YOGYAKARTA – Satu peserta konvensi pemilihan bakal calon wali kota Yogyakarta jalur perorangan dari gerakan Jogja Independent mengundurkan diri sehingga konvensi hanya akan diikuti empat peserta.

“Kami sudah menerima pernyataan dari peserta yang bersangkutan melalui surat elektronik. Ia menyatakan tidak mampu menyeimbangkan kesibukan pekerjaan dengan agenda Jogja Independent (Joint)

Demikian dikatakan pegiat Jogja Independent Herman Dody di sela tes urine untuk peserta konvensi di Yogyakarta, Sabtu (16/4) Siang tadi.

Peserta yang mengundurkan diri adalah Andrie Primera Nuary yang memiliki latar belakang sebagai profesional di bidang perbankan.

Dan diketahui selama ini, peserta tersebut memiliki kesibukan karir di Jakarta.

Sementara itu, empat peserta lain yang akan melanjutkan proses konvensi adalah Emmy Yuniarti Rusadi seorang peneliti, Fitri Paulina Andriani yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Kota Yogyakarta, Garin Nugroho yang selama ini dikenal sebagai sutradara film dan budayawan serta Rommy Hermanto yang memiliki latar belakang sebagai konsultan dan pendamping usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sebelum mengikuti proses konvensi, keempat peserta menjalani tes urine. Joint bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Yogyakarta untuk pelaksanaan tes. Melalui tes tersebut akan diketahui lima parameter yaitu kandungan sabu, putaw, heroin, ganja dan obat penenang lainnya.

Berdasarkan hasil tes, diketahui empat peserta konvensi bersih dari narkotika. Sementara itu, konvensi untuk menetapkan bakal calon wali kota akan digelar pada Minggu (17/4) bertempat di Jogja Expo Center (JEC).

Setiap peserta akan menyampaikan pemaparan dan diwawancara langsung oleh sembilan pakar yang tergabung sebagai panelis.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat bisa datang dan menyaksikan proses konvensi.

Kami mengundang tokoh masyarakat, wali kota hingga perwakilan partai politik,” katanya.

Berdasarkan hasil konvensi akan dipilih satu bakal calon wali kota yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Yogyakarta 2017.

Bakal calon yang terpilih akan memilih sendiri pasangannya sebagai bakal calon wakil wali kota dari peserta konvensi. (Arintok)