Bappeda Bengkulu Utara Gelar Bimtek Implementasi SAKIP

0
59
Bappeda Gelar SAKIP

Bengkulu Utara, GC – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur dalam Implementasi, Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP).

Pembukaan Bimtek SAKIP – https://www.garudacitizen.com

Kegiatan yang berlangsung di ruang pola Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkulu Utara tersebut, tujuannya tidak lain agar ASN semakin memahami bagaimana membangun dan mewujudkan Sistem Akuntabilits Kinerja Instansi Pemerintah yang baik dan benar.

Pemahaman yang baik dan benar, akan mendorong ASN untuk meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi. Sehingga para ASN nantinya akan mendorong program pemerintah daerah berjalan baik dan mampu mensejahterakan masyarakat.

“Kita melakukan kegiatan tersebut  untuk meningkatkan kinerja ASN yang selama ini masih nilainya C, akan kita tingkatkan lagi mendapat nilai B,” jelas Kepala Bappeda Bengkulu Utara, Siti Qoriah melalui Parpen selaku Kabid Bina Program,Selasa (19/2/2019).

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Haryadi, menyambut baik pelaksanaan kegiatan Bimtek SAKIP. Menurutnya, kegiatan ini sangat strategis, karena berhubungan dengan peningkatan pelayanan publik yang prima.

Dengan menggunakan anggaran secara efisien, terukur, tepat sasaran, kata Haryadi. Sehingga pemerintah daerah memberikan manfaat besar kepada masyarakat,  sesuai dengan Visi dan Misi Kepala dan Wakil Kepala Daerah.

Sekda Haryadi Menyampaikan Sambutan – https://www.garudacitizen.com

Untuk itu, Sekda berpesan kepada seluruh peserta, yang terdiri dari Kepala OPD beserta Staf untuk mengikuti pelatihan dengan serius. Agar dalam mengusulkan dan menjalankan program tahun 2019. Lebih terarah dan menyentuh pada kepentingan masyarakat.

“Apa yang dilakukan ini jangan hanya sekedar pelatihan saja, tapi hendaknya berdampak pada rencana aksi kedepan dalam menyusun dan menjalankan program OPD,” ujar Sekda.

Kedepan Sekda menegaskan, dalam setiap pengusulan program kegiatan OPD harus disertai dengan Kerangka Acuan Kerja (KAK). Karena KAK tersebut sebagai pertimbangan disetujui atau tidaknya program yang akan dijalankan. tanpa itu Sekda memastikan program yang diusulkan akan dicoret.

“Kedepan saya minta setiap usulan program harus melampirkan KAK nya jika tidak akan saya coret,”tegas Sekda

Menpan RB Sedang Menyampaikan Materi Bimtek

Perangkat Daerah memiliki peran yang sangat penting. Oleh karena itu, Kepala Perangkat Daerah dituntut untuk betul-betul paham tentang penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Mulai dari Perencanaan Kinerja yang sudah diperjanjikan, sampai pelaporan kinerja yang telah dicapai.

Hadir dalam kegiatan tersebut, dari Kemenpan RB, Sekda, Asisten II dan III, Kepala Bappeda dan kepala OPD berserta seluruh camat se-kabupaten Bengkulu Utara.(Adv)

loading...