Connect with us

Random

Tugas Internet Marketing

Published

on

Tugas Internet Marketing

Dunia pemasaran online memerlukan pengelolaan oleh ahlinya agar berjalan sukses. Penting diketahui seperti tugas internet marketing wajib dikerjakan bisnis berkembang dan meningkat. Misalnya mengelola website, penerapan SEO, promosi sosial media, hingga tahapan audit.

Internet marketing sendiri merupakan salah satu inovasi strategi pemasaran produk atau jasa dilakukan secara online. Agar mendapatkan hasil maksimal ada baiknya pemasaran online juga dipadukan dengan pemasaran secara offline.

Pemasaran yang dijuluki lebih modern ini pun ada strategi khususnya, jadi tidak hanya aktif di sosial media semata. Banyak yang percaya bahwa internet marketing sangat efektif ketimbang hanya mengandalkan pemasaran konvensional saja.

Baca artikel digital marketing lainnya:

5 Tugas Internet Marketing Dalam Bisnis

Menjalankan bisnis online bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Tidak jarang bisnis online mengalami kebangkrutan karena dikelola dengan semrautan. Rekomendasi terbaik dengan menerapkan internet marketing. Mulai dari bisnis skala kecil sekelas UMKM hingga skala besar sudah merambat ke dunia online. Wajib tahu ternyata ini 5 tugas internet marketing dalam bisnis.

Laptop modal utama internet marketing
Laptop modal utama internet marketing (medium.com)

Melakukan Riset Pasar Secara Online

Apabila bisnis Anda mulai go online maka riset pasar yang dilakukan juga menyesuaikan yakni riset pasar online. Anda harus melihat dahulu bagaimana kondisi pasar online. Pasalnya toko online sangat berbeda dari toko konvensional. Mulai dari wadah yang digunakan sangat beragam seperti WordPress, Wix, atau Blogspot.

Riset pasar akan menampilkan target promosi produk yang tepat. Sehingga dapat meminimalisir kegagalan dalam bisnis. Setelah melakukan promosi maka akan tahu siapa saja yang memiliki kebutuhan dan berniat membeli produk maupun jasa. Selain itu, riset pasar online juga menarik pengunjung melihat website yang dapat menaikkan traffic penjualan.

Baca juga; Apa itu internet marketing?

Meningkatkan Penjualan

Internet maketing dikatakan sukses setelah penjualan produk dan jasa mengalami peningkatan. Jadi, tolak ukur penjualan meningkat dilihat dari upaya-upaya dari strategi internet marketing. Misalnya melakukan promosi, iklan, mengupdate konten menarik melalui website atau media sosial.

Biasanya tugas internet marketing juga mengevaluasi hasil penjualan yang direlevansikan dengan upaya pengembangan bisnis. Seperti mencari data secara online dari Facebook Market Place dan Google.

Menentukan Media Online Guna Promosi

Setelah melakukan riset pasar, Anda harus menentukan media online mana yang pas dijadikan wadah promosi. Sesuaikan pula dengan produk atau jasa yang dijual. Biasanya para pebisnis melakukan promosi melalui instagram, facebook, dan youtube. Sesekali Anda juga dapat melibatkan influencer untuk mempromosikan produk. Sehingga, produk dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Contoh nyatanya membuat website khusus bisnis dan mengelolanya dengan SEO. Tujuannya agar pengunjung organic berdatangan, hingga website bisa mencapai posisi teratas pada mesin pencarian. Jenis promosi yang dilakukan secara gratis yakni melalui Google Ads, Facebook Ads. Sementara, promosi berbayar jika melibatkan youtuber, influencer, ataupun memasang produk atau jasa di website lainnya.

Melakukan Training Digital Marketing

Internet marketing tidak hanya stuck pada satu orang saja ketika mengelola bisnis. Sebaiknya, semua elemen perusahaan mengetahui dasar-dasar digital marketing yang jadi bagian pemasaran internet. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan training digital marketing untuk beberapa kali. Sehingga, pemasaran internet menjadi lebih efektif jika dilakukan dalam sebuah tim.

