Warisan Paling Bernilai di Dunia

Surat terakhir dari seorang kakek

0
298
Warisan paling bernilai di dunia
Warisan paling bernilai di dunia | Ilustrasi

On Sept. 3, 2012, James K. Flanagan of West Long Branch, N.J., died unexpectedly of a heart attack. He wrote this letter to his five grandchildren just months earlier and it is reprinted here with the permission of his daughter Rachel Creighton.

Dear Ryan, Conor, Brendan, Charlie, and Mary Catherine,

James K. Flanagan dari West Long Branch, NJ, meninggal mendadak karena serangan jantung, pada 3 September 2012. Dia menulis sepucuk surat untuk lima cucunya hanya beberapa bulan sebelumnya yang kemudian ditulis Ann Brenoff, Senior Writer, The Huffington Post dengan izin dari putrinya Rachel Creighton.

Ini merupakan warisan paling bernilai yang bahkan dapat dikatakan melebihi harta dan tahta sekalipun. Jauh lebih tinggi dari warisan apapun.

Surat tersebut dituliskan Flanagan lima bulan sebelum ia mengembuskan napas terakhir terakhirnya. Ia berharap seluruh keluarganya menjadi manusia yang bermanfaat di dunia ini.

Putri saya Rachel mendesak saya untuk menuliskan beberapa saran dan hal-hal penting yang telah saya pelajari tentang kehidupan. Saya menulis ini pada 8 April 2012, menjelang ulang tahun ke-72.

  1. Kalian semua adalah hadiah yang indah dari Tuhan. Karena itu ingatlah selalu Tuhan, apalagi ketika angin keraguan dan keputusasaan menimpa hidup kalian.
  2. Jangan takut tentang segala apapun yang bakal datang ke kehidupan kalian. Jangan pernah lelah mengejar harapan dan impian kalian, tidak peduli seberapa sulit itu. Kegagalan adalah hal untuk kembali belajar menggapai kesuksesan. Terapkan dalam jiwa kalau kalian bisa menggapai impian. Jangan juga pedulikan apa kata orang. Karena mereka tidak akan peduli juga terhadap kalian. Hindari rasa pesimis, namun dengan tetap memegang teguh rasa ikhlas.
  3. Semua orang di dunia ini hanya orang biasa. Beberapa dari mereka memang memakai pakaian mewah, dan memiliki kekuasaan, tapi janganlah takut dan percaya terhadap mereka. Karena mereka juga memiliki ketakutan dan keraguan yang sama dengan kalian. Mereka makan, minum, tidur, buang angin seperti kalian.
  4. Buatlah daftar hidup tentang segala hal yang ingin kalian lakukan: traveling, belajar keterampilan, menguasai bahasa, bertemu seseorang yang istimewa. Buatlah daftar itu setiap tahunnya. Dan lakukan kegiatan seperti yang tercantum dalam daftar. Jangan pernah katakan “Aku akan melakukannya besok” ( atau bulan depan atau tahun depan ). Itu adalah cara pasti untuk gagal untuk melakukan sesuatu. Tidak ada kata besok, untuk memulai sesuatu kecuali sekarang.
  5. Praktikan pepatah Irlandia: “Moi an olge agus tiocfaidh sí” pujian untuk anak dan dia akan berkembang dengan baik.”
  6. Jadilah orang yang baik, orang yang mau membantu sesamanya, terutama orang lemah, takut , dan anak-anak. Setiap orang membawa kesedihan khusus , mereka membutuhkan kasih sayang kalian.
  7. Jangan bergabung dengan militer atau organisasi yang melatih Anda untuk membunuh. Perang adalah kejahatan. Begitu banyak orang baik dan tidak bersalah mati. Jika perang begitu baik dan mulia, mengapa tidak dilakukan saja oleh para pemimpin negara.
  8. Bacalah buku sebanyak mungkin. Buku adalah sumber kegembiraan, kebijaksanaan, dan inspirasi. Buku tidak perlu baterai atau koneksi. Buku juga bisa membawa kalian pergi ke mana pun .
  9. Jujur .
  10. Menjelajahlah. Jangan tunggu sampai kalian memiliki uang. atau sampai semuanya tepat. Sebab itu tidak pernah terjadi. Dapatkan paspor kalian sekarang juga!
  11. Pilihlah pekerjaan atau profesi yang kalian senangi. Memang akan ada beberapa hal yang akan menyulitkan. Tapi pada dasarnya, pekerjaan adalah sukacita. Hati-hati dalam mengambil pekerjaan. Karena pekerjaan yang hanya mengincar materi semata hanya akan melumpuhkan jiwa kalian.
  12. Jangan pernah berteriak karena itu akan itu menyakiti diri sendiri dan orang lain. Dulu setiap kali saya telah berteriak, saya menyakiti orang lain.
  13. Selalu menepati janji kalian kepada anak-anak. Anak-anak berharap selalu mengharapkan janji kalian. Kalian harus memberikan janji dengan cinta kasih dan kebaikan.
  14. Jangan pernah memberitahu kalau kamu mencintai mereka, padahal sebenarnya tidak.
  15. Hiduplah berdampingan dengan alam. Pergilah ke luar rumah, hutan, gunung, laut, gurun. Itu sangat penting bagi jiwa kalian.
  16. Peluk orang-orang yang kalian cintai. Katakan betapa berartinya mereka bagi kalian. Jangan menunggu karena kalian akan terlambat mengatakan itu.
  17. Bersyukurlah. Ada pepatah Irlandia yang mengatakan “Ini adalah hari dalam hidup kita, dan itu tidak akan datang lagi. Hidupkan pepatah itu setiap hari dalam pikiran kalian.
loading...