Connect with us

Tech

Startup adds beds and Wi-Fi to buses to turn them into ‘moving hotels’

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Published

on

Photo: Shutterstock

Et harum quidem rerum facilis est et expedita distinctio. Nam libero tempore, cum soluta nobis est eligendi optio cumque nihil impedit quo minus id quod maxime placeat facere possimus, omnis voluptas assumenda est, omnis dolor repellendus.

Nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo.

Neque porro quisquam est, qui dolorem ipsum quia dolor sit amet, consectetur, adipisci velit, sed quia non numquam eius modi tempora incidunt ut labore et dolore magnam aliquam quaerat voluptatem. Ut enim ad minima veniam, quis nostrum exercitationem ullam corporis suscipit laboriosam, nisi ut aliquid ex ea commodi consequatur.

At vero eos et accusamus et iusto odio dignissimos ducimus qui blanditiis praesentium voluptatum deleniti atque corrupti quos dolores et quas molestias excepturi sint occaecati cupiditate non provident, similique sunt in culpa qui officia deserunt mollitia animi, id est laborum et dolorum fuga.

“Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat”

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem eum fugiat quo voluptas nulla pariatur.

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet ut et voluptates repudiandae sint et molestiae non recusandae. Itaque earum rerum hic tenetur a sapiente delectus, ut aut reiciendis voluptatibus maiores alias consequatur aut perferendis doloribus asperiores repellat.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Tech

6 Rekomendasi Ponsel 8 Jutaan Terbaru Lengkap dengan Harga

Published

on

6 Rekomendasi Ponsel 8 Jutaan Terbaru Lengkap dengan Harga

Perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi dan multimedia memang sangat pesat, terbukti dengan banyaknya ponsel canggih yang beredar di pasaran. Jika ingin memiliki ponsel canggih tentu saja Anda harus menyiapkan budget yang tidak sedikit.

Dengan harga 8 juta, Anda sudah mendapatkan ponsel high end yang memiliki spesifikasi mumpuni.  Yuk cari tahu rekomendasi ponsel 8 jutaan yang bisa Anda jadikan referensi.

6 Rekomendasi Ponsel 8 Jutaan Terbaru Lengkap dengan Harga

Seiring berjalannya waktu spesifikasi ponsel dan fiturnya memang semakin bagus dan canggih dari hari ke hari. Kali ini akan dijelaskan rekomendasi ponsel 8 jutaan lengkap beserta spesifikasi dan harganya. Anda bisa memilih satu dari 6 rekomendasi ponsel di bawah ini:

1. Tecno Phantom Flip 5G

Ponsel pintar Tecno Phantom Flip 5G hadir dengan desain yang futuristik dan ramping. Ketika dilipat tampilannya sangat mungil sehingga bisa disimpan di kantong layaknya dompet. Layarnya LTPO AMOLED dengan ukuran 6,9 inchi dengan visual yang sangat keren. Dijual dengan harga murah meriah yaitu 7,9 juta selama promo dan 8,9 juta bandrol resminya.

2. Realme X50 Pro

Ponsel ini menggunakan layar AMOLED besar yang sudah didukung fitur HDR10+, sehingga ponsel ini sangat terang. Memiliki dual kamera 32MP dan 8MP dengan kualitas yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan hobi maupun selfie. 

Tidak hanya itu ponsel pintar ini dilengkapi speaker stereo yang mampu menghasilkan suara keras. Dari segi keamanan terdapat pembaca sidik jari yang sangat cepat. Realme X50 Pro dibanderol dengan harga  8,5 jutaan.

3. Oppo Reno 8 Pro 5G

Oppo menghadirkan ponsel dengan harga 8 jutaan, dengan kelebihan menarik berupa pembawaan chip Neural Processing Unit (NPU) yang dibuat Oppo sendiri, yakni MariSilicon X. Mampu menghasilkan foto atau video berkelas meskipun diambil saat minim cahaya. Baterai memiliki fitur fast charging yang hanya membutuhkan 30 menit saja untuk pengecasan 100% dari posisi kosong.

4. iPhone 11

Ponsel iPhone 11 juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang memiliki budget 8 juta. Anda akan mendapatkan ponsel bertenaga A13 Bionic yang sangat kuat. HP ini juga mengusung dual kamera belakang 12 MP yang mampu membuat foto bokeh dan malam hari dengan sangat handal.

