TPPAS Lulut – Nambo, Tempat Pengolahan Sampah Terbesar di Asia Tenggara

Alternatif tempat pembuangan sampah bagi warga DKI Jakarta

0
1016
Pintu Gerbang TPPAS Lulut - Nambo
Pintu Gerbang TPPAS Lulut - Nambo

TPPAS Lulut – Nambo (Luna) merupakan tempat pemrosesan akhir sampah regional milik pemerintah Jawa Barat.  Terletak di Desa Nambo dan Desa Lulut Kecamatan Kelapanunggal, Kabupaten Bogor. TPPAS tersebut mempunyai luas lahan sekitar 55 hektare. Dengan 40 hektare milik Perhutani regional Jawa Barat-Banten, sisanya milik Kabupaten Bogor.

TPPAS Luna ini akan menjadi percontohan pengelolaan sampah di Indonesia, karena sampah akan diolah menjadi kompos untuk pupuk dan menjadi energi untuk bahan bakar pembuatan semen. Bahkan, TPPAS ini digadang-gadang akan menjadi tempat pengolahan sampah terbesar di Asia Tenggara.

Jalan Betonisasi TPPAS Lulut - Nambo dipenuhi mobil angkutan berat milik PT Indoncement
Jalan menuju TPPAS Lulut – Nambo dipenuhi mobil angkutan berat milik PT Indoncement

Tidak hanya itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher membuka peluang bagi pemerintah DKI Jakarta untuk membuang sampah di Tempat Pemrosesan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Lulut Nambo (Luna) di Kabupaten Bogor.

Alternatif tempat pembuangan sampah bagi warga DKI Jakarta itu dilontarkan Aher, saat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kini sedang dilanda masalah sampah, menyusul kebijakan Pemerintah Kota Bekasi membatasi pembuangan sampah dari Jakarta ke Bantargebang, Bekasi.

TPPAS Lulut – Nambo direncanakan untuk mengolah sedikitnya 1.500 ton sampah sehari dengan teknologi Mechanical Biological Treatment (MBT) yang menghasilkan Refused Derived Fuel (RDF). Perkiraan nilai proyek pembangunan TPPAS Lulut Nambo itu menembus 600 miliar rupiah.

Kendati sempat mangkrak, sejak dimulai tahun 2006 ini, pemerintah setempat berharap TPPAS Lulut – Nambo sudah dapat beroperasi pada 2017 nanti.

Saat ini, Pembangunan TPPAS Nambo saat ini tengah dikebut oleh pemerintah Jawa Barat. Terlihat beberapa kendaraan berat seperti beckhoe dan dump truck menggerus serta meratakan lahan yang berbukit-bukit itu. Dan beberapa pekerja melakukan berbagai pekerjaan pendukung, seperti jalan, pagar dan lainnya.

Gunung Leutik dan Gunung Kutanasa, salah satu perbukitan yang menjadi objek pemerataan bagi TPPAS tersebut. Gunung atau bukit leutik ini diratakan untuk menjadi jalan utama menuju landfill Nambo. Sementara, Gunung atau Bukit Kutanasa menjadi objek yang diratakan untuk landfill sampah.

loading...