Penandatangan bataliyon kepada bupati pekalongan

 

Ditengah guyuran deras hujan, lapangan Talun,Kabupaten Pekalongan bergetar dengan hentakan sepetu laras para prajurit muda TNI, yag memasuki route etape IV, dengan diterima langsung oleh Bupati Pekalongan

Kabupaten Pekalongan – Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya) Etape IV, kamis (17/12) lalu tiba di Etape V yaitu di Kab. Pekalongan tepatnya di Kec. Talun.

Pasukan diterima secara langsung oleh Bupati Pekalongan, Drs. Amat Antono dalam sebuah upacara di Lapangan Bumirejo, Desa Banjarsari, Kec. Talun.

Upacara dihadiri pula oleh Dandim 07/10 Pekalongan, Camat Talun dan ratusan masyarakat yang rela berhujan-hujanan demi menyaksikan acara tersebut.

Dalam amanatnya, Bupati Pekalongan mengungkapkan beberapa hal, antara lain agar kegiatan Tonting dapat direnungkan manfaatnya karena merupakan kegiatan yang sangat strategis dan bisa dijadikan sarana mendidik prajurit, meningkatkan bela negara, serta meningkatkan kesatuan TNI dan rakyat.

“ Ini hal yang strategis dan patut untuk dilaksanakan terus – menerus dan semakin banyak yang dilibatkan,” ujarnya.

Bupati berharap Tonting juga bisa menjadi inspirasi kemanunggalan rakyat dan TNI, apalagi kegiatan ini melalui rute melewati desa – desa. Menurutnya dengan kegiatan seperti ini TNI bisa menjaga jati dirinya dan rakyat merasa tentram serta TNI dapat menjadi harapan masyarakat untuk menjaga bangsa dan negara. “Ini hal yang luar biasa,” tegasnya.

Ditambahkan Antono, bahwa hujan yang mengguyur saat upacara berlangsung justru akan memupuk semangat dan jiwa korsa para prajurit. Menutup sambutannya Antono tak lupa mengucapkan terimakasih kepada TNI yang telah menetapkan Kabupaten Pekalongan menjadi jalur Tonting.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk membangun Kab. Pekalongan yang lebih baik, dan bermanfaat bagi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Dalam upacara tersebut, Tonting Etape IV menyerahkan dua buah tabung berisi Amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman dan Ikrar Korps Infanteri yang sebelumnya juga dibacakan dalam upacara, serta sebuah bendera Kotama, Bendera Infanteri, serta sebuah tas lambang administrasi dan staf satuan infanteri kepada Tonting Etape V yag selanjutnya juga akan di estafetkan hingga Ambarawa.(*)