Warga Jeruk Sari Kabupaten Pekalongan, Gelar Sedekah Bumi

0
402

Sebagai perwujudtan rasa syukur kepada tuhan sekaligus memperingati hari ulang tahun rebuplik indonesia ke 71 warga desa jeruk sari kabupaten pekalongan, jawa tengah, kamis siang kemarin menggelar sedekah bumi. Selain desa kelompok tani tambak juga menggelar acara yang sama dengan makan bersama di lokasi tambak.

Mereka yang mengikuti acara makan bersama ini kebayakan para petani tambak dan buruh tambak, makanan yang mereka sajikan pun cukup sederhanya yakni nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya. Setelah di doakan oleh sesepuh kampung makan ini lalu di santap rame rame.

Mereka berebut panggang ayam dan ayam opor tak hanya para petani petambak kepala desa dan aparat dari koramil setempat pun di undang dalam acara makan bersama ini.Jelas Ketua panitia sedekah bumi, Pramono.

Acara rutin yang di gelar tahunan ini pada tahun ini bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI untuk itu selain petani tambak yang menggelar. Acara sedekah bumi desa jeruk sari juga menggelar acara yang sama dengan hiburan wayang golek semalam suntuk.

Aacara ini di maksudkan agar hasil petambak membawa berkah bagi para penduduk desa dan juga di beri hasil yang berlimpah namun di balik kemerihan sedekah bumi ini ada sejumlah keluhan dari para petani tambak karena jalan akses menuju tambak hingga saat ini masih susah di lewati sehingga mereka mengalami kendala saat mengangkut hasil panen mereka, ungkap ketua kelompok tani tambak Nasir.

Selain itu karena bencana rob yang cukup besar beberapa waktu lalu hampir semua tangul sungai rusak parah sehingga petani petambak harus bergotong royong mengganti tangung atau senderan sungai ini dengan menggunakan karung yang diisi pasir tapi hal ini kurang efektiv.

Sehingga mengakibatkan para petani tidak bisa melakukan pengolahan tambak dengan maksimal. hasil ikan pun menurun yang tadinya lima ton per hektarnya saat ini hanya tiga ton saja. Untuk itu mereka meminta perhatian dari pemkab pekalongan untuk memperbaiki tanggul sungai yang sudah rusak dan juga akses jalan menuju tambak mereka yang tidak layak di lewati. (Kermit )