Mengaudit Hasil Internet Marketing

Marketing modern ini juga memerlukan audit agar tahu kekurangan dan kelebihan dari strategi yang telah dijalani. Audit juga mempermudah melihat promosi mana yang efektif dan produk atau jasa mana yang paling diminati masyarakat. Biasanya audit terhadap internet marketing dilakukan per satu bulan, enam bulan, hingga tahunan.

Random

Cara Membuat Podcast di Spotify Gratis dan Mudah

Published

on

cara membuat podcast di Spotify

Podcast adalah salah satu bentuk audio informatif yang dapat dinikmati oleh semua orang. Sudah pernah mendengar radio? Maka anda akan sangat menikmati podcast. Perbedaannya adalah podcast Spotify ini dapat and bawa kemana saja.

Ada banyak orang yang tidak tau bahwa podcast sangat mudah untuk dibuat. Anda juga bisa mulai membangun karir anda melalui podcast tersebut. Banyak orang bisa menyalurkan ide dan aspirasi mereka di dalam Spotify. Sambil melakukan hal tersebut, anda juga bisa menerima royalty tambahan dari Spotify. Daripada menyimpan semua konten tersebut kepada diri sendiri, ayo kita bedah tuntas apa saja cara membuat podcast di Spotify.

Mempersiapkan Peralatan Untuk Membuat Podcast

Sebelum bisa terjun pada proses perekaman, anda harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Memang podcast bisa dibuat hanya dengan sebuah handphone. Akan tetapi anda harus memperhatikan kualitas. Kualitas suara yang bagus hanya bisa tercapai jika anda menggunakan peralatan berikut:

  • Mikrofon: Alat yang digunakan untuk merekam audio.
  • Audio Interface: Alat berikut ini penting tergantung dengan mikrofon yang anda gunakan. Alat ini berfungsi untuk mengubah file audio analog menjadi digital. Ini supaya audio bisa digunakan ke dalam software untuk mengedit suara.
  • Laptop atau PC: Setelah audio berhasil didapatkan, audio belum bisa digunakan secara langsung. Audio mentah harus diedit untuk memastikan bahwa semua suara sudah jelas.

Cara Membuat Podcast di Spotify Kemudian di Upload:

1. Membuat Judul atau Tema Podcast

Tema dari sebuah podcast wajib ditentukan sebelum anda merekam podcast. Pastikan juga bahwa topik ini akan sesuai dengan tema anda kedepannya. Cara membuat podcast harus tetap relevan dengan niche yang anda ingin tetapkan.

Lakukan sedikit riset juga terhadap tema yang ingin diangkat. Tema yang up to date atau sesuai dengan tren akan membuat podcast anda semakin terkenal lagi. Orang akan melihat podcast dan memikir dua kali untuk mendengarnya atau tidak. Kalau bisa, anda bisa menarget sekian orang untuk menjadi pendengar pertama. Kemudian membesarkan jumlah pendengar podcast secara bertahap nantinya.

2. Menyusun Skrip Podcast

Skrip adalah sebuah panduan utama yang terstruktur. Sambil merekam podcast, anda dapat menggunakan skrip ini sebagai panduan. Merancang kata kata sambil membacanya akan sangat sulit untuk dilakukan. Itulah mengapa kami menganjurkan anda untuk mempersiapkan naskah terlebih dahulu.

Skrip bisa saja dibuat selengkap mungkin. Sehingga anda hanya perlu membaca kembali atau menghafal skrip. Namun akan tetap lebih natural jika anda bisa menyusun kembali naskah menggunakan kata kata sendiri. Hal ini disebut sebagai improvisasi. Dalami naskah sebelum kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

3. Merekam Podcast

Sekarang sudah tiba hari H nya dan anda sudah siap untuk merekam. Hidupkan laptop dan juga mikrofon untuk memulai proses merekam ini. Cek mikrofon terlebih dahulu sebelum langsung merekam podcast.

