Tugu Amanah Merupakan Tonggak Sejarah Berdirinya Arga Makmur

0
136
Tugu Amanah Merupakan Tonggak Sejarah Berdirinya Arga Makmur
Tugu Amanah

Bengkulu Utara, garudacitizen.com – Tugu Amanah, atau sering disebut masyarakat Bengkulu Utara selama ini dengan nama Tugu Seksi. Ternyata merupakan sebuah tonggak simbol sejarah lahirnya Kota Arga Makmur.

Seperti yang dijelaskan oleh Amandeka, salah seorang tokoh masyarakat Bengkulu Utara yang ikut serta mencetuskan berdirinya sebuah tugu amanah tersebut mengatakan, sebelum menjadi Kota Arga Makmur, Ibu Kota persiapan berada di Lajau Lubuk Sahung.

Namun, setelah diresmikan oleh Amir Mahmud pada tanggal 8 Oktober 1976. Lajau Lubuk Sahung diganti dengan Kota Arga Makmur.

Sebagai bukti peresmian lahirnya kota Arga Makmur pada waktu itu, yakni adanya sebuah tugu amanaah. Tepatnya di Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Gunung Alam, Kecamatan Kota Arga makmur.

“Disinilah tonggak prasasti bukti sejarah berdirinya Ibu kota Bengkulu Utara. Dimana tugu ini dahulunya diresmikan oleh Amir Mahmud, pada tanggal 8 oktober 1976,”jelas Amandeka.

Lebih lanjut dijelaskannya, Dirinya sangat menyayangkan, jika tugu amanah disebutkan dengan nama tugu seksi.

Sebab, para tokoh pendiri tugu ini ketika melakukan peresmian kota arga makmur, tidak memberikan namanya dengan sebutan tugu seksi, tetapi melainkan dengan sebutan nama tugu amanah.

“Sekali lagi saya tegaskan, dahulu para tokoh pendiri tugu ini, bersepakat meberikan nama tugu tersebut, dengan nama tugu amanah dan bukan tugu seksi,”tegas Amandeka.

Melalui APBD Bengkulu Utara. Pada tahun 2018, Tugu Amanah direnovasi oleh Bupati Ir.H.Mian. Dimana lokasi tugu amanah direhab menjadi taman Wisata tempat berkumpulnya Warga yang ingin nongkrong bersama teman ataupun bersama keluarga.

Tepat pada hari Jum’at (23/3/2018) sekitar pukull 14.30 Wib. Tugu Seksi diresmikan kembali oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir.Mian dengan nama Tugu Amanah.

Bupati Bengkulu Utara Ir Mian,  jum’at (23/3/2018) sekira pukul 14.30 resmikan Tugu Patung Amanah, salah satu ikon Kabupaten Bengkulu Utara.

“Tugu Amanah ini merupakan salah satu tugu yang memiliki history tinggi tentang perjuangan para pahlawan kita,”ujar Mandeka.(Ben)

loading...