6.9 C
Alba Iulia
Kamis, April 9, 2020

Wikipediots: Siapa kontributor setia Wikipedia ini yang taat, bahkan obsesif?

“At least that’s what Wikipedia says, so take it with the proverbial grain of salt”.

Must Read

Beredar Foto Seronok di Duga Siswi SMK Kandeman Kabupaten Batang

Sekolah perlu memberikan pengawasan ketat terhadap para siswa dalam lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah, bila ada keterkaitanya anak...

Umat Islam Diambang Kehancuran?

Belakangan ini konflik atas nama agama sering kali mencuat. Baik di dunia maupun di Indonesia. Islam menjadi salah satu...

Tari Topeng Cirebon dan Makna Dibaliknya

Tari Topeng Cirebon dengan gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab,...
Adminhttp://www.garudacitizen.com/
Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Siapa yang tidak tahu, ketika menyebut kata; Wikipedia? Sebagian sudah tahu pasti! Bahkan, seringkali menggunakan konten/artikel di website ini, untuk refrensi bahkan sesuatu yang dianggap fakta. Wikipedia, seperti sumber resmi. Dan dianggap, terpercaya.

Berikut, sedikit ulasan tentang Wikipedia. Hal-hal yang bisa disebut, sesuatu yang terjadi dibelakang nama besar itu.

Perpustakaan kuno di Aleksandria, yang pernah terbesar di Bumi, menampung sekitar 500.000 volume. Sebagian besar diperoleh ketika Ptolemeus III Mesir memutuskan bahwa; setiap pengunjung ke kota harus menyerahkan setiap buku dan menggulirkan miliknya, terlepas dari masalah subjek atau bahasa. Teks-teks ini kemudian disalin oleh juru tulis, faksimili disimpan di perpustakaan, dan aslinya dikembalikan ke pemiliknya.

“At least that’s what Wikipedia says, so take it with the proverbial grain of salt”.

Pada sebuah Musim panas, Bibliotheca Alexandrina modern, menjadi tuan rumah Wikimania 2008. Sebuah pertemuan tahunan untuk para produsen dan pendukung salah satu tempat penyimpanan informasi terbesar di dunia modern — yang artikelnya berjumlah banyak. Mencakup ratusan bahasa dan disiplin ilmu. Yang tampaknya tak terhitung jumlahnya, juga berasal dari kontribusi populer.

Situs Wikipedia berbahasa Inggris mencapai tonggak sejarah sejuta artikel pada 1 Maret 2006, setelah lima tahun berdiri. Yang mengherankan, hanya satu setengah tahun kemudian, pada bulan September, jumlah itu berlipat dua menjadi 2 juta. Secara keseluruhan, ada sekitar 9,1 juta entri di seluruh Wikipedia. Entri mencakup 253 bahasa — termasuk Choctaw, Võro dan, Klingon — dan terdiri lebih dari 1,41 miliar kata.

Wikipedia adalah situs kedelapan yang paling banyak dikunjungi di Web. Dan telah menjadi sumber daya berharga bagi jutaan orang. Itu jauh dari sempurna — bahkan lebih jauh dari sempurna. Namun, untuk semua kekurangannya yang diblokir, ia telah secara mendasar membentuk kembali cara pengetahuan disebarluaskan dan dikonsumsi.

Dengan hanya beberapa penekanan tombol, siapa pun dapat mengakses ringkasan singkat dari hampir semua subjek dalam sejarah dunia, besar atau kecil, kanonik atau misterius, dari perselingkuhan Brown Dog hingga Destruction in Art Symposium ke Haines Index. Terkadang sulit membayangkan hidup tanpa sumber daya seperti itu.

Tetapi Wikipedia tidak muncul sepenuhnya di browser. Sejak didirikan, oleh wirausahawan online Jimmy Wales dan akademisi Larry Sanger pada 15 Januari 2001, Wikipedia telah tumbuh – dengan luar biasa – dengan pertambahan kontribusi yang stabil dari para sukarelawan di seluruh dunia.

Siapa mereka? Dan mengapa mereka melakukannya?