Silahkan mulai proses perekaman apabila perangkat sudah siap untuk digunakan. Salah satu tips yang bisa dimanfaatkan sambil merekam adalah anda bisa mengambil jeda diantara rekaman. Kemudian semua file audio digabungkan menjadi satu diakhir sesi perekaman. Dengarkan kembali supaya anda bisa lanjut ke proses editing. Anda bisa mengulang kembali perekaman podcast kalau memang belum puas dengan hasilnya.

4. Menggabungkan dan Edit File Audio

Apa saja bisa terjadi dalam proses perekaman. Salah satu diantaranya adalah kesalahan yang dapat terjadi. Mungkin anda salah mengucapkan sesuatu. Tetapi mengulang perekaman dari awal akan sangat memakan waktu. Situasi seperti ini dapat terselamatkan dengan yang adanya software untuk mengedit audio.

Gabungkan semua file dan potong bagian yang tidak penting. Sebuah podcast harus dibuat sependek mungkin. Tidak akan ada orang yang mau menghabiskan banyak waktu mendengarkan podcast.

Struktur yang dibutuhkan dalam suatu podcast ada 3. Struktur tersebut adalah pembukaan, isi, dan penutup. Pastikan podcast anda memiliki ketiga hal tersebut.

5. Memilih Website Untuk Mengupload Podcast

Podcast tidak bisa langsung di posting ke dalam Spotify. Spotify hanya bekerja sebagai pihak ke-3 untuk mempromosikan podcast anda. Anda harus bisa mencari situs utama untuk memposting podcast tersebut. Cari saja beberapa website untuk mengupload podcast secara umum.

Link atau RSS feed akan dihasilkan pada saat podcast berhasil di post.

6. Upload ke Spotify

Nah, kini kita telah sampai ke langkah terakhir. Anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk mengupload konten ke spotify bukan? Upload konten ke spotify dimulai dengan pendaftaran. Buatlah akun terlebih dahulu. Kemudian ikuti langkah lengkap cara membuat podcast di Spotify ini:

  1. Kunjungi halaman khusus Podcaster di Spotify
  2. Login menggunakan akun yang barusan dibuat atau akun lama
  3. Tekan tombol “Get Started” pada bagian “Submit your Podcast”
  4. Copy paste link RSS feed tadi pada kolom yang telah disediakan
  5. Isi cover dari podcast tersebut.
  6. Isi juga bagian tema supaya podcast anda memiliki sebuah tema.
  7. Pada bagian Add Podcast, anda bisa menambahkan detail detail lainnya. Isi saja kategori dari podcast, bahasa podcast, dan juga asal negara.
  8. Lihat kembali apakah ada typo atau tidak. Jika sudah siap, tekan saja submit dan Podcast anda akan segera di upload ke Spotify. Cara membuat podcast di Spotify tidak sesusah yang anda kira kan?

Kesimpulan Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara membuat podcast di Spotify sangat cepat dan mudah untuk diikuti. Asal anda memiliki ide atau topik yang tepat saja, anda bisa melakukan segalanya. Upload podcast secara rutin untuk mendapatkan feedback yang lebih bagus.

Dengan ini, pemilik podcast pun bisa mendapatkan banyak popularitas dan penggemar. Selamat mencoba dan semoga anda bisa berhasil menjadi artis terbaru di Spotify!

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Konten Marketing di Era Digital

Continue Reading

Random

Apa itu Konten Marketing Instagram dan Contohnya

Published

on

konten marketing Instagram

Penjual produk atau jasa menjadi tantangan baru di era digital ini. Pebisnis seperti diri Anda pun akan membutuhkan strategi pemasaran yang baru. Salah satu strategi tersebut adalah konten marketing instagram. Sebenarnya ada banyak jenis dan contoh konten marketing. Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan konten marketing media sosial.