5. Samsung Galaxy S22 5G

Desainnya ramping menjadi daya tarik utama dari Samsung Galaxy S22 5G, disamping ketahanannya terhadap air yang tidak dimiliki ponsel lain. Samsung membekalinya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 gen 1, sehingga mampu melakukan tugas yang komplek dengan gesit. Kelemahannya terletak pada kapasitas baterai yang hanya 3700 mAH, sehingga kamu membutuhkan PowerBank atau charger jika bepergian jauh.

6. Xiaomi Black Shark 4

Terakhir ada ponsel dari Xiaomi yang sudah dilengkapi dengan layar OLED 144Hz yang cerah karena didukung HDR10+. Dari segi audio, telah dilengkapi dengan speaker stereo sehingga memiliki suara yang terdengar sangat bagus. Ponsel yang dijual dengan harga 8 jutaan ini didukung dengan fitur pengisian baterai fast charging.

Baca juga : Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Apakah ulasan rekomendasi ponsel 8 jutaan di atas cukup membantu Anda? Semua produk di atas bisa Anda jadikan pilihan karena memiliki spesifikasi yang sama bagusnya dan harga yang beda tipis saja. Bagi Anda yang sudah menyiapkan budget 8 juta, bisa memilih satu diantara 6 referensi ponsel di atas.

Bagi Anda yang menyukai ponsel dengan desain futuristik dan ramping, maka Tecno Phantom Flip adalah pilihan paling tepat. Bingung dimana Anda akan membelinya? Dapatkan ponsel terbaru Tecno Phantom Flip 5G hanya di Blibli. Banyak penawaran harga menarik untuk mendapatkan ponsel terbaru bagi Anda yang memiliki budget 8 jutaan, hanya di Blibli.

Continue Reading

Tech

Apa itu WhatsApp GB: Fitur, Kelebihan, dan Cara Download

Published

on

WA GB telah meluncurkan versi terbaru, yakni WA GB 2024 yang amat di nanti oleh para penggunanya. WhatsApp GB terbaru memiliki berbagai fitur & fungsionalitas tambahan. 

Apa Itu WhatsApp GB?

Apakah singkatan dari WA GB? Aplikasi MOD pesan instan ini memiliki kepanjangan dari WhatsApp Gold Blue. Pasti banyak yang mendengarkan aplikasi WA MOD, dan WA MOD itu seperti apa? Merupakan aplikasi modifikasi yang dikembangakan pihak ketiga. 

Fitur-fitur yang ada di dalamnya berbeda dengan WhatsApp reguler yang umum digunakan banyak orang. Walaupun WhatsApp GB juga banyak digunakan banyak orang di dunia, tapi dibandingkan dengan yang reguler lebih banyak yang menggunakan. 

Apa itu WA GB mod? WhatsApp MOD atau modifikasi adalah aplikasi pesan instan digital yang dimodifikasi fiturnya. Sedangkan GB WhatsApp adalah salah satu aplikasi modifikasi dari WhatsApp. Karena selain aplikasi WA GB ada juga WhatsApp m.

Jadi, apa yang dimaksud dengan WhatsApp GB? Karena WhatsApp GB mempunyai banyak fitur modifikasi yang tidak didapatkan di WA biasa. 

GB WA 2023 dan 2024 tidak akan ada tandingannya dengan aplikasi MOD. Dan, merupakan versi apk 13.50, pro v 14.50, dan merupakan versi update v17.30 untuk keluaran tahun 2024. Jangan sampai komunikasi kamu terhambat! Segera update ke versi terbaru.

Fakta WhatsApp GB

Ada beberapa fakta mengenai WA GB yang mungkin sering disalah pahami oleh banyak orang. Bagi kamu yang bertanya apakah WhatsApp GB aman untuk digunakan? Dari membaca sejumlah fakta ini mungkin akan menemukan jawabannya. 

1. Aplikasi Kembangan Pihak Ketiga

Siapa yang buat WA GB? Sebenarnya bukan produk dari WhatsApp inc. walaupun namanya adalah WhatsApp. Akan tetapi, aplikasi kirim pesan ini dikembangkan oleh pihak ketiga buatan Meta grup perusahaan Amerika.

Dilansir dari berbagai sumber, WA MOD GB tersebut dikembangkan oleh anggota senior XDA Developer. Oleh karena itu, beberapa fitur dari WA GB pro berbeda dengan WhatsApp reguler. Karena terdapat beberapa kustomisasi yang tinggi.

2. Tidak Bisa Ditemukan di Play Store dan AppStore

Apa nama WA GB di play store? Bagi kamu yang ingin download WhatsApp GB, jangan mencari di Play Store bagi pengguna Android dan AppStore untuk iOS. Aplikasi tersebut tidak bisa ditemukan di Play Store maupun AppStore. 

