Caleg Bengkulu Utara Bagi-Bagi Kartu BPJS

Bengkulu Utara, GC – Menjelang Pencoblosan di pemilu serentak, Pileg dan Pilpres 2019. Beredar kabar adanya salah satu Calon Legislatif (Caleg) Kabupaten Bengkulu Utara nomor urut 3 dari PDI Perjuangan, berkampanye dengan cara membagi – bagikan kartu BPJS pada masyarakat.

Penelusuran awak media, pembagian kartu BPJS bukan hanya isapan jempol. Hal ini didapati berdasarkan pengakuan Damiri, salah seorang warga Desa Air Lakok, Kecamatan Batik Nau, Kabupaten Bengkulu Utara.

“Beberapa orang warga disini, termasuk saya dapat kartu BPJS dari salah satu caleg PDI Perjuang nomor urut 3. Kalau ngak salah namanya berinisial RR atau sering orang panggil ibuk Untung,”kata Damiri, Senin (18/2/2019).

Lanjut Damiri, pembagian kartu BPJS itu, berbarengan juga dengan dibagikannya satu orang satu kalender yang ada gambar salah satu caleg tersebut. Sembari membagikan kartu BPJS dan kalender kata Damiri, caleg tersebut juga sempat menyampaikan “Nanti Tolong Coblos Nama Saya Ya”.

“Selain kartu BPJS, kami juga dibagikan kalender gambar caleg tersebut,”ujar Damiri.

Sementara yang kita ketahui, BPJS merupakan program pemerintah pusat ke daerah-daerah. Dimana yang punya wewenang dan tanggung jawab dalam program ini, ada di Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

Artinya, jika program ini ditunggangi oleh salah satu caleg. Maka tidak menutup kemungkinan, disinyalir adanya kolaborasi antara Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial dengan salah satu caleg tersebut. Apa lagi salah satu caleg tersebut, seorang isteri dari salah seorang pejabat pemerintah Daerah Bengkulu Utara.(Ben)