Pasti anda memiliki akun Instagram bukan? Ternyata akun media sosial satu ini juga sangat penting dalam dunia konten marketing. Ada banyak sekali pemasaran yang bisa dilakukan melalui Instagram.

Menurut data dan riset media sosial, Instagram telah menguasai pasar marketing dibandingkan dengan media sosial lainnya. Banyak brand atau bisnis baru juga mulai berkembang sejak menjalani konten marketing Instagram. Kini semua brand hingga yang lokal pun mempunyai kesempatan untuk bersaing di pasar yang lebih besar.

Apa itu Konten Marketing Instagram?

Anda pasti sudah sering mendengar istilah konten marketing. Konten marketing merupakan salah satu strategi pemasaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan popularitas dari sebuah brand.

Instagram menjadi media terbaik untuk melakukan konten marketing. Supaya anda bisa mendorong bisnis lebih lagi diperlukan konten dalam bentuk foto atau video. Instagram terbagi menjadi dua jenis konten. Konten utamanya yaitu foto atau video. Kemudian diikuti dengan konten teks yang diletakkan pada bagian caption posting tersebut.

Kedua paduan konten tersebut adalah cara sebuah brand bisa bertumbuh. Follower dari brand tersebut juga akan merasakan koneksi dengan brand anda.

Konten marketing Instagram sangat bergantung pada konten yang diposting, rutinitas, dan kualitas. Anda harus melihat 3 hal ini sebelum melakukan posting ke internet. Kami akan menjelaskannya supaya anda juga dapat terbantu untuk kedepannya.

Tips Membuat Postingan Instagram Menarik Untuk Konten Marketing

Merencanakan Target Pasar Brand

Semua brand akan memiliki targetnya sendiri. Ini dapat anda lihat pada brand brand besar seperti Nike atau Adidas. Brand tersebut khusus menjual sportswear atau dikenal sebagai pakaian olahraga.

Dengan mengetahui produk atau jasa yang dijual, anda bisa mulai melihat pasar yang tepat untuk menargetkan hal tersebut. Kita ambil kembali contoh dari Nike dan Adidas. Perusahaan tersebut telah berhasil menentukan target pasar mereka yaitu atlet dan juga millenial yang suka berolahraga.

Sama halnya pada brand anda, anda juga bisa melakukan hal yang sama. Ketahui informasi ini terlebih dahulu supaya konten juga bisa disesuaikan dengan target pasar. Untuk target pasar yang lebih formal, maka anda wajib mempersiapkan konten yang menunjukkan kualitas atau elegan. Sedangkan pasar untuk generasi muda dapat menggunakan warna menarik dan animasi.

Merangkai Caption Untuk Menarik Pembaca

Hal yang akan dibaca oleh orang untuk pertama kalinya adalah caption dibawah foto. Jika caption tidak menarik sama sekali, pembaca tidak akan berfikir dua kali untuk melewatkan postingan anda.

Ada banyak hal yang bisa dimasukkan ke dalam caption. Pertama, anda harus bisa memperkenalkan brand melalui caption. Coba untuk membuat konten yang bisa menghibur dan membuat orang lain tersenyum atau bahagia. Berinteraksi dengan perasaan para pembaca sangat berguna dalam proses pembuatan konten. Ketika pembaca bisa ikut merasa terkait, maka anda akan terus menarik perhatian pembaca pembaca baru.

Menyesuaikan Budget Dengan Konten

Setiap konten membutuhkan budget yang berbeda. Budget yang banyak dapat digunakan pada konten seperti video. Sedangkan budget kecil dapat anda gunakan pada konten seperti foto atau juga design visual.

Jangan gunakan ide yang monoton, melainkan ide yang unik atau masih segar. Perlu diketahui juga bahwa setiap konten memiliki ukurannya sendiri. Seperti ukuran 1080 x 1080 untuk post instagram dan 1080 x 1920 untuk story instagram.