Karena GB WhatsApp hanya dapat di download melalui link GB WhatsApp android dan link GB WhatsApp ios. Karena aplikasi tersebut merupakan hasil dari modifikasi dan merupakan aplikasi illegal. 

3. Hanya Bisa Diunduh Lewat Link Website

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, WA GB hanya bisa diunduh atau di download melalui link. GB WhatsApp download lewat link dari website di mana nantinya aplikasi bisa terunduh. Setelah itu, tinggal melakukan penginstalan saja.

Download GB WA bisa melalui beberapa situs tanpa iklan dan tanpa kadaluarsa. Karena ada beberapa aplikasi ditemui ada iklannya apalagi ada masa kadaluarsa bahkan kena banned. Tapi tetap bisa didownload lewat situs website resmi.

4. Banyak Fitur Modifikasi

Apa manfaatnya WA GB? Yakni memiliki banyak fitur yang tidak akan didapati di WA reguler ataupun WA Business. Itu juga yang menjadi jawaban mengapa orang pakai WhatsApp GB karena banyak fitur yang unik dan menarik.

Tidak jarang pula aplikasi WA GB sering dipakai untuk memata-matai pasangan karena keunggulan fitur dari aplikasi WhatsApp GB ini. Seperti fitur mengubah tema dan ikon, menghilangkan status, dan juga fitur DND (don’t not disturb) yang tidak ada di WA.

5. Risiko Hack dan Banned

Ada beberapa resiko yang didapatkan jika download WhatsApp GB apk melalui beberapa situs website. Selain itu, penggunaan WA GB lama berisiko terkena malware dan spyware karena percakapan tidak dilindungi enkripsi end-to-end

Menggunakan WA GB bisa terkena risiko pembobolan akun atau terkena hack. Untuk itu, perlu meningkatkan WhatsApp GB yang aman dan juga memilih aplikasi yang anti ban. Karena hal tersebut bisa terjadi karena download old version, jadi harus selalu di update versinya.

Apa Bedanya WhatsApp GB dan WhatsApp Biasa?

Selanjutnya, yang menjadi banyak pertanyaan bagi para pengguna smartphone, yakni apa bedanya WA GB dan WA biasa? Karena tampilan dan fungsinya itu sama seperti WhatsApp biasa. Lalu apa saja bedanya dengan WhatsApp MOD GB, yuk simak!

1. Perbedaan Dari Pengertiannya

Perbedaan WA GB dan biasa bisa dilihat dari pengertian kedua aplikasi tersebut. Aplikasi WhatsApp GB itu yang mana? Merupakan aplikasi klon hasil modifikasi dari WhatsApp. Sedangkan WhatsApp adalah aplikasi resmi yang dirilis secara global milik Meta Platform.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa WA GB kembangan aplikasi yang dibuat oleh Meta group perusahaan Amerika. WA biasa dirilis di tahun 2009 sedangkan GB WA baru muncul di tahun 2014 dan menjadi aplikasi tiruan dari versi resmi.

Jadi, apakah WA GB itu resmi? Aplikasi tersebut termasuk aplikasi tiruan versi MOD dari aplikasi resmi dan tergolong aplikasi illegal. Sehingga dalam penggunaanya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

2. Perbedaan Dari Fitur

Meski tampilan interface sama, akan tetapi jika dilihat lebih lagi, terdapat fitur yang berbeda dari WhatsApp biasa. Ada apa dengan WA GB sekarang? Muncul dengan berbagai fitur baru dan lebih unggul daripada WA biasa. 

Aplikasi WA GB mempunyai fitur-fitur yang tidak dimiliki WA biasa sehingga menjadi hal yang mencolok. Akun WhatsApp GB bisa digunakan lebih dari satu akun, dan memungkinkan pengguna melihat pesan yang dihapus, juga fitur lainnya.

Akan tetapi, fitur-fitur yang ada di WhatsApp GB memanglah tidak resmi dan melanggar privasi orang lain. Oleh karena itu, sampai saat ini meskipun GB WhatsApp update sudah ada, masih saja muncul kontra. 

3. Perbedaan Fitur Keamanan

Telah disebutkan bahwa WA GB pesan chatting tidak terenkripsi secara end-to-end. Sedangkan WhatsApp GB tersedia fitur enkripsi secara end-to-end ini jadi tidak akan rentan terkena malware maupun spyware. Namanya juga WhatsApp GB clone dari WA, biasa jadi wajar saja.

Apa efek memakai WA GB? Karena bukan aplikasi resmi sehingga rentan dengan pencurian data atau spyware dan juga berisiko merusak perangkat. Malware ini dibuat memang untuk merusak perangkat lunak (software) sehingga merusak HP.

