Kepahiang,GC-Warga kabupaten kepahiang mengeluhkan lambatnya proses pengurusan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat. Untuk mendapatkan e-KTP ini, setidaknya warga harus menunggu selama satu bulan bahkan hingga dua bulan lebih.

Salah seorang warga Desa Peraduan Binjai yang ditemui garudacitizen.com, Pendi Arisandi,(8/11/2016) yang baru saja keluar dari kantor dukcapil kabupaten kepahiang menjelaskan, identitas kependudukan ini sangat penting untuk dipergunakan mendapatkan pinjaman di bank, mengurus BPJS Kesehatan, dan keperluan untuk mencari kerja.

“Saya sudah melakukan perekaman E-KTP di kantor Dukcapil Kata pegawai Dukcapil tunggu saja Bulan Depan bahkan ada teman saya sudah bulan yang lalu melakukan perekaman tapi sampai saat ini belum juga selesai E-KTP nya,” Ungkap Pendi.

Secara terpisah ,Ketika hal ini di konfirmasikan kepada kepala Dinas Dukcapil kabupaten kepahiang melalui sekretarisnya,Pandri,(8/11/2016) diruang kerjanya membenarkan lamban nya kepengurusan ini,akibat belangko E-KTP belum di kirim dari pusat.

“Memang benar kalau kami saat ini agak terlambat,sebab kami kekosongan belangko,” Jelas Pandri.

Kemudian pandri juga mengatakan,selain kekosongan belangko, keterlambatan dalam pengurusan E-KTP itu terjadi karena banyak sekali kendala, seperti sering sekali terjadi gangguan pada jaringan, kemudian peralatan yang sering rusak. Namun masalah tersebut menurutnya bisa teratasi dengan cara memberikan KTP sementara bagi warga yang ingin menguruskan keperluannya dengan cepat.

“Lemotnya jaringan itu kan membuat memperlambat kerja kami belum lagi peralatannya yang sering macet sementara kami mengurus ribuan warga,” Demikian Pandri.(BEN)