Semua orang ahli; Fakta bahwa siapa pun dapat mengedit, hal itu, tentu saja, adalah berkah dan kutukannya. Hanya kolaborasi skala luas yang bisa menciptakan gudang pengetahuan yang begitu luas dan terus berkembang dalam waktu yang sangat singkat.

Tetapi juga, seperti yang telah didokumentasikan dengan baik, situs ini rentan terhadap pengacau, propagandis, dan penyebar (sadar atau tidak) “Wikiality” Stephen Colbert yang terkenal dengan konsensus palsu (di mana “setiap pengguna dapat mengubah entri apa pun, dan jika cukup pengguna lain setuju dengan mereka, itu menjadi benar ”).

Jadi, sementara sebagian besar memuji Wikipedia sebagai model revolusioner dari kerjasama, cita-cita bebas dan terbuka yang mengupayakan akurasi dan kebenaran melalui tinjauan konstan oleh jutaan kontributornya, yang lain yakin bahwa itu tidak dapat diandalkan dan tidak akurat, jenis ensiklopedia bermutu rendah di mana entri untuk Britney Spears (4.219 kata) lebih panjang daripada entri untuk Brittany (2.512).

Abaikan saja, manfaatkan, atau kebutuhan sesuai keinginan Anda. Dengan atau tanpa persetujuan Anda, Wikipedia adalah fakta kehidupan. Dan jika masa lalu adalah indikasi, itu hanya akan menjadi lebih besar – terutama karena proyek terkait seperti Wiktionary, Wikiquote, WikiBooks, Wikisource, Wikimedia Commons, Wikispecies, Wikinews, dan Wikiversity terus menjadi milik mereka sendiri.

Satu hal yang tidak mungkin disangkal, adalah ruang lingkup Wikipedia. Ada 5.986.389 pengguna terdaftar di situs bahasa Inggris saja, pada tahun2018. Memang sebagian besar dari mereka (termasuk koresponden Anda yang sederhana) tidak pernah melakukan lebih dari sekadar menambahkan tautan atau memperbaiki fakta atau mengoreksi kesalahan ejaan.

Tapi itu intinya: Kontribusi kecil seperti itu, yang diambil bersamaan dengan tulisan yang lebih substansial dari ribuan orang lain, telah membantu membuat sesuatu yang hebat.

David Weinberger, seorang rekan di Berkman Center untuk Internet dan Masyarakat, mengatakan bahwa Wikipedia “sangat penting. Bukan hanya karena itu umumnya ensiklopedia yang bagus. Kami benar-benar telah membuktikan sesuatu pada diri kami sendiri: Kami sekarang tahu tanpa keraguan bahwa beberapa karya manusia yang sangat besar dan sangat kompleks dapat diciptakan dengan menghilangkan sebagian besar elemen kontrol. “

Petugas kebersihan online

Kontributor serius, kontributor reguler, atau Wikipediawan, biasanya mendaftar di situs dan membuat “halaman pengguna.” Itu membuat entri mereka lebih kredibel karena mereka bertanggung jawab, dengan nama (atau setidaknya nama samaran), untuk apa yang mereka tulis. Anda dapat belajar banyak tentang sumber-sumber informasi Anda dengan mencari profil kontributor (di jendela pencarian, ketik “pengguna: [nama layar]”).

Wikipedians adalah kelompok yang beragam. Lihat-lihat halaman pengguna mereka dan Anda akan melihat array “kotak pengguna” warna-warni dengan bangga mengumumkan bahwa kontributor rabun jauh, atau seorang ateis, atau seorang ateis, atau Katolik, atau gay, atau Swedia, atau seorang remaja, atau pemain backgammon, atau golden retriever lover, atau seorang pilot, atau seorang Buddhis Zen, Atau seorang Jedi, atau Red Sox fan, atau seorang advanced C++ programmer.

Sementara itu, Alex Sawczynec (user name: GlassCobra), 20, Universitas Northeastern tahun ketiga, adalah seorang Gryffindor, suka menonton Adult Swim dan lebih suka New York–style pizza. Ia juga seorang pengubah vandalisme yang tak kenal lelah dan korektor informasi yang salah pada ribuan halaman Wikipedia.