4. Perbedaan Cara Mendownload

WhatsApp biasa bisa diunduh dengan mudah dan langsung bisa digunakan melalui Playstore atau AppStore untuk iOS. Sedangkan WA GB hanya bisa didownload melalui link GB WhatsApp android dan iphone yang bisa ditemui di website.

Ketika selesai mengunduh WhatsApp GB harus diinstall sendiri sedangkan WA biasa tidak perlu. Penggunaanya pun gampang untuk segala sistem operasi, karena WA GB untuk tiap sistem operasi memiliki link download GB WhatsAapp pro yang berbeda.

5. Perbedaan Multi OS

Aplikasi WhatsApp GB tidak bisa multi OS seperti yang telah disinggung sebelumnya. Untuk bisa mengunduh ada link tersendiri bagi sistem operasi HP yang berbeda, seperti Android dan iOS. Sedangkan WA biasa tidak akan sulit untuk ditemukan.

WA biasa bisa diunduh APK download seperti Playstore dan AppStore untuk pengguna iOS. Karena WA GB belum tentu bisa diakses di iOS dengan satu link yang sama, juga merupakan aplikasi tidak resmi dari WA.

Fitur di WhatsApp GB dan Fitur Barunya

Seperti yang sudah kamu ketahui kalau WA GB punya fitur yang mencolok dan berbeda dari WA biasa. Selain itu, luncuran terbaru 2023 dan 2024 nantinya banyak fitur yang lebih baru dari versi sebelumnya. Fitur apa saja yang ada di WhatsApp GB? Kita simak yuk fitur apknya!

1. Fitur Baru Manajemen Obrolan

Fitur yang mencolok dari WA GB yakni sistem manajemen obrolannya yang tidak dimiliki WA biasa. Ada beberapa hal yang bisa didapati dari manajemen obrolan yang ada di WhatsApp GB ini, yakni:

  • Melihat pesan asli sebelum diedit.
  • Centang biru tersembunyi dengan tandai sudah dibaca.
  • Indikator ikon yang diedit bisa dengan cepat melihat pesan yang sudah diedit.
  • Menyimpan pesan dan melihat kembali pesan video.
  • Menyembunyikan ikon putar catatan suara atau catatan video.

Pesan WhatsApp GB yang dihapus bisa dilihat lagi. Melalui manajemen obrolan tersebut kamu tetap bisa melihat pesan yang sudah dihapus. Kamu bisa membuat pesan video cepat dan juga mengirim media dengan kualitas HD secara massal. 

Beberapa fitur tadi tidak tersedia di WA biasa, jika pesan terhapus di WA biasa tidak akan bisa terbaca. Dan, untuk mengirim foto dan video HD secara banyak di WA biasa juga tidak bisa didapatkan. Inilah keunggulan dari aplikasi versi mod.

2. Terdapat Mode DND

Mengapa orang pakai WA GB? Karena terdapat mode DND (do not disturb). Mode DND adalah mode menonaktifkan notifikasi apapun  dari WA GB. Karena kadang kala notifikasi chat dari group ataupun pesan pribadi sangat mengganggu waktu istirahat.

Mode tersebut bisa diaktifkan ketika kamu butuh waktu untuk beristirahat atau untuk fokus agar tidak terganggu dengan notifikasi WA. Jadi, kamu tidak akan menerima notifikasi baik chat, telpon atau video call. Bahkan tidak akan muncul notif pop up juga.

Fitur DND akan cocok untuk kamu yang tidak begitu suka dengan ramainya notifikasi chat. Dan, fitur ini tidak ditemui di WA biasa, karena WA biasa hanya bisa membisukan notifikasi kontak atau grup satu-persatu. Hal itu akan membuang waktu jika ingin membisukan semua.

3. Pesan yang Terkirim Tidak Bisa Terhapus

Kamu sering merasa jengkel dengan orang yang mengirim chat tapi belum dibaca sudah dihapus duluan? Menggunakan WA GB pro update nantinya pesan yang sudah diterima tidak bisa dihapus oleh pengirim. Cukup canggih bukan?

Fitur ini tidak didapati di WA biasa, itu juga yang menjadikan banyak orang beralih menggunakan WhatsApp GB. Karena dengan fitur yang dikustomisasi tinggi ini memudahkan keberlangsungan komunikasi via digital.

Mungkin saja pengirim pada perangkat si pengirim pesan terlihat sudah dihapus padahal tidak bisa terhapus. Fitur ini bisa juga digunakan untuk memata-matai gerak-gerik orang yang sedang iseng atau salah mengirim.

