Tips merawat jeans agar warnanya selalu natural

0
794
tips merawat jeans agar tahan lama dan warna tidak pudar

Tips merawat jeans – Dalam dunia fashion Jeans denim merupakan salah satu jenis perlengkapan pakaian yang cukup banyak digemari banyak kalangan.

Selain tahan terhadap berbagai kondisi, Jeans boleh dikatakan tidak butuh perawatan khusus.

Tidak hanya itu, jeans juga termasuk jenis pakaian yang berumur cukup panjang, bahkan semakin tua dengan warna yang memudar bagi banyak orang berpendapat malah semakin menunjukkan ciri khas nya.

Namun, bukan berarti jeans tidak sama sekali butuh perawatan. Jika ingin jeans kesayangan lebih tahan lama, tips perawatan jeans berikut layak untuk diketahui.

Merawat jeans memang sedikit berbeda dengan jenis pakaian lain, seperti katun, spandex atau linen. Perawatan yang tepat dan baik bisa membuat celana jeans lebih tahan lama dan semakin terlihat bagus dari waktu ke waktu.

Sebenarnya, merawat jeans tidaklah sesulit yang dibayangkan. Akan tetapi, beberapa kalangan mempunyai teknik perawatan tertentu untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Seperti diantaranya dengan tidak mencucinya selama berbulan-bulan. Sebagian diantaranya malah melakukan kebalikannya, dimana justru merasa harus lebih sering dicuci agar warnanya semakin menonjol.

Dalam hal ini, memang kembali tergantung motivasi, tujuan, dan selera masing-masing.

Namun secara umum, cara merawat jeans original yang benar adalah sebagai berikut;

Pertama: Baca Instruksi pada Label. Dikutip dari How to wash stuff, cara paling aman adalah membaca terlebih dahulu instruksi perawatan yang biasanya tertera pada label di bagian dalam jeans. Biasanya, untuk jenis jeans branded original, dituliskan prosedur pencucian, suhu air yang digunakan untuk mencuci juga petunjuk penyetrikaan.

Selanjutanya: Pastikan tidak ada benda apapun yang tertinggal di dalam kantong celana. Seperti uang kertas, koin, pulpen, dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah jeans terkena serpihan kertas atau tersobek benda tajam saat pencucian. Hindari juga penggunaan pemutih, karena bisa memudarkan semua warna jeans.

Cara mencuci jeans: Mencuci jeans bisa menggunakan mesin cuci, dengan tangan maupun dry clean. Jika ingin menggunakan mesin cuci, atur pada pencucian ‘delicate’. Sebaiknya saat mencuci jeans disatukan dengan pakaian lain yang juga berbahan denim, dan tidak lebih dari lima potong. Terlalu banyak jeans yang dicuci dalam satu waktu bisa membuat mesin berat sehingga hasilnya tidak bersih maksimal.

Menurut banyak sumber, jeans akan lebih tahan lama jika dibalik saat pencucian. Tidak hanya itu, alur motif pudar yang natural seabagaimana ciri khas jeans akan lebih terjaga.

Menjemur Jeans: Disarankan untuk tidak menjemur jeans dibawah sinar matahari langsung. Karena sinar matahari kurang bersahabat dengan warna pakaian. Sehingga mempercepat pudar warna pakaian. Sebenarnya tidak hanya jenis jeans, kebanyakan baju yang berwarna juga kalau kelamaan kena sinar matahari bisa pudar.

Sebaiknya dalam proses pengeringan, jeans dijemur dengan cara digantung pada hanger dan dibalik depan-belakang, lalu diangin-anginkan.

Penutup: Setelah kering, sebaiknya jeans tidak dilipat. Simpan di lemari dengan cara digantung menggunakan hanger untuk menjaga bentuk aslinya dan senantiasa terlihat natural.  Demikian Tips merawat jeans agar warnanya selalu natural semoga bermanfaat.