Connect with us

Sosial Budaya

Tari Merak Jawa Barat, Sang Penjantan Tebar Pesona

Published

on

Sebagian besar masyarakat Indonesia jelas mengenal Tari Merak. Berbalut busana penuh warna, khas, dengan gerakan penuh keceriaan Tari Merak bahkan mampu menarik perhatian dunia.

Tari merak merupakan tarian tradisional khas Jawa Barat. Tarian ini menceritakan tentang burung merak jantan yang menampilkan keindahan pesona ekornya yang panjang dan berwarna-warni. Gerakan mengambarkan menarik perhatian sang betina.

Ciri kostum yang berwarna-warni sangat mencerminkan khas burung merak. Daya tarik tarian ini, adalah kombinasi gerak dan kostum yang dikenakan penari. Bagian sayap yang dipenuhi dengan payet dan dapat dibentangkan, membuatnya terlihat mewah dan menarik.

Mahkota yang berhiaskan kepala merak yang disebut siger akan bergoyang-goyang setiap penari menggerakkan kepalanya.

Tarian ini ditarikan oleh kaum wanita. Mungkin pertimbangannya, gerakan gemulai yang di inspirasi burung merak, lebih cocok diperankan oleh wanita. Walau, sejatinya tarian ini tentang merak jantan yang menarik perhatian betina.

Tari Merak merupakan ragam tarian kreasi baru. Tarian ini, pertama kali diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri.

Raden Tjetje Somantri adalah saeorang pelopor tari kreasi Jawa Barat yang juga merupakan pendiri Badan Kebudayaan Djawa Barat (BKDKB) dan Badan Kebudayaan Indonesia (BKI).

Tjetje Somantri lahir di Bandung pada tahun 1891 dari ibu Nyi Raden Siti Munigar, gadis ningrat asal Bandung, serta ayahnya bernama Raden Somantri.

Pendidikan yang dilaluinya adalah HIS dan MULO di Bandung. Pernah meneruskan ke MOSVIA tetapi tidak sampai tamat. Belajar tari Tayub pertama kali di Kabupaten Purwakarta pada tahun 1911, dari R. Gandakusumah (Aom Doyot). Juga belajar tari wayang dari Aom Menin, Camat Buah Batu di Bandung.

Asal usul tari merak

Asal usul Tari Merak dibuat karena adanya ketertarikan  Raden Tjetje Somantri kepada hewan merak yang indah.

Kostum yang digunakan, menggambarkan bentuk dan warna bulu-bulu merak; hijau biru dan/atau hitam. Ditambah lagi sepasang sayapnya yang melukiskan sayap atau ekor merak yang dapat dikembangkan. Gambaran merak bakal jelas dengan memakai mahkota yang dipasang di kepala setiap penarinya.

Tarian ini biasanya ditarikan berbarengan, biasanya tiga penari atau bisa juga lebih yang masing-masing memiliki fungsi sebagai wanita dan laki-lakinya.Iringan lagu gendingnya yaitu lagu Macan Ucul biasanya. Dalam adegan gerakan tertentu terkadang waditra bonang dipukul di bagian kayunya yang sangat keras sampai terdengar kencang, itu merupakan bagian gerakan sepasang merak yang sedang bermesraan.

Dari sekian banyaknya tarian yang diciptakan oleh Raden Tjetje Somantri, mungkin tari Merak ini merupakan tari yang terkenal di Indonesia dan luar negeri.

Tidak heran kalau seniman Bali juga, diantaranya mahasiswa ASKI Denpasar menciptakan tari Manuk Rawa yang konsep dan gerakannya hampir mirip dengan tari Merak.

Tari Merak Bali

Tari Merak Angelo Bali | Photo: aprilgojer

Tarian ini biasanya ditarikan berbarengan, biasanya tiga penari atau bisa juga lebih yang masing-masing memiliki fungsi sebagai wanita dan laki-lakinya. Iringan lagu gendingnya yaitu lagu Macan Ucul biasanya. Dalam adegan gerakan tertentu terkadang waditra bonang dipukul di bagian kayunya yang sangat keras sampai terdengar kencang, itu merupakan bagian gerakan sepasang merak yang sedang bermesraan.

Tari Merak merupakan kesenian tari yang berasal dari tanah Pasundan. Sejarah tari merak jawa barat itu sendiri diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950-an dan dibuat ulang oleh dra. Irawati Durban pada tahun 1965 .