4. Perbaikan Bug dan Peningkatan Umum

Kenapa WA GB tidak bisa diinstal? Kemungkinan karena beberapa orang mendownload versi lama. Versi terbaru 2024 dari WA GB ini memiliki beberapa perbaikan bug dan juga peningkatan umum dari fitur aplikasinya. 

Apa yang menyebabkan aplikasi tidak terpasang? Mungkin pada versi sebelumnya ditemui banyak permasalahan. Baik dari segi fitur dan juga beberapa fungsi terkait dengan pengaturan umum dari aplikasinya. 

Bagaimana cara mengatasi GB WhatsApp? Yakni dengan mengunduh versi terbaru. Adapun perbaikan bug dan peningkatan umumnya, sebagai berikut:

  1. Perbaikan tampilan obrolan tersembunyi yang muncul di pintasan aplikasi.
  2. Perbaikan tampilan panggilan dan catatan suara.
  3. Perbaikan gangguan fungsi admin grup di aplikasi WhatsApp GB.
  4. Peningkatan pencarian dan pencadangan lokal harian chat di GB WhatsApp.
  5. Peningkatan beberapa bug umum dan peningkatan kinerja fitur.

5. Pengaturan Tema Tampilan yang Unik

Tidak seperti WA biasa, fitur satu ini dapat mengatur tema dari WA GB bukan hanya wallpaper. Adanya fitur tersebut akan membuat kamu tidak merasa bosan dengan tampilan interface yang itu-itu saja. Kamu bisa mengunduh tema atau membuatnya sendiri loh!

Tema-tema tersebut bisa diunduh melalui situs website dengan mengunduh file apk tersebut. Kamu bisa menemukan banyak macam tema dengan pilihan ikon yang bermacam-macam di beberapa situs website. Cara memasangnya pun gampang:

  1. Mengunduh tema di situs browser sesuai dengan keinginan.
  2. Kemudian klik pada opsi menu atau titik tiga di pojok kanan, akan muncul opsi menu.
  3. Selanjutnya, pilih menu GB Setting dan kemudian pada menu Themes pilih “Download themes.”
  4. Tema yang sudah diunduh tadi akan muncul di pilihan tema-tema unduhan lain, pilih mana yang mau dipakai.
  5. Klik “Apply” untuk tema yang dipilih dan klik Ok untuk melakukan restart karena memasang tema baru.

6. Fitur Kirim Foto HD Secara Massal

Sedikit disinggung sebelumnya, di WA GB tidak perlu ribet lagi untuk mengirim foto atau video HD yang banyak. Di sana kamu bisa mengirim foto dan video dengan kualitas HD secara massal, hanya satu kali klik saja.

Umumnya di WA biasa tidak bisa langsung sekaligus banyak untuk foto dan video HD, perlu diubah satu-satu. Hal itu tentu memakan banyak waktu, adanya fitur ini sangat mudah tanpa mengurangi kualitas foto yang hendak dikirim.

7. Tetap Bisa Melihat Status Diprivasi dan Status Dihapus

Apakah orang yang memakai WA GB bisa melihat status yang di privasi? Liciknya aplikasi WA GB tetap bisa melihat status pengguna lain yang diprivasi. Selain itu, kamu juga tetap bisa melihat status orang yang sudah dihapus dari SW mereka. 

Sedangkan untuk aplikasi WA biasa kita tetap tidak bisa melihat status yang diprivasi apalagi yang sudah dihapus. Para pengguna WhatsApp GB tidak perlu khawatir tertinggal momen penting yang diunggah kontak lain. Fitur inilah yang disukai oleh banyak orang.

Tapi tetap ya, apakah WhatsApp GB bisa diblokir? Tetap bisa diblokir oleh orang lain. Dan apabila kontak tersebut tidak menyimpan nomor WhatsApp GB kamu maka kamu tidak bisa melihat statusnya. 

8. Menyimpan Status WA

Di WA biasa kamu hanya bisa melihat dan membalas status WA saja, tidak ada fitur untuk menyimpan status WA. Lain halnya dengan WA GB terdapat fitur pendukung untuk mengunduh status WA atau SW. 

Jadi, jika kamu tertarik untuk mengunduh SW dari kontak pengguna lain. Apakah WhatsApp GB bisa di update? Selalu ada update versi dari WhatsApp GB dan ada fitur untuk mengunduh SW. Inilah keunggulan dari fitur di dalam aplikasi WA GB. 

