Tips Untuk Membangun Bisnis Perhotelan Yang Sukses

0
25
membangun bisnis perhotelan

Bisnis perhotelan menjadi salah satu jenis bisnis yang memiliki persaingan tinggi. Di dunia perkembangan teknologi pesat, para pemilik hotel pun terus mencari jalan terbaik untuk mengembangkan hotel mereka. Tidak semua orang akan mampu bersaing jika mereka tidak tau harus memulai dari mana. Setiap bisnis perhotelan pun membutuhkan sumber daya manusia dan juga sumber daya lainnya. Jika ingin mengembangkan bisnis, anda tidak bisa hanya sembarang mengembangkan bisnis tanpa pengetahuan khusus. Artikel hari ini akan membantu anda dalam membangun bisnis perhotelan yang benar dan baik. Akan ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu anda dalam pengembangan bisnis lainnya. Meski pun anda sudah memiliki suatu bisnis, artikel ini juga dapat membantu anda semua dalam mendirikan hotel.

Merencanakan Budget Untuk Membangun Bisnis Perhotelan

Hal utama dalam membangun sebuah bisnis adalah uang dan juga sumber daya yang bisa dikeluarkan. Semuanya bergantung dengan budget atau uang yang anda punya. Semakin banyak uang yang dimiliki, maka semakin banyak juga hal yang bisa dilakukan. Budget bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai hal dalam bisnis perhotelan. Pertama, anda harus menyisihkan uang untuk renovasi, perbaikan, pembangunan, dan juga design.

Pastikan anda menyisihkan uang yang cukup untuk hal hal tersebut. Biasanya hal seperti ini akan memakan biaya yang lumayan besar. Namun ada beberapa cara untuk mengatasinya. Selain itu, anda juga harus menyisihkan uang untuk menyewa konsultan pariwisata untuk mengetahui mana titik yang harus diperbaiki. Tanpa sebuah konsultan, anda pun akan harus mengeluarkan biaya lagi nantinya jika sedang menghadapi kerugian.

Bagi anda yang ingin membangun bisnis perhotelan, pastikan budget anda mencukupi. Anda tidak bisa membantu sebuah hotel jika modal tersebut hanya puluhan juta dan tidak memiliki gedung. Namun bisa dilakukan jika sudah ada gedung atau lokasi untuk hotel. Jangan lupa untuk menyisihkan uang buat para gaji pegawai anda.

Mungkin saja anda memiliki pegawai untuk hotel, dan gaji mereka pun harus terjamin aman terlebih dahulu. Kami merekomendasikan anda menyediakan gaji mereka untuk 3 hingga 6 bulan kedepannya. Carilah pegawai yang bisa membantu di hotel secara efektif. Sesuaikan jumlah pegawai dengan budget yang dimiliki. Anda tidak perlu mencari banyak pegawai jika hotel belum bisa beroperasional secara maksimal.

Menyiapkan Lokasi Hotel Secara Lengkap

Untuk membangun bisnis perhotelan, anda harus memiliki hotel terlebih dahulu. Mungkin tidak semua orang akan langsung memiliki hotel dengan ukuran besar. Mungkin saja anda ingin mengubah beberapa bangunan menjadi hotel. Setiap orang akan mempunyai skenario yang berbeda beda. Meskipun demikian, anda tetap bisa membuat hotel impian anda apapun alasannya. Anda harus membeli sebuah gedung dahulu sebelum bisa membangun hotel atau bisnis perhotelan.

Tanpa adanya gedung, maka bisnis perhotelan pun tidak bisa diwujudkan. Jika anda sudah memiliki gedung, maka gedung tersebut pun harus di renovasi terlebih dahulu. Proses renovasi akan memakan waktu beberapa minggu hingga bulan tergantung gedung dan lokasi. Jadi anda pun harus mempersiapkan waktu untuk skenario seperti yang satu ini.

