Waspada, Kondisi GAD Mengalami Peningkatan

0
417

PAGAR ALAM,GC-Hasil rekaman seismograf di pos pemantau Aktivitas Gunung Api Dempo (GAD) yang beralokasi di daerah kabupaten kota Pagar Alam provinsi sumatera selatan mengalami peningkatan bahkan muncul gempa tremor.

Dari hasil rekaman tersebut,maka dalam bulan ini pihak Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung Menaikan Status GAD menjadi Level II atau Waspada.

Ketua Pos Pemantau GAD,Mulyadi mengatakan,Aktivitas GAD dalam minggu-minggu ini terus mengalami Peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan munculnya gempa tremor yang terus-menerus.

“Kita hanya sebatas melaporkan hasil pantauan adanya peningkatan aktivitas dan disertai kemunculan gempa Tremor,” Kata Mulyadi, Rabu (5/4/2017)

Ketua Pos Pemantau GAD juga mengatakan, untuk mengenai perubahan status GAD,pihaknya masih menunggu keputusan dan kewenangan dari pusat PVMBG di Bandung.

“Kalau soal prubahan statusnya kita masih menunggu jawaban dari PVMBG,” Ujar Mulyadi.

Lanjut Mulyadi,Amplitudonya saat ini baru mencapai 0,1. Namun intensitasnya Fluktuatif  terus menerus disertai vulkanik Dangkal dan Dalam.

“kita terus melakukan pemantauan, sehingga aktivitas  apa pun yang terjadi selalu terpantau,” Ungkap Mulyadi.

Dalam Hal ini, Ketua pos pemantau GAD menghimbau demi menjaga keselamatan para pendaki gunung, maka untuk sementara waktu ini semua aktifitas pendakian ke kawasan puncak GAD dihentikan atau  tidak diperbolehkan .

“Karena kondisi GAD saat ini mengalami peningkatan dan demi keselamatan nyawa, maka aktivitas para pendaki menuju ke GAD kita hentikan,” Tutup Mulyadi.(berita ini dihimpun dari SindoNews.com)