Adanya kecanggihan tersebut, kamu tidak perlu susah-susah lagi meminta tolong untuk mengirimi video atau foto SW tersebut. Kemudahan ini menjadikan waktu sangat efektif. 

9. Menonaktifkan Centang Biru

Mungkin jika menggunakan WA regular kamu tetap bisa mematikan centang biru atau tanda baca. Sehingga yang terlihat hanyalah centan ganda abu-abu saja padahal sudah dibaca. Akan tetapi di WA GB bisa mematikan semua centang biru.

Berapa MB WA GB? Hanya sebesar 42.7 MB dan kamu bisa menikmati fitur canggih dari WhatsApp GB menyembunyikan centang biru. Hal ini akan sangat mudah dilakukan dengan aplikasi tersebut untuk menyembunyikan centang biru.

Nantinya yang disembunyikan baik centang ganda, centang biru ganda tanda pesan dibaca atau centang ganda tanda terkirim. Pada kontak lain yang terlihat hanya centang satu saja, namun kamu tetap bisa membalasnya. Tidak jarang fitur ini digunakan untuk memata-matai.

10. Mengirimkan Pesan Otomatis

Mengirim pesan otomatis umumnya tidak bisa dilakukan di WA biasa dan hanya bisa untuk WA business. Menggunakan WA GB bisa untuk mengirimkan pesan otomatis. Bagaimana cara menggunakan WhatsApp GB version 2023? Cukup gampang!

  1. Buka aplikasinya, dan klik menu opsi pada titik tiga di pojok kanan.
  2. Selanjutnya, akan muncul opsi menu, pilih menu “Pesan Otomatis.”
  3. Nantinya, akan masuk pada pengaturan pesan otomatis, lalu pastikan kamu sudah memencet aktifkan pesan otomatis.
  4. Selanjutnya, klik “Atur Pesan Otomatis” untuk mengatur pesan apa yang hendak dituliskan dan akan dikirim otomatis pada kontak yang mengirimkan pesan.
  5. Berikutnya, atur waktu dan juga kontak siapa saja yang bisa menerima pesan otomatis ini.
  6. Kamu bisa memilih beberapa kontak sekaligus atau memilih grup WA tertentu.
  7. Terakhir jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tadi.

Kamu bisa mematikan kembali fitur tersebut, dan juga bisa mengaktifkan fitur liburan agar nanti yang mengirimkan pesan mendapatkan pesan otomatis. Selain itu, fitur ini bisa mengabaikan semua pesan yang masuk dengan mengirimkan pesan otomatis.

11. Efek dan Animasi yang Unik

Tentu saja akan sangat boring untuk tampilan tema, efek dan animasi yang biasa saja seperti di WA reguler. Kamu bisa menikmati uniknya efek dan animasi yang bisa dikustomisasi sendiri di WhatsApp GB. 

Ada beberapa efek yang berisikan emoji yang bisa timbul dan menonjol ketika kamu mengirimkan pesan. Selain itu, ada animasi khusus yang bisa membuat orang lain yang melihat merasakan emoji tersebut. Fitur ini sangat unik dan menjadi daya tarik.

Efek dan animasi pada WhatsApp GB bisa diunduh juga di beberapa situs di website. Kamu bisa mengeditnya sendiri jika ingin. Berkomunikasi tetap lancar dan tidak bosan dengan tampilan yang basic

12. Mengirimkan Lokasi Langsung

Fitur tersebut memang juga tersedia di WA biasa, tapi di WA GB bisa dikirimkan dalam satu kali ketuk. Fitur tersebut sangat membantu kamu saat perlu untuk mengirimkan lokasi terkini kepada teman tanpa harus menyesuaikannya dengan Maps.

Fitur satu kali ketuk ini adalah hasil penyederhanaan dari fitur yang ada di WA reguler. Kamu bisa berbagi lokasi di mana pun kamu berada, tapi pastikan bahwa GPS sudah aktif. Pembaruan ini sungguh memudahkan kita dalam berinteraksi bukan?

13. Memungkinkan Menggunakan Log Panggilan HP

WA GB memungkinkan untuk kamu bisa menggunakan dan melihat log panggilan dari perangkat HP. Jadi bukan hanya riwayat log yang ada di WA saja, tapi riwayat panggilan itu berasal dari perangkat. 

Penggunaan log panggilan telepon dari HP memudahkan untuk melihat kontak yang kerap dipanggil. Adanya fitur tambahan tersebut menambah pengalaman dalam penggunaan aplikasi modifikasi WhatsApp GB. 

