk menikmati sunrise yang indah. Di gunung Ireng, para pengunjung dijamin akan berdecak kagum dan takjub akan keindahan matahari terbitnya. Tidak hanya itu, momen matahari terbenam atau sunset pun menjadi andalan di gunung ini.

Bagi para pengunjung yang menyukai fotografi, tempat ini tentu akan membuat anda bahagia karena pemandangan alamnya yang sungguh luar biasa. Lokasi wisata yang asri dan panorama khas Gunung Kidul juga bisa kalian nikmati dengan baik. Hawa daerah pegunungan yang terkenal dengan angin yang nikmat. Ini akan sangat menyegarkan tubuh anda semua.

Lokasi: Pengkok, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: Rp 5 ribu masing masing pengunjung

Air Terjun Sidoharjo

Berdasarkan pencarian, ada satu air terjun yang sangat dikenal oleh masyarakat Yogyakarta, yaitu Air Terjun Sidoharjo. Lokasi wisata alam ini sangat dikenal karena memiliki ketinggian yang fantastis. Surga sangat identik dengan tempat yang berada di ketinggian. Maka dari itu, air terjun ini cocok diibaratkan sebagai wisata tersembunyi di Yogyakarta.  

Dari informasi yang didapat, wisata ini belum terlalu dikunjungi oleh turis. Namun keindahan alamnya memang tidak salah lagi. Air terjun Sidoharjo ini memiliki ketinggian hingga 75 meter tingginya. Jadi anda akan pasti puas dengan pancuran air yang jatuh.

Lokasi: Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: Rp 2 ribu masing masing pengunjung

Air terjun Kedung Pedut

Masih tentang air terjun, kali ini air terjun yang akan kita bahas adalah air terjun yang sangat unik. Pasalnya, air terjun ini memiliki keunikan pada warna air yang dihasilkan. Keajaiban ciptaan Tuhan dapat dilihat pada air terjun dua warna ini. Objek wisata ini berlokasi masih di Jawa Tengah, yaitu di daerah Kulonprogo. Keindahan air terjun ini memang tidak bisa dipungkiri lagi.  

Warna khas yang dihasilkan oleh air terjun ini adalah berwarna putih bening dan juga hijau tosca. Selain itu, kolam di dasar air terjun juga sangat indah dan alami. Karena hal itulah, air terjun ini cocok menjadi lokasi foto yang luar biasa.

Lokasi: Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: Rp 3 ribu masing masing pengunjung

Nah, dari ulasan di atas tentu para pembaca semakin penasaran dan ingin berkunjung ke berbagai tempat di Yogyakarta. Masih banyak lagi wisata tersembunyi di daerah lainnya yang dapat dikunjungi. Selamat berlibur, tetap jaga kesehatan dan keselamatan keluarga anda.