Jika anda masih memilih gedung, maka kami ada beberapa tips tambahan buat anda semua. Carilah posisi gedung yang strategis dengan lingkungannya. Secara logika, tempat dengan keramaian yang tinggi akan bisa lebih menarik perhatian para pelanggan. Jika anda ingin mendapatkan pelanggan yang banyak, maka anda pun harus memerhatikan daerah di sekeliling. Banyak bisnis perhotelan yang sukses pasti berada di lokasi samping bisnis bisnis lainnya. Contohnya adalah seperti mall, tempat hiburan, taman, dan lain lain. Ini menjadi daya tarik yang kuat saat orang lain mencari tempat tinggal di daerah tersebut. Semakin dekat hotel anda dengan beberapa lokasi populer di daerah tersebut, maka orang pun akan memilih hotel tersebut.

Interior Design dan Tema Dari Perhotelan

Semua hotel pasti memiliki temanya masing masing. Kebanyakan hotel akan mengangkat tema modern atau juga simplistic. Namun ada juga beberapa hotel yang menjadi unik sehingga orang orang pun juga tertarik. Tema hotel bisa menjadi daya tarik jika anda pandai memadukan tema tersebut. Namun jika tidak, tema modern dan simplistic bisa menjadi tema pilihan utama. Pastikan anda memiliki tema yang cocok dengan keinginan para pelanggan dan keinginan pribadi.

Tema ini pun kemudian harus di aplikasikan ke seluruh ruangan yang ada di hotel. Ini dimulai dari interior design lobby hotel, restoran, dan juga di sekeliling hotel. Tempat check in untuk resepsionis akan menjadi first impression para pelanggan. Saat mereka datang ke hotel anda, mereka akan langsung melihat apa yang anda pajang disekeliling hotel. Hotel yang menarik adalah hotel yang memiliki ciri khasnya sendiri. Dengan ini, anda pun harus bisa mencari inspirasi untuk bisnis hotel anda. Ini pun menjadi kunci mengapa para pelanggan ingin datang kembali ke hotel anda. Interior design akan membuat mereka merasa nyaman dan juga sangat mewah. Perasaan yang bisa diberikan oleh sebuah hotel kepada para pelanggan pun sangat penting.

Marketing Bisnis Perhotelan Anda

Segala macam bisnis pasti membutuhkan publikasi yang tinggi. Semakin terkenal bisnis perhotelan anda, maka semakin ramai juga bisnis anda akan dikunjungi. Di masa masa modern seperti ini, banyak orang bergantung kepada media sosial untuk menerima informasi. Informasi tersebut pun menjadi narasumber terbaik bagi mereka untuk melakukan apa apa. Untuk memanfaatkan hal tersebut, anda bisa mempelajari digital marketing dan juga mengiklankan bisnis anda secara online.

Anda juga wajib memasarkan bisnis hotel anda kepada aplikasi aplikasi travelling besar di Indonesia. Ada banyak aplikasi travelling online yang menawarkan berbagai jenis hotel untuk para turis. Daftarkan saja bisnis perhotelan anda supaya banyak orang bisa melihat bisnis tersebut. Pastikan anda mengambil foto yang bagus untuk proses pemasaran. Orang akan sangat menilai hotel anda dari gambar yang mereka lihat. Jika mereka menyukai hotel tersebut, maka mereka pun akan langsung memesan hotelnya.

Memberikan Pelayanan Pelanggan Terbaik

Sebagai sebuah hotel, anda harus selalu menjaga nama baik hotel. Jika ada review buruk tentang hotel anda secara online, maka orang pun tidak mau datang kembali. Para pengunjung juga sangat bergantung dengan ulasan oleh orang lain. Jika para ulasan orang lain sangat meyakinkan, ini menjadi bukti bahwa hotel tersebut bagus.

Tidak ada jalan pintas untuk mendapatkan review atau ulasan yang bagus untuk hotel anda. Anda harus tetap bekerja keras untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Ingat saja bahwa pelanggan adalah raja. Pastikan semua pegawai sudah di training atau diberikan arahan terlebih dahulu. Ini sangat penting untuk membiasakan mereka dengan sopan santun dan juga bisa melayani para pelanggan.