Meskipun ia telah menggunakan situs tersebut sejak sekolah menengah, Sawczynec mengakui bahwa “stigma menjadi kutu buku” mencegahnya dari terlalu terlibat, pada awalnya. Akhirnya, pada April 2007, ia mendaftarkan akun dan mulai mengedit. Hanya dalam delapan bulan, ia telah mencatat lebih dari 7.000 suntingan di berbagai spektrum artikel, dari Cam’ron hingga César Chávez ke Insane Clown Posse.

Sawczynec juga menulis beberapa dari awal — seperti entri di Manila Hotel Filipina. Dia juga sangat terlibat dalam diskusi kebijakan Wikipedia. Dan, karena, ketekunan dan kegigihannya; membuat ia naik ke pangkat administrator situs, yang memungkinkannya memblokir pengguna yang berbahaya, menghapus halaman, dan mengirim beberapa entri yang lebih kontroversial ke penguncian sementara. Administrator adalah gelar elit: Hanya ada 1427 administrator di situs berbahasa Inggris.

Tetapi “kami berusaha untuk tidak bertindak seperti itu simbol status,” kata Sawczynec. “Kami melihat diri kami sebagai petugas kebersihan, terutama. Simbol administrator adalah pel. Kami adalah pelayan yang rendah hati, hanya melakukan yang terbaik untuk membersihkan. “(Jadi itu bukan sesuatu yang bisa gunakan untuk mengesankan para wanita di perguruan tinggi?” Oh, Tuhan, tidak. “)

Banyak dan sedikit

Melihat “komunitas” Wikipedia, kadang-kadang dapat terlihat bahwa situs tersebut sebenarnya ditulis dan diedit oleh kader kecil diehard. Bahkan, salah satu pendiri percaya bahwa itu benar.

“Gagasan yang dimiliki banyak orang tentang Wikipedia,” kata Jimmy Wales kepada blogger Aaron Swartz tahun lalu, “adalah bahwa itu adalah beberapa fenomena yang muncul — kebijaksanaan massa, kecerdasan berkelompok, hal semacam itu — ribuan dan ribuan pengguna individu masing-masing menambahkan sedikit konten, dan keluar dari sini muncul sosok pekerja yang koheren.”

Sebaliknya, Wales berpendapat, Wikipedia sebenarnya ditulis oleh “sebuah komunitas … sebuah kelompok khusus yang terdiri dari beberapa ratus sukarelawan.” Awalnya, dia memperkirakan sekitar 80 persen pekerjaan dilakukan oleh 20 persen pengguna. Tetapi dia menghitung angka dan menemukan sesuatu yang lebih mengejutkan: Hampir 75 persen pengeditan dilakukan oleh hanya 2 persen pengguna.

Swartz, bagaimanapun, meluncurkan penelitiannya sendiri, yang menemukan perbedaan nyata antara pengguna intensif suntingan, yang menyumbang perbaikan kecil pada entri yang ada dan mereka yang benar-benar menulis sebagian besar artikel. “Hampir setiap kali saya melihat suntingan substantif,” ia menulis, “Saya menemukan pengguna yang berkontribusi itu bukan pengguna aktif situs. Mereka umumnya membuat kurang dari 50 suntingan (biasanya sekitar 10), biasanya pada halaman terkait. Kebanyakan bahkan tidak pernah repot untuk membuat akun. “

Dengan kata lain: Biasanya kru inti dari beberapa ribu Wikipedian berdedikasi yang bergabung untuk menjaga situs tetap halus dan mudah dibaca, memperbaiki kesalahan dan menangkal vandalisme. Tetapi biasanya orang-orang biasa dengan keahlian khusus (Dylanologist yang memproklamirkan diri sendiri, hortikultura amatir, penggemar militer), menulis satu atau dua atau lima artikel masing-masing, yang telah berkontribusi sebagian besar konten. Kedua kelompok sama pentingnya bagi keberhasilan Wikipedia.