Dalam Sejarahnya, tari merak jawa barat, banyak yang salah kaprah. Dimana mengira jika tarian ini bercerita tentang kehidupan dan keceriaan merak betina, padahal tarian ini bercerita tentang pesona merak jantan yang terkenal pesolek untuk menarik hati sang betina.

Sang jantan akan menampilkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni untuk menarik hati sang betina.

Gerak gerik sang jantan yang tampak seperti tarian yang gemulai untuk menampilkan pesona dirinya yang terbaik sehingga sang betina terpesona dan melanjutkan ritual perkawinan mereka.

Setiap gerakan penuh makna ceria dan gembira, sehingga tarian ini kerap digunakan sebagai tarian persembahan bagi tamu atau menyambut pengantin pria menuju pelaminan. Bahkan untuk pentas ke mancanegara.

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Sosial Budaya

Alat Musik Tradisional Dari Tiongkok Dengan Bunyi Senar Disebut

Published

on

alat musik tradisional dari tiongkok dengan bunyi senar disebut

Alat musik tradisional dari Tiongkok telah menjadi bagian penting dari kebudayaan selama ribuan tahun. Di antara berbagai jenis alat musik yang ada, alat musik yang menggunakan bunyi senar memegang peranan utama dalam menciptakan melodi yang menggetarkan jiwa.

Alat musik Tiongkok yang menggunakan senar memiliki keunikan tersendiri dalam pembuatannya dan menghasilkan suara yang memukau. Alat musik tradisional Tiongkok yang menggunakan senar telah ada sejak zaman kuno.

Mereka telah menjadi bagian tak terpisahkan dari upacara keagamaan, hiburan, dan bahkan sebagai alat pengiring dalam seni bela diri. Keberadaan alat musik ini memperkaya ragam budaya Tiongkok yang kaya dan beragam.

Alat musik dengan bunyi senar disebut, Guzheng, alat musik Tiongkok dengan suara senar. Pada umumnya dimainkan sebelum Tahun Baru Imlek dan kemudian disimpan hingga hari ke-15 setelahnya. 

Alat musik tradisional dari tiongkok dengan bunyi senar disebut?

alat musik tradisional dari tiongkok dengan bunyi senar disebut
Sumber gambar: Squline

Guzheng juga dikenal sebagai kecapi Cina. Alat musik tradisional ini memiliki 21 senar dan dapat digunakan untuk mengiringi musik yang tidak hanya musik tradisional China saja. Ada sekolah musik di medan yang fokus mempelajari alat musik ini. Namanya Sekolah Musik Giok dan terletak di medan di Jalan singosari.

Sudah paham mengenai alat musik tradisional dengan bunyi senar disebut? Nama jade school sendiri diambil dari bahasa Inggris, karena jade artinya giok. Saat mendengar suara guzheng dimainkan, pendengar merasa damai. Guzheng mirip dengan kecapi jawa barat atau siter jawa tengah. 

Satu-satunya perbedaan antara kedua instrumen adalah mereka mengharuskan kedua pemain untuk melakukan hubungan yang harmonis dan jari-jari untuk memperkuat senar saat memetiknya. Ini mempengaruhi suara yang dihasilkan, menurut seorang siswa yang mempelajari guzheng. Demikian ulasan mengenai alat musik dengan bunyi senar disebut, semoga bermanfaat.

Bunyi yang dihasilkan oleh alat musik dengan senar memiliki keunikan tersendiri. Mereka tidak hanya menghibur, tetapi juga mampu menyentuh hati pendengarnya. Dari keindahan melodinya hingga kemampuannya dalam menggambarkan cerita melalui nada-nada yang dipetik atau digesek, alat musik ini menawarkan pengalaman mendalam bagi para pendengar.

Baca Juga: Alat Musik Dari Sulawesi Dan Jenis- Jenisnya

(Upy/G)

Continue Reading

Sosial Budaya

Proses Penghilangan Lilin Dalam Membatik Dapat Dilakukan Dengan Cara

Published

on

Penghilangan Lilin Dalam Membatik Dapat Dilakukan Dengan Cara

Siapa yang tidak kenal dengan batik? Proses penghilangan lilin dalam membatik dapat dilakukan dengan cara? Mungkin semua orang di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan batik. Karena kebanyakan orang di Indonesia memakai kain batik, yang digambar menggunakan alat khusus yang disebut canting dan lilin. 