Jika anda mempunyai budget yang lebih, silahkan gunakan budget tersebut untuk investasi konten yang lebih mahal. Biasanya konten yang paling menarik perhatian dapat berdampak pada views, share, dan juga like. Ini juga langsung membuat followers anda semakin bertambah dalam waktu yang singkat.

Pemakaian Hashtag Pada Setiap Konten Instagram

Hashtag berperan penting untuk setiap postingan anda. Setiap postingan anda tidak akan ada banyak pengaruh jika tidak bisa menjangkau banyak orang. Satu satunya cara untuk menjangkau banyak orang adalah dengan menggunakan hashtag.

Fungsi dari hashtag pada konten Instagram adalah supaya orang lain mengetahui bahwa konten tersebut adalah milik anda. Konten anda akan muncul setiap kali ada yang menekan hashtag tersebut. Semakin banyak likes yang dimiliki postingan tersebut, maka semakin tinggi juga kedudukan anda pada konten instagram tersebut.

Menurut fakta yang didapatkan dari para selebgram, hashtag dapat meningkatkan angka interaksi hingga 12% lebih banyak. Gunakan hashtag yang tetap relevan atau berhubungan. Karena jika tidak, orang lain pun tidak akan tertarik dengan konten yang baru saja anda post.

Contoh Konten Marketing Instagram:

Stop Motion

Stop motion menjadi konten yang paling booming belakangan ini. Budget untuk membuatnya juga tidak semahal untuk konten seperti animasi. Stop motion sangat mirip dengan animasi, namun menggunakan gabungan foto.

Menurut statistik, konten stop motion sangat sering digunakan oleh selebgram dan artis Instagram terutama di Indonesia. Salah satu contoh dari artis tersebut adalah seperti Aulion. Artis ini dapat menggabungkan konten stop motion dan menggunakannya untuk memasarkan berbagai produk di Instagram.

Endorsement

Endorse menjadi sangat terkenal untuk meninggikan popularitas sebuah produk. Pasti anda sudah sering melihat artis artis yang mempromosikan suatu produk tertentu. Itulah yang disebut dengan endorsement. Semua bisnis bisa menggunakan endorsement sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan.

Endorse ini adalah investasi jangka panjang. Pilihlah sebuah pembuat konten yang bisa menjamin bahwa produk anda semakin laris. Karena jika tidak, maka investasi tersebut akan terlalu mahal. Modal pun tidak akan kembali ke dalam brand tersebut.

Budget yang harus dipersiapkan untuk endorsement lumayan besar. Harga juga sangat bergantung pada kualitas atau jumlah follower. Beberapa diantaranya akan memasang harga sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta. Biaya ini hanya untuk sekali post, dan orang yang melihat brand anda bisa mencapai puluhan ribu orang.

Continue Reading

Random

Klasifikasi Geotekstil dan Fungsinya Dalam Proyek Teknik Sipil

Published

on

Dalam dunia pekerjaan teknik sipil, geotekstil adalah salah satu bahan yang sangat sering digunakan di lapangan. Namun apa sebenarnya material ini?. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan lebih dalam mengenai definisi dan klasifikasi geotekstil ini.

Sebenarnya, terdapat cukup banyak definisi dari geotekstil. Namun jika harus didefinisikan secara sederhana, maka Geotextile ini dapat dijelaskan sebagai lembar sintetis yang terbuat dari polimer Polyester atau Polypropylene. Geotekstil adalah juga salah satu salah satu jenis dari Geosintetik.

Fungsi Geotekstil Dalam Dunia Teknik Sipil

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa bahan Geotekstil ini digunakan dalam banyak proyek teknik sipil, sebut saja seperti perkerasan jalan, waduk, kanal,  bendungan dan lainnya. 

Dalam aplikasinya, penggunaan Geotekstil ini biasanya ditujukan untuk mendapatkan tegangan permukaan guna memperkuat tanah. Selain itu, Geotekstil juga biasa digunakan untuk melindungi material konstruksi. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar aplikasi Geotekstil yang sering ditemukan dalam proyek-proyek teknik sipil di Indonesia.