Luas dan sempit

Anda tidak perlu menjadi administrator seperti Sawczynec untuk berkontribusi ke Wikipedia juga tidak Anda harus menjadi diehard seperti S.J. Klein, 29, yang bekerja untuk program One Laptop per Child. (Nama pengguna Klein “Sj” tidak boleh dikacaukan dengan “Essjay,” admin Wikipedia profil tinggi yang ditemukan awal tahun ini telah mengarang identitas online yang rumit sebagai profesor agama tetap.)

“Di Wikipedia bahasa Inggris, saya mungkin berkontribusi pada beberapa ribu artikel,” kata Klein, dari Cambridge, Mass. “Saya memiliki sekitar 15.000 suntingan di berbagai ruang. Saya telah memberikan kontribusi yang hampir sebanyak itu ke metaWiki, yang merupakan wiki organisasi, dan mungkin lima atau enam ribu suntingan di semua proyek lain, seperti WikiBooks dan Wiktionary. ”Belakangan, Klein telah menghabiskan sebanyak 100 jam seminggu. di pekerjaannya. Tetapi ketika dia memiliki lebih banyak waktu luang, dia berkata bahwa dia “biasanya menghabiskan 20 hingga 30 jam seminggu untuk mengedit Wikipedia.”

Klein melihat tidak ada yang luar biasa tentang komitmennya. “Ada ratusan editor berdedikasi yang melakukan ini setiap minggu,” katanya. “Tentu saja, ada juga ratusan ribu penggemar yang menghabiskan 20-lebih jam seminggu bermain World of Warcraft, membangun model atau nongkrong di ruang obrolan. Wikipedia hanya menyediakan cara untuk mengerjakan materi yang banyak dibaca bekerja sama dengan orang lain. Ini adalah keinginan alami manusia untuk membagikan apa yang kita ketahui. ”

Ada banyak cara sederhana untuk berkontribusi. Ada peran WikiGnome yang sederhana dan penting, seorang pengguna yang berlarian dengan tenang di belakang layar, memperbaiki kesalahan ketik, memperbaiki tata bahasa yang buruk, dan memperbaiki tautan yang rusak. Atau, Anda bisa berperang dengan benar, mengklaim keanggotaan di Unit Counter-Vandalism Wikipedia. Tetapi, jika Anda ingin sesuatu yang lebih, selalu ada pekerjaan yeoman menulis artikel baru dari awal.

Lakukan dengan baik. Tidak diragukan lagi, Anda terkadang menemukan apa yang disebut “stub” di hutan belantara Wiki — biasa saja, tulang-belulang, bukan ringkasan yang bermanfaat. Rintisan mengisap. Jika seseorang ingin melakukan kepenulisan, ia harus berusaha untuk kualitas. Sumber dengan baik. Tulis dengan jelas. Konsultasikan dengan Wikipedia Manual of Style, ringkasan lengkap dari panduan tata bahasa.

Jika artikel Anda memiliki kualitas yang cukup tinggi, artikel itu mungkin akan ditunjuk sebagai artikel yang “bagus ”—“ tidak ada masalah, kesenjangan, informasi yang berlebihan. ”Contoh: Entri di Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang panjangnya 7.000 kata dan mengutip 37 sumber .)

Bahkan mungkin mendapatkan penunjukan “feature” yang lebih jarang— “Definitive. Luar biasa … sumber yang bagus untuk informasi ensiklopedis ”—dari hanya ada 1.752. (Lihat artikel tentang Sindrom Tourette, 5.200 kata yang renyah dan penuh informasi, dengan delapan sumber panjang buku dan 84 referensi online.)

Jika Anda memilih untuk menulis untuk Wikipedia, pepatah lama itu berlaku: Tulis apa yang Anda ketahui.