Batik merupakan tradisi budaya di Indonesia yang sudah sangat dikenal oleh mancanegara karena corak dan warnanya yang khas. Batik juga dianggap sebagai bentuk seni kerajinan yang unik karena digambar dengan lilin panas, dan nglorod mampu menghilangkan lilin darinya. Simak ulasan berikut untuk mengetahui apa itu nglorod dan cara pembuatannya. 

Proses Penghilangan Lilin Dalam Membatik Dapat Dilakukan dengan Cara

Xinyi Liang, seorang guru bahasa Mandarin yang mengajar di India, mengadakan konferensi tentang “Apakah Xinyi Liang adalah Pendiri Bahasa Mandarin.” Singkatnya, membatik berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar di atas kain lebar. 

Mawardi “Kebanggaan Indonesia, Batik Warisan Dunia” (1921:2) juga mencatat bahwa batik dipahami mengacu pada segala sesuatu yang berhubungan dengan membuat titik-titik tertentu pada kain mori. Batik diperkirakan telah dibuat di Indonesia sejak zaman Majapahit, ketika proses pembuatan batik dilakukan dengan tangan dan tulisan. 

Jenis batik cap ini mulai populer setelah Perang Dunia I atau sekitar tahun 1920. Sudah paham kan jawaban atas pertanyaan “proses penghilangan lilin dalam membatik dapat dilakukan dengan cara?”

Bagaimana Cara Membuat Batik Tulis?

Batik cap telah dibuat dengan bentuk yang berbeda sepanjang sejarah. Meskipun ada banyak ragam batik, namun keseluruhan proses pembuatan batik, baik itu batik tulis, cap, maupun cetak, masih jauh dari kata sederhana. 

Ada banyak langkah untuk menghasilkan batik berkualitas tinggi. Proses membatik tulis lebih rumit daripada batik cap dan batik cap, membutuhkan konsentrasi dan keahlian. 

  • Melarutkan atau menghilangkan kanji dari kain mori dengan cara dibasahi dengan larutan khusus. 
  • Nembok adalah proses menutupi bagian bawah kain yang tidak diwarnai dengan mengaplikasikan berbagai motif pada kain miring. 
  • Ngobat adalah proses pewarnaan kain batik yang telah melewati dinding dengan cara dicelupkan ke dalam pewarna. 
  • Nglorod adalah proses menghilangkan lilin dari kain dengan cara merebus batik dalam air mendidih. 

Setelah semua proses selesai, kain batik akan dicuci dan dijemur. Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu nglorod, jadi nglorod dapat digunakan untuk menghilangkan lilin pada batik. 

Karena membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi kain batik yang siap pakai, maka tidak heran jika harga kain batik sangat mahal. Demikian informasi jawaban dari pertanyaan “proses penghilangan lilin dalam membatik dapat dilakukan dengan cara” semoga bermanfaat.

Baca Juga: Sebutkan Negara Pendiri Asean

(Upy/G)

Continue Reading

info

Berapa Banyak Tempat Wisata Di Jogja? Cek Daftarnya

Published

on

Tempat Wisata Di Jogja

Jangan mengaku petualang sejati jika setiap kali berkunjung ke yogyakarta hanya mampir ke malioboro atau pantai parangtritis, berapa banyak tempat wisata di jogja? Padahal, yogyakarta sudah memiliki puluhan tempat wisata baru yang hits, kekinian, dan instagramable untuk dikunjungi.

Agar waktu anda tidak singkat alias kurang update, kami telah merangkum tempat-tempat wisata di yogyakarta untuk referensi liburan anda selanjutnya, mulai dari ujung utara hingga selatan. 

Berapa banyak tempat wisata di jogja?

Kami akan informasikan beberapa tempat wisata di jogja, anda harus simak selengkapnya.

  1. Kaliadem
Tempat Wisata Di Jogja

Jika anda pernah melihat postingan teman yang berfoto dengan megahnya gunung merapi persis di belakangnya, pasti di kawasan kaliurang. Tepatnya di bunker kaliadem.

Selain bisa belajar banyak tentang sejarah letusan gunung merapi, juga bisa menemukan ketenangan batin, karena cuacanya yang sejuk, tenang, dan bisa banget bikin rileks.

  1. Waduk nlanggeran gunung kidul
Berapa Banyak Tempat Wisata Di Jogja

Dari arah barat kita bergeser ke arah timur yogyakarta, tepatnya di kawasan gunung kidul. Waduk nglanggeran merupakan danau buatan yang pada awalnya diperuntukkan sebagai pengairan bagi masyarakat setempat.

