Satpol PP turunkan spanduk liar

Spanduk liar yang bermuatan provokasi di sikat habis oleh Polisi Pamong Praja ( Satpol PP )

WONOSOBO – Kepala Kantor Satpol PP dan Linmas, Faisal RB mengambil sikap tegas, terkait munculnya spanduk liar di sepanjang ruas jalan Kagungan-Rejosari, Kepil.

Spanduk dan banner tempel yang berisi kata-kata kurang etis tersebut akhirnya diturunkan paksa petugas dari Satpol PP, dibantu personel dari Polsek dan Koramil Kepil.

Menurut Faisal, keputusan menghabisi tak kurang dari 6 spanduk tersebut, selain mempertimbangkan aspek legalitas, juga dilandasi adanya arahan langsung Bupati Wonosobo, Eko Purnomo.

“Hari ini  Bupati telah meninjau langsung keberadaan spanduk-spanduk tersebut dan langsung memerintahkan untuk melepas agar tidak mengganggu pengguna jalan,” terang Faisal.

Dari segi muatan, spanduk yang mengatasnamakan komunitas sopir itu juga dinilai Faisal cukup provokatif dan tidak mendidik.

Ketika dikonfirmasi ke Kades Randusari maupun Camat Kepil, sampai jajaran Polsek, Faisal mengaku mereka juga tidak mengetahui siapa yang memasangnya.

“Ada 2 spanduk besar yang membentang di dekat perbatasan rejosari dan dekat pertigaan Kagungan, ditambah 4 spanduk kecil yang ditempel di pohon pinggir jalan,” Kata Faisal.

Menurutnya, tidak adanya ijin dan aspek muatan pada spanduk yang tidak sesuai aturan melanggar perda. “Nanti kalau ada yang merasa keberatan dengan langkah kami ini, Camat dan jajaran Muspika Kepil siap menghadapinya,”tegasnya.

Kades Randusari, Heru Nurcahyo yang turut mengawal pencabutan spanduk-spanduk liar tersebut dengan tegas juga menyatakan dukungannya. “Kami juga sudah berkomunikasi dengan perangkat desa Randusari dan Rejosari, tapi memang tidak ada pemberitahuan soal pemasangan spanduk-spanduk itu,” kata Heru.

Diakuinya, keluhan terkait kondisi rusak parahnya ruas jalan Kagungan – Rejosari memang cukup banyak yang masuk, namun tidak sampai pada tindakan yang anarkis.

“Kami menghimbau kepada warga masyarakat maupun para pengguna jalan agar bisa lebih bersabar, mengingat Pemerintah Daerah juga telah menganggarkan dana untuk perbaikan jalan pada Tahun ini,” pungkas Heru.(Arintoko)