“Terus pikirkan duniamu,” kata Wikipedian Dereck Blackburn, 27. “Ada apa di duniamu yang kamu tahu lebih banyak daripada orang lain?” Dan, sementara situs itu menjadi sangat melelahkan sehingga semakin sulit untuk menemukan topik yang belum pernah dibahas, Blackburn mengatakan orang selalu dapat teleskop masuk. “Wikipedia telah berkembang ke titik sekarang bahwa tidak apa-apa untuk menulis tentang Walden Pond. Dan tidak apa-apa untuk menulis tentang jalan yang dilalui oleh Walden. Dan tidak apa-apa untuk menulis tentang persimpangan tertentu dari jalan itu. Hal terkecil, terkecil bisa menjadi entri Wikipedia. “

Yang menimbulkan pertanyaan: Apakah risiko kelengkapan situs menipiskan apa yang benar-benar penting? Tentu, seperti yang disebutkan dalam artikel tahun-tahun lalu, artikel sejuta situs tentang stasiun kereta Glaswegian. Lokasi duniawi seperti itu tentu tidak akan pantas disebutkan dalam Encyclopedia Britannica yang agung. Tetapi pertimbangkan itu, dalam 24 jam setelah rintisan dibuat, “entri telah diedit lebih dari 400 kali, oleh lusinan orang.” Orang-orang peduli dengan hal ini.

Ya, selalu ada risiko Joe Sixpack akan masuk untuk menulis artikel tentang dirinya sendiri. Tetapi, segera setelah diketahui, itu akan dihapus. Ada kriteria kelayakan untuk menentukan siapa yang layak masuk. (Jika Anda seorang penulis, misalnya, “buku Anda harus terjual setidaknya 5.000 eksemplar,” kata Klein.)

Kewaspadaan vs Vandalisme

Kontroversi Wikipedia diiklankan dengan baik. Dan banyak dari mereka berasal dari kenyataan bahwa petak besar situs terbengkalai dan tidak terkendali tanpa batas waktu, membuat mereka rentan terhadap informasi yang salah. Salah satu alasan Sawczynec bergabung adalah karena ia sangat mencintai cita-cita Wiki, dan ingin melindunginya. Tetapi, katanya, “Untuk lebih jelasnya, Wikipedia tidak memiliki cukup banyak orang karena perlu untuk memerangi vandalisme.”

Sebagai administrator, Sawczynec selamanya memindai suntingan baru — ia memiliki daftar pantauan sekitar 4.000 artikel yang dipilihnya sendiri, yang tersebar bahkan dengan standar Wiki — selalu siap untuk masuk dan membatalkan informasi yang salah.

“Saya mengawasi banyak halaman yang dirusak satu ton,” katanya. “Rapper, misalnya. Anda tidak akan percaya seberapa sering mereka menjadi kacau. Halaman untuk Lil ‘Wayne? Itu dirusak. Semua. Itu. Waktu. Saya mengawasi wrestling pages, yang juga sering dirusak. Movie pages get vandalized often.”

Dan kemudian ada entri yang selalu dibuat: George W. Bush. “Terkadang memang terkunci, tetapi sebagai aturan umum kami berusaha untuk tidak menguncinya kecuali ada perusakan terus-menerus dari banyak orang yang berbeda,” kata Sawczynec. “Jika ada banyak vandalisme hanya dari satu orang, kami tidak akan mengunci halaman-kami akan memblokir orang itu.”

Seperti apa pun, selalu ada risiko terlalu banyak hal yang baik. “Wikipediholism” didefinisikan di tempat, hanya setengah bercanda, sebagai “bentuk yang tidak jelas dari OCD” yang para penderita “tanpa henti melacak dan memantau suntingan pengguna yang dengannya mereka menjadi terobsesi. Gangguan ini dapat menyebabkan penurunan serius dalam produktivitas di semua area lain kehidupan korban, seperti kecanduan lainnya.

Swastikipedia?

Akan selalu ada ketidakpuasan, baik di dalam maupun di luar peringkat Wikipedia. Baru-baru ini tabloid teknologi Inggris, The Register melaporkan bahwa “kontroversi telah meletus di antara kontributor inti ensiklopedia, setelah seorang editor nakal mengungkapkan bahwa administrator top situs tersebut menggunakan milis orang dalam rahasia untuk menindak [sic] pada ancaman yang dirasakan terhadap kekuatan mereka,” dan ketidakpercayaan terhadap “kelompok penguasa” ini memiliki “pangkat dan arsip … di ambang pemberontakan.”