14. Pilihan Bahasa

Pada versi apk MOD WA terbaru ini kamu bisa memilih berbagai bahasa, bukan hanya Indonesia dan Bahasa Inggris. Tersedia pilihan bahasa dunia, seperti bahasa Hindi, Thailand, Prancis, Vietnam, Jerman, Jepang dan masih banyak lainnya. 

Fitur bahasa ini memudahkan pengguna dari luar negeri yang ingin mengunduh apk WhatsApp GB. Tinggal mengatur di pengaturan bahasa pada aplikasinya. Fitur yang sangat inovatif bukan?

15. Menyematkan Obrolan  dan Akan Muncul di Pencarian

Jika kamu merasa sering melakukan chatting dengan beberapa kontak atau ada grup penting di WA GB bisa menyematkannya. Walaupun di WA regular juga bisa, tapi chat yang disematkan ini tidak bisa dibawa ke layar depan HP.

Ketika chat disematkan di layar beranda HP akan terlihat seperti ikon, jadi nanti kamu bisa langsung tahu ada chat masuk atau tidak. Nantinya kontak atau grup yang disematkan akan muncul di pencarian pertama ketika kamu memencet ikon pencarian. 

Pastinya tidak ingin mencari berulang kali atau repot-repot untuk scrolling sampai chat paling bawah untuk menemukan kontak yang ingin di chat. Adanya fitur ini sangat memudahkan kamu, kontak yang sering kamu hubungi juga bisa muncul di pencarian pertama.

Cara Mengunduh WhatsApp GB Tanpa Kadaluarsa

Apakah WA GB termasuk WA mod? Karena termasuk dalam aplikasi MOD maka WA GB bisa kadaluarsa bahkan terkena banned. Aplikasi MOD itu apa? versi mod adalah aplikasi modifikasi yang mana sudah diatur dan dikembangkan fiturnya oleh pihak ketiga. 

Kita tidak bisa mendownload ataupun mencari apk WA GB Play Store. Lalu, di mana kita bisa download WhatsApp GB? Yakni melalui beberapa link berikut ini!

  1. Download WA GB
  2. Download GB WhatsApp Pro

Kumpulan link tersebut merupakan download file apk WA GB. Tidak perlu berlangganan, tanpa ada iklan di aplikasinya, anti banned, anti kadaluarsa, dan yang penting free download. Gimana caranya download WhatsApp GB? Gampang saja, tinggal pilih dan klik link di atas!Nikmati fitur-fitur baru dari WA GB, kamu tidak usah lagi ragu untuk mengunduh karena semua apk tersebut tanpa kadaluarsa. Gimana cara download WA GB di iphone? Caranya sama saja, klik link lalu tinggal install.

Continue Reading

Hobby

5 Cara Mengedit Video di Laptop Dengan Cepat

Published

on

cara mengedit video di laptop

Media selalu berevolusi dan datang dalam berbagai bentuk. Jika dulunya yang trending adalah foto, maka sekarang ada yang baru yaitu video. Pasti teman teman sudah tidak asing lagi dengan media berbentuk video. Akan tetapi hanya sedikit orang yang pandai mengetahui cara mengedit video di laptop.

Kemampuan untuk mengedit video di laptop sangat dibutuhkan. Terutama dalam dunia bisnis dan konten marketing, ada banyak sekali konten seputar video. Ternyata mengedit video ini tidak susah kok. Mungkin akan sulit bagi anda yang masih belum terlalu pernah terjun ke dunia edit atau videografi. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Mengunduh Aplikasi Untuk Mengedit Video di Laptop

Aplikasi untuk edit video diperlukan sebelum bisa mengedit video. Salah satu rekomendasi terbaik kami adalah mengedit video melalui aplikasi Premiere Pro. Kami akan membahas tuntas semuanya mengenai cara mengedit di laptop dengan menggunakan premiere pro.

Mengunduh aplikasi ini bisa dilakukan secara resmi dan non resmi. Cara resminya saja mudah, karena anda bisa langsung mengunjungi situs resmi dari adobe premiere pro. Tetapi ini akan mengharuskan anda untuk membayar aplikasi supaya bisa digunakan.

Cara alternatifnya adalah dengan membajak aplikasi premiere pro. Anda bisa mendownload uTorrent kemudian download juga torrent dari website online. Dapatkan aplikasi premiere pro anda secara gratis menggunakan cara ini. Sehingga mengedit video di laptop pun tidak perlu berbayar. Download dan install aplikasi secara cepat.

