Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku

Surga tersembunyi di Timur Indonesia

0
2980
Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku
Laut Pulau Tiga yang berwarna gradasi biru dan hijau zamrud (Brama Danuwinata Ramadhan/ ACI)

Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku | Mendengar kata Ambon imaginasi kita akan menggambarkan beragam hal. Ya, kota Ambon memang memiliki sejuta pesona yang menakjubkan, bukan hanya penduduknya yang berkulit sawo matang dan ramah. Tetapi, kota Ambon juga menyimpan sejuta eksotika alam yang tidak ternilai harganya.

Destinasi Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku memang belum setenar Raja Ampat dan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Namun bukan berarti pesona laut yang nyaris tidak berombak itu tak mampu memberi hal lebih kepada pelancong.

Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku 3Terletak di desa Asilulu yang tidak jauh dari kota Ambon, hanya berjarak sekitar 1.5 – 2 jam perjalanan saja anda sudah bisa tiba di bibir pantai untuk menumpang dengan perahu ketinting dan menyeberang lautan untuk mencapai Pulau Tiga.

Sesuai dengan namanya, Pulau Tiga terdiri dari 3 gugusan pulau, yaitu Pulau Satu, Dua dan Tiga – akan tetapi pulau yang berpenghuni adalah Pulau Tiga. Pulau cantik dengan pasir yang putih dan air yang sangat jernih, daerah sekitarnya dihiasi dengan tebing-tebing tinggi yang curam dan goa sehingga menawarkan pemandangan tersendiri saat anda menikmati keindahan pulau tersebut.

Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku 4Seperti disebutkan tadi, Pulau Tiga nyaris tak berombak. Tempat Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku itu Rasanya, seperti berenang anda dalam sebuah kolam besar dengan air yang sangat jernih.

Pulau ini sungguh cantik, menenangkan dan anda dapat melepas lelah sambil snorkeling atau hanya sekedar berenang dan duduk ditepian pantai menikmati godaan hembusan angin dingin yang melenakan.

Kegiatan bawah air seperti snorkeling dan diving kini pun telah menjadi hobi favorit banyak orang. Rasanya mubazir bila mengunjungi destinasi wisata bahari namun tak melongok panorama indah dibalik permukaan airnya.

Pilihan destinasi wisata juga menjadi semakin variatif. Berbeda dengan keadaan 10 atau 20 tahun yang lalu, kini kawasan Indonesia Timur mau tak mau harus dilirik. Biota bawah laut, terumbu karang serta kontur bawah laut di kawasan ini memang acapkalai dianggap lebih menyajikan keindahan yang susah ditemukan di bagian Barat Indonesia. Wow…

Seolah telah diciptakan oleh Sang Pencipta dalam satu paket kemasan, kehidupan masyarakat pesisir dengan semua budaya dan berjuta kearifan lokal khas Indonesia Timur menjadi menu penyedap yang tak bisa dipisahkan begitu saja.

Tentunya perjalanan menuju kesana yang notabene jauh dari pusat-pusat keramaian di pulau Jawa juga memberikan beraneka pengalaman seru bila ditutur ulangkan kepada teman dan kerabat di rumah, nantinya.

Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku juga punya asset kehidupan bawah laut yang tak terhingga. Kawasannya yang dihuni oleh puluhan pulau menjadikan daerah buruan rempah bangsa Eropa ini punya banyak pantai dan perairan yang berstatus wajib kunjung bagi para diver dan penyuka snorkeling.

Diatas lembaran peta, lokasi pulau-pulau tersebut membujur di perairan yang berada di antara pulau Seram dan pulau Ambon. Tak bisa serta merta menceburkan diri di perairannya, wisatawan mesti rela menelusuri daratan pulau Ambon ke arah utara untuk sampai di sana.

Ukurannya tidak terlalu besar memang, terkadang bagi yang belum terbiasa dengan riak ombak, berada di atas sampan ini cukup membuat jantung berdegup kencang. Tapi jangan khawatir, pemilik sampannya rata-rata sudah berpengalaman.

Mereka sudah bisa menebak kapan perjalanan bisa dilakukan dan kapan harus menunda perjalanan. Selain itu bila beruntung, kawanan ikan-ikan terbang yang melayang diatas permukaan air bisa jadi bonus yang menarik untuk ditonton.

Pasir purih di pulau Tiga sudah bisa terlihat setelah sampan mengarungi perairan selama 15 menit. Pulau tiga adalah satu-satunya pulau yang memiliki penduduk. Keramahan warga pulau Tiga akan menyambut hangat siapa saja yang bertamu kesana. Warga pulau Tiga sebagian besar mencari ikan sebagai mata pencaharian mereka.

Bila berkunjung ke pulau Tiga dengan membawa perlengkapan snorkeling, jangan tunda lagi untuk segera memakainya. Pulau ini punya bunga-bunga karang yang indah. Sebuah bukti bahwa pulau Tiga belum banyak terjamah.

Airnya begitu jernih, menciptakan jarak pandang yang sempurna bila ingin berlama-lama menjelajahinya. Ikan-ikan yang berenang hilir-mudik juga bisa jadi teman berenang yang menyenangkan selama anda tidak mengusiknya.

Lokasi wisata pulau Tiga yang jauh dari pusat kota dan terpencil menjadikan sinar bintang di malam hari tampak lebih bercahaya menyinari langit Maluku. Bulan pun akan segera membuai lamunan anda dan angin laut yang berhembus di pulau Tiga dijamin akan mengisi malam anda dengan lebih indah.

Bila ingin bermalam, rumah warga bisa disewa sebagai tempat menginap. Tempat wisata Pulau Tiga memang berada di lokasi yang jauh dari jangkauan kabel-kabel milik PLN, namun tak perlu khawatir bila anda memerlukan listrik, warga pulau ini menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listrik mereka.

Bagi anda yang memang mencari sensasi tidur beratapkan langit, anda juga bisa mendirikan tenda dan membuat api unggun kecil di pinggiran pantai. Deburan ombak di pulau Tiga bisa jadi penghantar tidur anda.

Meski dijamin bakal tidur nyenyak, jangan lewatkan prosesi matahari terbit di pulau yang cantik ini. udara pagi akan menjadikan kombinasi pendaran sunrise menjadi lebih mempesona untuk dinikmati. Buat anda penggemar memancing, perairan pulau Tiga bakal menggoda anda untuk melempar joran. Memancing di atas sampan pasti akan jadi kegiatan pengisi liburan yang tak kalah menarik di pulau ini.

Dua pulau lain yang berada di kawasan ini tak memiliki penghuni, namun kecantikannya tak kalah dengan pulau Tiga. Namanya masing-masing adalah pulau Satu dan pulau Dua. Anda bisa mengunjunginya dengan menaiki sampan.

Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku 5
Snorkeling sepuasnya di pinggir Pulau Dua (Brama Danuwinata Ramadhan/ ACI)

Untuk bersnorkeling di perairan pantainya hanya butuh waktu 10 menit perjalanan. Nah, tunggu apalagi, segera siapkan tenda dan perlengkapan snorkeling anda untuk mengagumi eloknya sebuah mahakarya Sang Pencipta.

Jadi tidak berlebihan jika mengatakan Wisata Pulau Tiga Ambon Maluku adalah surga tersembunyi di Timur Indonesia.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here