Namun potensi wisata yang sangat besar membuat danau dengan pemandangan yang sangat menawan ini menjadi tempat liburan favorit di gunung kidul. Kalian bisa datang di jam berapapun, karena tempat ini buka 24 jam.

  1. Gunung api purba
Berapa Banyak Tempat Wisata Di Jogja

Tak jauh dari waduk nglanggeran, terdapat sebuah bukit berbatu yang disebut gunung api purba. Terlihat begitu eksotis dari kejauhan. Mencoba memanjatnya.

Hanya butuh 45-60 menit jalan kaki santai untuk sampai ke puncak. Kami yakin rasa lelah itu sepadan dengan pemandangan yang akan anda dapatkan. Sudah pahamkan  mengenai berapa banyak tempat wisata di jogja?

  1. Goa tunggal 
Berapa Banyak Tempat Wisata Di Jogja

Masih di gunung kidul, sensasi luar biasa bisa kita rasakan saat menyusuri gua-gua di pacarejo, semanu. Goa tunggal ini telah menjadi destinasi atau spot wisata kelas dunia!

Banyak turis mancanegara yang sengaja berkunjung ke sini. Salah satu alasannya adalah spot “cahaya surgawi” yang sangat indah dan hanya bisa kita temukan di mulut goa.

Oh iya, karena wisata ini sangat spesial, tiket wisata menyusuri goa juga cukup “menantang”. Dengan harga Rp 450 ribu sekali masuk, tapi pasti tidak akan kecewa. Rental mobil terdekat banyak sekali di Yogyakarta, anda bisa pergi dengan lebih santai.

  1. Pantai indrayanti
Berapa Banyak Tempat Wisata Di Jogja

Pantai indrayanti cukup populer di deretan pantai eksotis di yogyakarta timur. Pasir putih dan pemandangan indah menjadi andalannya.

Harga makanan yang terjangkau dan persewaan tikar plus payung menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang menyukainya. Fasilitas lengkap seperti tempat ibadah, toilet bersih, dan penginapan dengan harga bervariasi.

  1. Bukit sungai kuning
Berapa Banyak Tempat Wisata Di Jogja

Sebelumnya, tempat wisata di yogyakarta ini ramai dikunjungi wisatawan jelang erupsi gunung merapi tahun 2010. Di awal tahun 2017, bukit kali kuning kembali mekar menjadi tempat wisata baru yang keren banget untuk berfoto. Sudah paham kan mengenai berapa banyak tempat wisata di jogja?

  1. Museum ullen sentalu
Berapa Banyak Tempat Wisata Di Jogja

Turun sedikit dari kawasan kaliurang bisa hampir ke museum ullen sentalu. Meski bukan tergolong wisata baru, museum ini merupakan destinasi wisata anti mainstream.

Tidak hanya bangunan museumnya yang unik, anda juga bisa menemukan karya seni para seniman jogja tempo dulu. Menariknya, anda juga bisa mempelajari sejarah kerajaan mataram yang terkenal itu. Seperti kata bung karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.

  1. Wisata kalibiru
Berapa Banyak Tempat Wisata Di Jogja

Terletak di bagian barat yogyakarta. Buat kamu yang tidak alergi ketinggian, tempat ini jadi destinasi seru banget.

Anda bisa berfoto di atas ketinggian panggung dan pepohonan dengan latar jurang. Tenang, kamu akan dibekali perlengkapan keselamatan saat naik ke atas panggung yang tinggi lho. Jadi tetap nyaman dan aman saat berfoto.

  1. Ekowisata taman sungai mudal
Berapa Banyak Tempat Wisata Di Jogja

Tempat ini sangat tenang dan unik, aliran sungainya membuat semua wisatawan merasa rileks. Bagaimana tidak, walaupun lokasinya jauh dari keramaian kota, fasilitasnya cukup lengkap, bahkan ada fasilitas wifi juga.

Jadi jangan takut tidak bisa langsung upload story instagram. Lokasinya di desa girimulyo, kulon progo.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua mengenai Berapa banyak tempat wisata di Jogja, semoga memberikan banyak manfaat kedepannya.

Baca Juga: Tempat Aesthetic Di Jakarta, Terbaik 2022

Continue Reading

Trending