Sosialisasi Sport Climbing, Keano Climbing Gelar Kompetisi Boulder

0
113
Sosialisasi Sport Climbing, Keano Climbing Gelar Kompetisi Boulder

Curup | Kabar gembira bagi pecinta olahraga panjat tebing se Sumbagsel, segera digelar kompetisi sport climbing kategori boulder, event ini diselenggarakan menyambut hari jadi Keano Climbing Club yang pertama.

Menurut Hendra Kumar, pemilik Keano Climbing sekaligus ketua panitia Keano Climbing Competition 2019 (KCC#1 2019) selain untuk memeriahkan hari jadi club juga bermaksud sebagai ajang silaturrahmi sesama pecinta dan penggiat olahraga sport climbing.

“Kita juga ingin mensosialisasikan olahraga ini secara luas, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dan aktif di masa yang akan datang, lagipula saat ini olahraga sport climbing kerap muncul di media elektronik karena prestasi-prestasi atlit Indonesia di kancah dunia, jadi event ini mencoba memberi gambaran kepada masyarakat apa itu sport climbing.” terangnya.

Masih menurut Hendra, Untuk regulasi, pembuat jalur dan teknis kompetisi mengacu pada pedoman kompetisi yang dikeluarkan oleh federasi panjat tebing, mengingat olahraga ini termasuk high risk, sehingga faktor keamanan dan keselamatan harus sesuai dengan standard yang ditetapkan.

“Kami di support oleh FPTI sehingga hasil kompetisi ini bisa menjadi acuan bagi semua pihak untuk pengembangan atlit dan olahraga sport climbing kedepan, sebagai bentuk kontribusi kami terhadap olahraga ini.” lanjutnya.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Rejang Lebong, Guntur Utama Jaya, SH melalui Sekretaris Umum Muhammad Adli mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh klub-klub yang ingin melaksanakan kompetisi sport climbing.

“Keano Climbing Club adalah salah satu dari beberapa klub yang teregister di FPTI Rejang Lebong, sudah menjadi kewajiban kami sebagai federasi untuk mensupport, memberikan saran masukan dan menurunkan team teknis, serta berkoordinasi ke pengurus provinsi demi kesuksesan hajat ini,” terang Adli.

Kompetisi yang mengkhususkan satu kategori pertandingan yaitu Boulder rencananya dilaksanakan pada 22 sampai 25 Agustus 2019 ini mempertandingkan 6 kelas yaitu, Umum (putra-putri), Youth (putra-putri) dan Kids (putra-putri). Dilaksanakan di Venue Boulder Indoor Legiun Utara, Rejang Lebong, Bengkulu.

Boulder sendiri adalah salah satu kategori dalam sport climbing dimana dalam peserta ditantang untuk menyelesaikan kesulitan di jalur pendek. Berbeda dengan dua kategori lain dimana peserta menggunakan perangkat keamanan dan tali, dalam boulder peserta tidak dibekali alat pengaman di tubuh sehingga tehnik dan skill peserta menjadi penentu. Untuk menghindari resiko cidera bila peserta terjatuh, disediakan matras (crashpad) yang cukup disekitar dinding.(a1)