Mengenal Fitur dan Tombol Premiere Pro

Fitur di premiere pro dimulai dengan memahami beberapa tombol. Anda bisa melihat setiap tombol dengan mengarahkan kursor diatas tombol. Tetapi jangan ditekan ya, soalnya informasi akan segera muncul. Pahami setiap tombol yang ada di premiere pro. Berikut adalah semua tombol yang penting untuk diketahui untuk mengenal cara mengedit video di laptop:

  • Cut
  • Loop
  • Multicam Button
  • Default Cursor
  • Insert
  • Toggle Proxies

Cara Mengedit Video di Laptop:

Sekarang adalah saatnya kita membahas tata cara mengedit video di laptop. Anda sudah selesai merekam dan mendapatkan file mentahnya. Pindahkan file mp4 atau file video serupa ke dalam perangkat anda. Ini akan mempermudah proses pengeditan dan juga untuk menghindari file untuk korup.

1. Import File ke Dalam Aplikasi Editing

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi untuk mengedit video yang lainnya. Jika anda menggunakan aplikasi seperti Movie Editor, Filmora, Final Cut Pro, dan lain lain pun akan tetap sama. Import file ke dalam aplikasi supaya anda bisa memindahkan.

2. Menyusun File dan Mengatur File MP4

File yang di import harus disusun dengan rapi. Penyusunan file mengambil beberapa menit saja kok. Sedikit penyusunan di awal akan menghemat waktu yang banyak nantinya. Kumpulkan konten sesuai dengan bagian atau adegan. Anda bisa memasukkan beberapa jumlah file ke dalam satu folder. Sehingga file bisa dengan mudah dicari apabile dibutuhkan nantinya.

3. Menaruh File Video Pada Sequence

Bagian terpenting pada pengeditan video adalah memasukkan video ke dalam sequence. Sequence adalah istilah yang digunakan sebagai stasiun kerja utama. Di dalam sequence, anda bisa mengubah urutan, memasukkan audio baru, dan lain lainnya.

Sequence terletak dibawah tampilan utama video. Dibagian ini, anda dapat mengedit dan menyusun video sesuai dengan urutan yang diinginkan. Pasti anda sudah sering melihat adegan adegan di dalam film bukan? Semuanya juga diedit menggunakan sequence tertentu.

Susun video mentah anda sesuai dengan urutan yang anda inginkan. Sambil mengedit, gunakan efek untuk menarik perhatian para penonton. Jika suka menonton film, maka anda sudah tidak asing lagi dengan efek atau transisi. Transisi ini hanya membutuhkan satu tekanan tombol saja kok. Pilih transisi yang sesuai dengan apa yang anda cari. Contohnya adalah seperti transisi, fade, cross slide, dan lain lain. Transisi dijamin akan membuat video anda jauh lebih keren lagi.

Ada banyak lagi hal lain yang bisa anda lakukan di sequence. Kami akan menyebutkan beberapa hal tersebut berikut ini:

Menambah Musik di Sequence

Setiap video akan jauh lebih menarik apabila ada sedikit musik. Kalau soal musik sih anda tinggal perlu menarik audio yang diinginkan dan tempelkan ke dalam sequence. Potong bagian bagian yang tidak diinginkan kemudian atur juga volume.

Menambah Efek di Sequence

Penambahan efek bisa dilakukan melalui sebuah panel effects. Beberapa efek yang mungkin anda inginkan adalah seperti filter zaman dahulu. Cari saja apa pun efek yang anda butuhkan. Bila perlu, cari efek di internet dan download template tambahan.

Tarik efek tersebut ke video yang anda inginkan. Tekan tombol preview supaya bisa melihat hasil efek kembali. Jika tidak sesuai, maka anda bisa mengatur kembali konsentrasi dari efek yang ingin digunakan.

Memasukkan Teks ke Dalam Video

Teks adalah bagian terakhir yang dimasukkan ke sebuah video. Ada dua jenis teks yang biasanya digunakan oleh para editor. Jenis teks yang pertama adalah subtitle. Teks ini diletakkan dibagian bawah oleh setiap adegan. Tujuannya adalah untuk memperjelas setiap adegan supaya bisa dimengerti ketika tidak terdengar dengan jelas.

Kesimpulan

Berikut adalah panduan lengkap dan singkat mengenai cara mengedit video di laptop. Aplikasi utama yang kami gunakan di tutorial hari ini memanglah Adobe Premiere Pro. Namun ada banyak jenis aplikasi lain yang dapat anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah seperti filmora, final cut pro, dan movie editor.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan hasil editan video terbaik. Semoga anda dapat terbantu dan mulai mengedit video anda sendiri.

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Konten Marketing di Era Digital

Continue Reading

Trending