  • Proyek perkerasan Jalan
  • Pembuatan tanggul di daerah tanah lunak.
  • Perkuatan tanah lereng 
  • Reklamasi dan breakwater
  • Infrastruktur irigasi
  • Bendungan Bumi / tanah (earth fill & rock fill)
  • Konstruksi rel kereta api 
  • Konstruksi lapangan terbang 
  • Pembuatan Geobags dan geotubes
  • Pagar silt

Sifat Dari Bahan Geotekstil

Geotekstil memiliki sejumlah sifat dan juga sekaligus keunggulan yang membuatnya sangat berguna dalam proyek. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kuat tarik yang tinggi
  • Sifat permeable (tembus air)
  • Tahan lama (durability tinggi)
  • Ketahanan terhadap sinar UV
  • Ketahanan terhadap bahan kimia
  • Ketahanan terhadap mikroorganisme dan jamur.

Klasifikasi Geotekstil Berdasarkan Pembuatannya

Lanjut membahas mengenai klasifikasi Geotekstil, ternyata bahan yang biasa digunakan dalam kegiatan proyek ini terbagi atas 4 jenis yang berbeda, yakni:

Geotextile Woven

Geotekstil Woven adalah jenis Geotekstil yang teranyam. Jenis geotekstil yang satu ini sendiri memiliki bentuk yang mirip dengan karung beras, namun berwarna hitam. Menurut ulasan dari halaman tukang bata, Geotekstil Woven ini masih terbagi lagi atas 2 jenis berbeda yakni:

Geotextile Woven Tenunan Sederhana 

Jenis Geotekstil Woven ini memiliki anyaman dari benang lungsin dan pakan yang ditenun naik turun sambil saling menyilang. Banyak disebutkan bahwa jenis Geotekstill woven ini memiliki kekuatan yang lebih besar dan banyak dipergunakan.

Geotextile Woven Tenun Kepar

Jenis Geotekstil woven Kepar ini memiliki anyaman dari benang pakan akan ditenun menyilang di bawah dan juga di atas benang lungsin.

Dalam sejumlah proyek teknik sipil, penggunaan Geotekstil Woven ini banyak digunakan untuk perkuatan tanah dasar. Geotekstil ini memainkan peran untuk mengurangi terjadinya penurunan setempat (differensial settlement) yang sering terjadi pada proyek perkerasan jalan akibat tanah dasar yang lunak.

Baca juga: Jenis Body Motor Dan Pengaplikasian Alat Press Body Motor

Geotextile Non Woven

Lanjut ke tipe Geotekstil Non Woven. Jika Geotekstil woven adalah bahan geotekstil yang memiliki bentuk teranyam, maka jenis Geotekstil Woven ini adalah kebalikannya. Jenis Geotekstil ini dibuat tanpa ditenun, melainkan diikat dengan menggunakan bahan perekat. Untuk bentuk, Geotekstil Non Woven ini memiliki bentuk yang serupa dengan karpet kain.

Kembali mengutip tulisan dari halaman tukang bata, diketahui terdapat beberapa jenis Geotekstil Non Woven ini yang diklasifikasikan berdasarkan cara produksinya. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Needle Punch Process – Geotekstil Non Woven yang dihasilkan melalui proses penjaruman. Pada proses pembuatannya, serat web yang menjadi bahan akan ditembus dan diatur kembali arah seratnya menggunakan mesin yang dilengkapi dengan jarum-jarum khusus.
  • Mel Bonded/ Heat bonded – Geotekstil Non Woven yang dihasilkan melalui proses Melt Bonded (proses ikatan leleh). Tipe Geotekstil Non Woven yang satu ini terdiri dari filamen atau serat panjang dan terikat. Proses pengikatan pada produksi jenis Geotekstil in dilakukan melalui operasi kalendering temperature tinggi.
  • Span Boned Process – Geotekstil Non Woven yang diproduksi melalui proses ikat pintal.
  • Resin/Chemical Bonding Process – Geotekstil Non Woven yang diproduksi melalui proses pengikatan dengan benar perekat).

