Wow..Ternyata Kopi Bengkulu Masuk Dalam Urutan 3 Nasional

0
53
Nikmat Kopi Bengkulu Masuk Urutan ke 3 Nasional

Bengkulu, GC – Untuk anda para pecinta kopi, tentu saja anda mencari kopi yang luar biasa nikmatnya. Salah satunya adalah Kopi Bengkulu. Secara nasional, kali ini Kopi Bengkulu telah menyandang urutan ke tiga sebagai kopi terbaik yang ada di Indonesia.

Kopi dari salah satu daerah penghasil kopi di Sumatra ini dikenal dengan citarasa yang berbeda di tiap tegukan. Tak ada salahnya mengenal dan mencicipi keunikan Kopi Bengkulu.

Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Sumatera (setelah Lampung dan Sumatra Selatan), Bengkulu ikut berperan menyumbang sekitar 70% ekspor kopi Robusta di Indonesia. Sebagai penghasil kopi kualitas ekspor, tentu saja kualitas kopi Bengkulu telah teruji.

Memang sejak jaman dahulu, Bengkulu menjadi wilayah penghasil salah satu kopi terbaik dan ternikmat di indonesia. Daerah yang ada di Bengkulu yang menjadi penghasil kopi hingga saat ini setidaknya ada tiga kabupaten, diantaranya yaitu Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

”Secara nasional produksi Kopi Bengkulu menempati urutan ketiga, dan pada peta kopi Sumatera dikenal segitiga kopi, yaitu Bengkulu, Lampung dan Sumatera Selatan. Artinya Bengkulu memiliki potensi kopi yang menjanjikan,”ujar Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu (6/2/2019) dalam acara ngopi bareng Gubernur Bengkulu di kantor penghubung Provinsi Bengkulu di Utan Kayu Jakarta Timur.

Bengkulu Menghasilkan Kopi Capai 72 Ton Pertahun

Selain itu Rohidin Mersyah juga mengatakan, Sekitar 34 ribu sampai dengan 36 ribu kepala keluarga di Provinsi Bengkulu bergerak di sektor penghasil kopi. Sehingga dalam satu tahunnya, Provinsi Bengkulu menghasilkan kopi mencapai 72 ribu ton.

Hanya saja yang menjadi persoalan saat ini, sebanyak 34 ribu Kepala Keluarga penghasil kopi di Provinsi Bengkulu, berada di kawasan hutan lindung.

Melihat potensi dan problem tersebut, pemerintah daerah Provinsi Bengkulu telah melakukan langkah langkah strategis, agar kopi Bengkulu benar – benar mampu menggerakkan ekonomi masyrakat. Salah satu langkah yang sedang dilakukan pemerintah daerah saat ini, pertama persoalan status lahan kebun rakyat yang harus segera diselesaikan.

“Kita akan melakukan langka-langkah untuk peluang penghasil kopi, mumpung sekarang reforma agraria, maka langkah yang pertama kita selesaikan soal lahan masyarakat penghasil kopi. Kemudian kita juga akan mencoba buka pabriknya dan membuka pintu untuk Ekspornya. Selanjutnya maka kita melakukan langkah mempromosikan ke daerah luar, seperti yang kita lakukan saat ini,”Beber Rohidin. (Red)