Wisata Curug Putri Kuningan Legenda Pemandian Putri Kahyangan

Sebuah paket komplit maha karya dari sang pencipta, dengan segala keindahan alamnya.

0
1553
Wisata curug putri kuningan (1)

Wisata Curug Putri Kuningan merupakan sebuah curug (air terjun) yang indah, terletak didalam Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Kecamatan Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Kondisi jalan umumnya beraspal dan baik, dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, dengan jarak dari Kota Cirebon kurang lebih 25 km.

Perjalanan menuju tempat Wisata Curug Putri Kuningan melewati daerah perkebunan sayur dan buah-buahan dengan pemandangan indah perbukitan dan lembah yang berada di kaki dan pinggang Gunung Ciremai, diselimuti sejuknya udara pegunungan yang menantang. Sebuah paket komplit maha karya dari sang pencipta, dengan segala keindahan alamnya.

Wisata Curug Putri Kuningan, merupakan destinasi wisata bagi mereka yang ingin merefresh kepenatan dari kesibukan perkotaan.

Nama Curug Putri berasal dari legenda jaman dahulu yang meyakini tempat ini sebagai tempat pemandian para putri dari kahyangan. Apabila hujan gerimis dan matahari bersinar maka dari curug ini terlihat pelangi dan masyarakat sekitar meyakini bahwa para putri sedang turun ke bumi.

Tidak hanya itu, jika kita perhatikan lebih seksama foto atau gambar dari air terjun,  ada yang menyerupai seorang putri dengan gaun panjang. Hal ini semakin menguatkan legenda tersebut.

Air terjun di Curug Putri ini sangat jernih dan konon menurut masyarakat dipercaya memiliki khasiat mistis, yaitu mempermudah jodoh.

Air jernih yang mengalir di Curug Putri berasal dari sumber mata air di dalam hutan, jika kelestarian hutan tetap terjaga dan terpelihara dengan baik sumber mata air ini akan terus mengalir.

Sebuah pohon dengan batang yang cukup besar menambah keteduhan di area Curug Putri walau udara sekitar sudah cukup sejuk. Dengan ketinggian air terjun mencapai 20 meter, debit air cukup besar namun cipratan air yang jatuh tidak terlalu jauh dari titik air terjun jadi tidak membasahi wisatawan.

Selain air terjun (curug) Putri, area sekitar juga di jadikan sebagai lokasi outbound seperti Rafting, Camping, ditunjang fasilitas lain seperti instalasi air bersih, tempat istirahat, tempat sampah, dan musholla.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here