Sedikit bicara mengenai fungsi Geotekstil Non Woven ini. Dalam dunia proyek teknik sipil, jenis Geotekstil ini sering digunakan sebagai filter dan stabilisator. 

Sebagai filter, Fungsi dari geotextile Non Woven dapat mencegah partikel-partikel tanah terbawa oleh aliran air. Hal tersebut dikarenakan, Geotekstil Non Woven ini memiliki sifat permeabel yang membuatnya dapat meloloskan air. Umumnya aplikasi Geotekstil sebagai filter ini banyak ditemukan di proyek-proyek drainase.

Sedangkan sebagai stabilisator, jenis Geotekstil ini dapat meningkatkan kuat tarik tanah (reinforcement). Umumnya aplikasi dari geotekstil sebagai stabilisator ini dapat ditemukan pada proyek timbunan tanah ataupun perkuatan lereng.

Geotekstil Knitted

Masih membahas tentang klasifikasi Geotekstil, Jenis Geotekstil ketiga berdasarkan pembuatannya adalah Geotekstil Knitted. Seperti namanya, jenis Geotekstil yang satu ini memiliki ciri khas dimana terdapat benang yang menyusunnya seperti rajutan. 

Satu atau lebih benang yang membentuk Geotekstil ini membentuk serangkaian lubang yang berpegangan dan membentuk suatu struktur bidang (mirip rajutan).

Terkait dengan fungsi dari Geotekstil Knitted (rajutan) ini, sebenarnya tidak terdapat banyak ulasan yang menjelaskannya di Internet. Namun beberapa jurnal menyebutkan bahwa jenis geotekstil yang satu ini umumnya digunakan sebagai dinding penahan tanah.

Geotekstil Komposit

Terkait dengan jenis Geotekstil yang terakhir ini. Sebenarnya kami tidak menemukan banyak informasi untuk disajikan untuk anda. Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa, Geotekstil komposit ini adalah jenis Geotekstil Non Woven yang dikombinasikan dengan serat perkuatan.

Beberapa sumber yang kami temukan juga menyebutkan bahwa jenis Geotekstil ini memiliki fungsi sebagai separator, stabilisator, filter, pelindung (moisture barrier) 

Geotekstil Woven dan Non Woven, Mana Yang Lebih Baik?

Jika harus membicarakan mana yang lebih baik antara, Geotekstik Woven dan Non Woven. Maka jawabannya akan sangat berkaitan dengan aplikasinya dalam proyek. Kedua Geotekstil ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing yang akan berguna sesuai dengan pengaplikasiannya di dalam proyek.

Sebagai contoh, Geotekstil Woven memiliki tensile strength atau kuat tarik yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Geotekstil Non Woven. Sifatnya tersebut yang membuatnya sangat baik untuk memperkuat tanah dasar, terutama tanah dasar lunak.

Sedangkan untuk Geotekstil Non Woven. Meskipun tidak memiliki kuat tarik setinggi Geotekstil Woven, jenis Geotekstil ini memiliki sifat permeabel (tembus air). Sifat permeable inilah yang membuat jenis Geotekstil yang satu ini sangat berguna sebagai filter pada proyek pembangunan saluran drainase.

Selain itu, Geotekstil Non Woven juga dapat digunakan untuk memperkuat tanah dasar. Namun aplikasinya tidak disarankan untuk jenis tanah dasar lunak.

Dari contoh tersebut dapat dilihat bahwa setiap jenis Geotekstil tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika dinilai dari tensile strength (kuat tarik), maka Geotekstil Woven mungkin lebih baik dari jenis Non Woven.

Namun jika dilihat dari sifat permeable nya, maka Geotekstil Non Woven tentu jauh lebih baik dari Geotekstil Woven. 

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai definisi dan klasifikasi geotekstil. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu anda yang membutuhkan. Terima kasih.

Continue Reading

Trending