Connect with us

wisata

Wisata Gunung Bromo

Published

on

wisata gunung bromo touring

Gunung Bromo adalah destinasi wisata dengan pesona alam yang begitu memikat. Karakter alam yang menawan, hamparan lautan pasir yang luas, udara segar, dan berhawa dingin merupakan paket utama yang ditawarkan. Tapi tidak hanya itu, dari puncak Bromo, pemandangan matahari terbenam (sunset) akan membuat anda mengakui bahwa alam Indonesia memang indah.

Hal ini pula yang membuat Wisata Gunung Bromo dikenal luas, baik dari wisatawan domestik maupun para penikmat perjalanan dari mancanegara.

Gunung Bromo adalah salah satu bagian yang membentuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, memiliki ketinggian 2.392 meter dpl. Gunung ini merupakan gunung api aktif, dikeliling lautan pasir seluas 10 km2. Secara administratif, Gunung Bromo terletak di Provinsi Jawa Timur dan masuk ke dalam empat teritori pemerintah daerah, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Satu hal yang wajib diketahui adalah suhu udara di puncak Gunung Bromo dapat berkisar antara 2º hingga 20º Celcius. Kondisi ini adalah bagian unik yang ada di salah satu tempat paling menarik di Jawa Timur ini. Waktu terbaik untuk mengambil perjalanan wisata ke Gunung Bromo adalah pada medio Juni – Oktober. Periode bulan ini adalah musim kemarau di daerah Gunung Bromo.

Dengan demikian, Anda dapat melakukan eksplorasi wisata Gunung Bromo secara lebih leluasa, memberi rasa aman dan kenyamanan dalam perjalanan wisata tersebut. Namun, kunjungan wisata Gunung Bromo juga memperlihatkan statistik yang cukup ramai pada periode waktu selain Juni – Oktober.

Pesona Wisata Gunung Bromo

Di kalangan pencinta wisata gunung, tujuan wisata ke Bromo merupakan daftar wajib tempat untuk dikunjungi. Jika Anda telah tiba di puncak Gunung Bromo, Anda akan menyaksikan kawah berdiameter 600 m, sebuah pemandangan yang menawan.

Di Puncak Penanjakan, salah satu spot wisata yang ada di Gunung Bromo, Anda dapat menyaksikan terbenamnya matahari (sunset). Ini adalah salah satu panorama alam paling memikat di Indonesia yang akan Anda peroleh di tempat wisata alam Jawa Timur ini. Maka dari itu, Puncak Penanjakan banyak dikenal wisatawan sebagai tempat melihat sunset favorit.

Juga, hamparan pasir yang begitu luas laksana gurun terlihat sungguh mengagumkan di Bromo. Apalagi ketika matahari mulai kembali ke peraduannya, lautan pasir Gunung Bromo ini terlihat menawan dengan rona jingga menyelimutinya.

Pemandangan indah ini bahkan dapat Anda saksikan dari Cemorolawang, sebuah pintu masuk ke area wisata Gunung Bromo ini.

Sensasi Lain Wisata Gunung Bromo

Sebagai tempat wisata alam, Gunung Bromo juga menawarkan sensasi lain untuk anda coba. Selain pesona sunset di puncak gunung, aktifitas berkuda juga layak menjadi pilihan. Ya, berkuda di atas hamparan pasir nan luas, jelas akan memberi pengalaman seru bagi anda.

Jika berkuda belum cukup, maka menyewa jeep juga dapat anda lakukan. Ini adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk dapat mengunjungi beberapa spot wisata Gunung Bromo. Anda dapat menghubungi pihak Paguyuban Jeep Bromo untuk keperluan ini, dapat ditemui di dekat pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ada banyak pilihan rute yang dapat anda tempuh.

Di Bromo, terdapat masyarakat dari suku Tengger yang mendiami kawasan wisata tersebut. Anda dapat melihat tontonan menarik di sini, yakni saat berlangsung Kasodo Festival. Inti acara ini adalah memohon berkat dari Yang Maha Kuasa agar panen berlimpah dan jauh dari bencana penyakit.

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Trending