(Hirarki di Wikipedia, yang kantor pusatnya, Wikimedia Foundation Inc., akan pindah dari St. Petersburg, Fla., Ke San Francisco tahun tersebut, rumit. Pelajari tentang “campuran anarkis, despotik, Demokrat, Republik, elemen meritokratis, plutokratis, dan teknokratis ”di meta.wikimedia.org/wiki/Power_structure.)

Memang, beberapa mantan Wikipedian yang kecewa mengeluh tentang birokrasi yang begitu berat dan / atau kebencian dari beberapa penggemar situs, menggerutu tentang “Swastikipedia.” Sementara itu, Situs-situs Web seperti WikipediaReview.com dan Wikipedia-Watch.org menagih sendiri dengan menyanggah apa mereka melihat sebagai kepuasan diri dari apa yang disebut Wikipediots.

Salah satu pendiri Wikipedia sendiri, Larry Sanger, meninggalkan situs tersebut pada tahun 2002 — bukan hanya karena ia merasa tidak nyaman dengan potensi pelecehan dan ketidaktepatan, tetapi karena ia percaya populisme Wikipedia terlalu jauh, hingga meremehkan para pakar dan cendekiawan. Sejak itu ia membuat situs referensi lain, diluncurkan pada Maret 2007, Citizendium. Itu berusaha untuk “kredibilitas dan kualitas, bukan hanya kuantitas,” menegakkan aturan yang lebih ketat dan mengharuskan editor untuk memposting di bawah nama mereka sendiri.

Tentu saja, tidak pernah menggembirakan mengetahui CIA dan Vatikan melakukan pengeditan propaganda di seluruh situs, atau mendengar Presiden Asosiasi Perpustakaan Amerika Michael Gorman menghasut Wikipedia karena menciptakan “generasi pemalas intelektual yang tidak mampu bergerak di luar Internet.” Tetapi , pada umumnya, Wikipedia melakukan pekerjaan yang baik.

“Sejarah telah menunjukkan bahwa, ketika ada kebutuhan untuk sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, tidak ada cara bagi siapa pun untuk menghentikan perkembangannya,” kata Blackburn. “Salah satu hal paling kuat di dunia kita adalah pengetahuan — apakah itu jadwal kereta api atau flora dan fauna spesifik di lingkungan Anda. Setiap orang mempunyai kebutuhan akan informasi. Dan kebanyakan orang memiliki keinginan untuk mengeksplorasi. Itulah gunanya Wikipedia ada di sana. “

Tulisan ini dibuat oleh Mike Miliard staf penulis untuk Boston Phoenix. Diterjemahkan secara bebas dari situs Cityweekly.

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Tari Pendet – Bali, Ciri khas dan nuansa sakralnya

Tari Pendet adalah tari yang asli berasal dari Bali. Mulai ada sejak tahun 1950 an, ada asal...

Mengapa Optimasi SEO Website Penting Dalam Strategi Konten Marketing

Optimasi SEO Website adalah cara untuk meningkatkan traffic organik. Dan ini bagian dari strategi konten marketing paling banyak dibicarakan di dunia internet.

Kabar Duka, Wakil Jaksa Agung RI Tutup Usia

Garuda Citizen – Kabar duka. Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia (RI) Dr Arminsyah, tutup usia. Ia meninggal akibat kecelakaan tunggal di Tol...

Ini Daftar 48 Media Massa Yang Kerja Sama di DPRD BU 2019

Bengkulu Utara, GC – Anggaran publikasi media massa di sekretariat DPRD Kabupaten Bengkulu Utara (BU) tahun 2019 lalu mencapai Rp 1.743.700.000. Anggaran...

Karena Corona, Pilkada Serentak Tahun 2020 Ditunda

garudacitizen.com – Kesimpulan rapat kerja dengar pendapat Komisi II DPR RI dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -