Connect with us

Bisnis

Soft Selling Adalah, Kelebihan, dan Contoh

Published

on

Soft Selling Adalah

Pemilihan strategi dalam berbisnis harus dipikirkan secara matang supaya bisa bantu meningkatkan value brand dan prospek penjualan dalam jangka panjang. Seperti soft selling adalah salah satu strategi promosi yang dilakukan secara halus guna meningkatkan perhatian publik untuk menggunakan sebuah produk atau layanan jasa.

Di era digital ini, mungkin Anda sudah tidak begitu asing dengan istilah soft selling. Istilah ini terkenal sebagai teknik pemasaran atau promosi yang dilakukan dengan cara tidak terang-terangan. 

Anda pastinya pernah melihat sebuah kalimat iklan seperti “download sekarang juga!”, “beli sekarang dapat 2”, “daftarkan akun mu dan raih hadiahnya!” dan lainnya, Tiga contoh tersebut masuk ke dalam konsep promosi hard selling, di mana pemilik bisnis secara terang-terangan mengarahkan konsumen untuk melakukan sebuah “aksi”. Hm, namun bagaimana dengan konsep soft selling?

Penjelasan Apa Itu Soft Selling

Untuk Anda ketahui, soft selling adalah suatu pendekatan di dalam pemasaran atau promosi yang berfokus pada rayuan atau bujukan secara halus dengan bahasa yang santai. Strategi promosi halus ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman penjualan yang berkesan untuk para target konsumen secara emosional dan umumnya dalam jangka panjang. 

Walaupun soft selling tidak langsung meminta seseorang untuk melakukan sebuah aksi (membeli atau menggunakan) seperti hard selling, namun strategi tersebut bisa menjadi proses yang penting untuk meningkatkan nilai brand. Maka dari itu, promosi yang dilakukan secara halus ini harus dilengkapi dengan pengetahuan yang mendalam mengenai keunggulan produk atau layanan yang ditawarkan.

Kemudian, ketekunan dan pengetahuan tentang produk harus dipahami secara seimbang untuk disampaikan nantinya kepada publik. Sehingga soft selling kerap berhasil jika penyampaian informasi mengenai produk dilakukan dengan tenang dan nyaman, dan bisa menarik minat konsumen yang berkaitan dengan prospek produk. 

Sebagai contoh, suatu divisi pemasaran akan melakukan promosi untuk perusahaan yang memproduksi suplemen nutrisi. Maka soft selling-nya nanti bisa dilakukan dengan memberikan informasi mengenai kondisi jika manusia kekurangan nutrisi dan menjangkau konsumen untuk percaya bahwa mereka membutuhkan suplemen nutrisi tambahan.

Soft Selling Adalah

Apakah Soft Selling Adalah Strategi Marketing Terbaik?

Jika ditanya apakah soft selling adalah strategi terbaik di dalam marketing, maka jawaban kami bukan yang paling terbaik, namun memiliki kelebihan dibandingkan strategi hard selling. 

Pasalnya, promosi yang dilakukan secara halus ini lebih konsultatif (yang harus dipikirkan secara matang), sehingga tidak bisa secara terang-terangan membujuk para konsumen untuk membeli atau menggunakan sebuah produk/jasa. 

Sedangkan untuk hard selling, strategi ini lebih menonjolkan bahasa penjualan yang mendesak dan langsung. Strategi terang-terangan ini memang dirancang untuk membuat konsumen membeli barang atau jasa dalam jangka pendek. Cukup berbeda dengan strategi soft selling yang lebih condong mengevaluasi pilihan konsumen dan berpotensi menarik perhatian mereka dalam jangka panjang.

Hard selling masih dianggap sebagai strategi marketing yang agresif dan bertekanan tinggi sehingga tidak begitu disukai menurut beberapa pakar penjualan. Berbeda dengan soft selling yang justru lebih menarik konsumen dengan cara yang lebih halus dan tidak terburu-buru. Sehingga berpotensi membuat pelanggan lebih puas dan kembali lagi melakukan pembelian produk. 

Promosi yang dilakukan secara halus ini didasari oleh pengulangan ide, pesan, dan komunikasi hasil prospek penjualan yang diinginkan. Strategi ini pun cenderung lebih persuasif dan tidak mematikan calon konsumen.

Strategi soft selling cenderung menekankan kelebihan suatu produk atau jasa dan menarik emosi konsumen dengan menggunakan humor atau memunculkan ide yang relevan. 

Alasannya, keputusan untuk membeli sesuatu tergantung pada perasaan konsumen. Apabila mereka merasa telah akrab dengan sebuah produk atau jasa, maka mereka bisa menjadi konsumen tetap. 

Hal ini pun penting dipahami untuk membangun citra bisnis yang lebih baik lagi. Jadi, soft selling adalah strategi yang lebih melibatkan emosional konsumen. Meskipun memiliki kelebihan banyak, namun bukan berarti lebih baik dibandingkan hard selling karena harus disesuaikan lagi dengan kondisi bisnis di lapangan. 

Soft Selling Adalah

Contoh-Contoh Soft Selling

Untuk mengetahui informasi yang lebih mendalam, perhatikan beberapa contoh Press Release soft selling di bawah ini. 

1. Produk Minuman

Di era senja dan estetik, orang-orang banyak menyukai minuman kopi karena dianggap bisa memperbaiki mood yang lebih baik. Jika Anda sedang menjalani bisnis minuman ini, maka promosi halus yang bisa dilakukan adalah dengan menjelaskan manfaat dari kandungan yang ada di dalam kopi tersebut. 

Selain itu, informasikan juga mana menu kopi yang enak untuk diminum dingin atau panas. Sehingga nantinya orang-orang jadi lebih mudah memahami menu minuman yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

2. Produk Kecantikan

Yang satu ini, mungkin lebih mudah untuk Anda pahami. Orang-orang membeli produk kecantikan tidak asal karena produk tersebut langsung digunakan ke kulit. 

Maka dari itu, beberapa perusahaan kecantikan membuat soft selling dengan memberikan informasi manfaat bahan kandungan yang digunakan sehingga cocok digunakan untuk tipe kulit tertentu. Setelah itu, pahami juga cara diliput media online.

Kesimpulan

Jadi, soft selling adalah sebuah strategi marketing yang dilakukan dengan cara halus dan tidak terang-terangan. Dengan kata lain, strategi ini lebih mengutamakan kelebihan produk yang dijual sehingga membuat konsumen membelinya dalam jangka waktu panjang. 

Anda bisa memahami juga apa itu Public Relation yang sering memberikan informasi serupa,

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Bisnis

Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal? Disertai Contohnya

Published

on

identifikasi kebutuhan pasar lokal

Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal – Pasar lokal merupakan salah satu segmen yang sangat penting dalam dunia bisnis. Dalam rangka mencapai kesuksesan, penting bagi para pengusaha dan pelaku bisnis untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar lokal dengan baik.

Dengan memahami kebutuhan pasar lokal, pelaku bisnis dapat mengembangkan produk atau layanan yang tepat sasaran, meningkatkan daya saing, dan meraih keuntungan yang maksimal. Artikel ini akan membahas pentingnya identifikasi kebutuhan pasar lokal serta memberikan contoh-contoh yang relevan.

kesempatan kali, pembahasan prakarya dan kewirausahaan kelas 12 halaman 9. Adanya artikel identifikasi kebutuhan pasar lokal, pembahasan prakarya dan kewirausahaan kelas 12 halaman 9, akan dibahas secara rinci dan jelas, dilengkapi dengan beberapa informasi yang mendasari.

Mengenal Kebutuhan pada Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal beserta Contohnya!

Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal

Dilansir dari buku kemendikbud, berikut ini pembahasan lengkap mengenai identifikasi kebutuhan pasar lokal oleh desta wirnas, s.tp dan kawan-kawan.

1.  Kebutuhan: Alat Tulis Menulis

  • Produk atau ide: penggaris, pulpen, buku
  • Pasar sasaran: toko alat tulis kantor, koperasi sekolah,

2. Kebutuhan: Alat Perlengkapan Kucing

  • Produk atau ide: pakan kucing, tempat makan kucing, pasir kucing, shampo, dan mainan kucing
  • Pasar sasaran: toko hewan atau petshop

3.  Kebutuhan: Alat Bawa Raket Bulu Tangkis

  • Produk atau ide: tas khusus bulu tangkis
  • Pasar sasaran: koperasi sekolah, toko perlengkapan sekolah dan olahraga,

3.  Kebutuhan: Penyimpanan Alas Kaki

  • Produk atau ide: rak gantung
  • Pasar sasaran: toko plastic dan perlengkapan rumah tangga

 4. Kebutuhan: Alat Pembersih Lantai

  • Produk atau ide: pel dengan tangkai yang bisa dilipat
  • Pasar sasaran: toko peralatan rumah tangga

5.  Kebutuhan: Alat Pembawa Barang saat Bepergian

  • Produk atau ide: koper, tas besar
  • Pasar sasaran: toko tas, toko peralatan sekolah

6. Kebutuhan: Alat Tempat Makan

  • Produk atau ide: kotak plastik wadah makanan
  • Pasar sasaran: pasar, toko plastic dan peralatan rumah tangga

7. Kebutuhan: Kebutuhan Baju Muslim di Hari Raya Umat Islam

  • Produk atau ide: baju kokoh, jubah, hingga busana muslim yang sedang trend
  • Pasar sasaran: toko pakaian

8.  Kebutuhan: Alat untuk Mengambil Sesuatu yang Tinggi

  • Produk atau ide: tangga portable
  • Pasar sasaran: toko bangunan

Kesimpulan

Mengidentifikasi kebutuhan pasar lokal merupakan langkah penting dalam mengembangkan bisnis yang sukses. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen lokal, pelaku bisnis dapat mengembangkan produk atau layanan yang tepat sasaran, meningkatkan daya saing, dan meraih keuntungan yang maksimal.

Melalui strategi identifikasi yang tepat, seperti survei, analisis data pasar, dan observasi, pelaku bisnis dapat menggali peluang bisnis yang menguntungkan dan memenuhi kebutuhan pasar lokal. Contoh-contoh yang telah disebutkan di atas menunjukkan bagaimana kebutuhan pasar lokal dapat membantu pelaku bisnis menciptakan nilai tambah dan meraih kesuksesan dalam bisnis mereka.

Baca Juga: Salah Satu Contoh Dari Buku Nonfiksi Adalah

(Upy/G)

Continue Reading

Bisnis

Rekomendasi Software ERP untuk Tingkatkan Strategi Bundling Bisnis Anda

Published

on

Rekomendasi Software ERP untuk Tingkatkan Strategi Bundling Bisnis Anda

Kinerja pengimplementasian bundling bisnis perusahaan sangat ditentukan oleh berbagai aspek, salah satunya adalah efektivitas komponen pendukungnya.

Komponen pendukung yang dimaksud pun cukup beragam mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga perangkat. Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai perangkat pendukung teknik bundling bisnis yaitu software ERP.

Selain itu, untuk memperkaya pengetahuan Anda. Di artikel kali ini pun akan membahas mengenai pengertian bundling dan software ERP, beserta rekomendasi software ERP yang cocok untuk bisnis perusahaan Anda dalam menerapkan teknik bundling

Simak dan pahami secara saksama penjelasan pada artikel di bawah ini, ya!

Pengertian Bundling dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, teknik bundling terbilang cukup diminati untuk diterapkan pada berbagai sektor industri. 

Bundling sendiri merupakan sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang bermakna ‘menggabungkan’. 

Secara menyeluruh, bundling adalah suatu teknik bisnis yang menggabungkan beberapa produk, di mana serangkaian produk tersebut akan dijual menjadi satu unit dengan satu harga. Umumnya teknik bundling juga diterapkan bersamaan dengan pemberian diskon atau promo tertentu, guna semakin meningkatkan minat pelanggan terhadap suatu produk.

Di Indonesia, teknik bundling sudah diterapkan oleh berbagai merk produk terkenal mulai dari McDonald’s, KFC, Alfamart, Indomaret, J’CO, Starbucks, dan masih banyak lagi. Strategi bundling cenderung diimplementasikan dalam bisnis yang bergerak pada sektor F&B dan e-commerce.

Mengupas Apa Itu Software ERP

Software ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan suatu perangkat lunak yang dimodifikasi secara khusus untuk menunjang sekaligus meningkatkan performa bisnis para penggunanya.

Software ERP dewasa ini umumnya sudah dilengkapi oleh berbagai fitur maupun sistem canggih, yang mampu meningkatkan efektivitas efisiensi dari perangkat tersebut. Misalnya, software ERP masa kini sudah dibekali oleh sistem terotomatisasi dan terintegrasi sehingga proses pengoperasian perangkat bisa dilaksanakan secara mudah oleh penggunanya. 

Software ERP saat ini pun sudah mencakup berbagai aspek operasional bisnis suatu perusahaan, seperti pengadaan, akuntansi, manajemen proyek, manajemen aset, pemasaran, distribusi, manufaktur, dan lain sebagainya.

Daftar Rekomendasi Software ERP untuk Bundling Bisnis Anda

Sebagai rekomendasi bagi bisnis perusahaan Anda. Berikut adalah daftar software ERP yang dinilai mampu meningkatkan efektivitas teknik bundling bisnis Anda.

1. RedERP

Rekomendasi Software ERP - red erp

RedERP adalah penyedia layanan software ERP ternama di Indonesia. 

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, mulai dari kelengkapan fitur hingga kemutakhiran sistem yang tersedia. Software ERP RedERP mampu menjamin kinerja maupun performa teknik bundling bisnis Anda. 

Software ERP RedERP sendiri cocok diterapkan oleh industri dari berbagai latar belakang berbeda mulai dari manufaktur, distributor, retail, F&B, garment, hingga e-commerce.

Terkait bundling, Anda bisa memanfaatkan fitur Customer Relationship Management (CRM) yang tersedia dalam software ERP RedERP untuk memaksimalkan proses ataupun outcome teknik bisnis perusahaan Anda tersebut. Software ERP RedERP juga tergolong fleksibel, karena bisa diakses melalui perangkat aplikasi maupun website.

Keunggulan lainnya, software ERP RedERP pun sudah terintegrasi dan terotomatisasi dengan sangat baik. Sehingga dapat dipastikan, pengalaman pengguna dalam menjalankan perangkat RedERP terbilang efisien dan efektif.

2. Oracle ERP

Oracle ERP merupakan penyedia aplikasi ERP berbasis aplikasi dan website, serta menawarkan berbagai modul seperti  keuangan, distribusi, manajemen proyek, dan masih banyak lagi.

Oracle ERP pun tergolong sebagai penyedia layanan ERP yang sudah berpengalaman. Di mana telah membantu banyak perusahaan global dalam mencapai kesuksesan bisnisnya masing-masing.

3. SAP Business ONE

SAP Business ONE, merupakan software ERP termutakhir dan terjangkau yang dapat mengelola seluruh operasi bisnis berskala mikro hingga makro.

Operasi bisnis yang dimaksud mencakup aspek akuntansi serta keuangan, purchasing, manajemen inventaris, penjualan, manajemen pelanggan atau CRM, dan penyusunan laporan maupun analisis bisnis. Anda pun dapat meningkatkan efektivitas teknik bisnis bundling perusahaan Anda melalui aplikasi ERP ini.

4. Zoho ERP Custom

Daftar selanjutnya adalah Zoho ERP Custom, yakni software ERP yang dapat dikostumisasi tergantung kebutuhan pengguna sesuai kebutuhan maupun latar belakang bisnis masing-masing yang dijalankan.

Zoho ERP Custom juga menawarkan penggunanya untuk dapat menciptakan perangkat lunak ERP secara mandiri dan cepat.  Kustomisasi yang ditawarkan antara lain mencakup aspek operasi bisnis antara lain penjualan & pemasaran, keuangan, hingga dukungan pelanggan.

5. Odoo ERP

Rekomendasi terakhir adalah Odoo ERP sendiri, yaitu software ERP open source yang sudah berpengalaman dan mempunyai 30 modul utama. Di mana selalu diperbaharui secara berkala di setiap versinya.

Fitur CRM (Custom Relationship Management) yang dimiliki aplikasi ini memungkinkan Anda, untuk meningkatkan outcome teknik bundling bisnis perusahaan Anda secara bertahap dan berkelanjutan.

Demikian informasi yang bisa disampaikan pada artikel kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan memperluas pengetahuan Anda mengenai topik terkait!

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Continue Reading

Bisnis

10 Ide Jualan Makanan Online Kekinian Anti Mainstream

Published

on

ide jualan makanan online kekinian

Menemukan ide jualan makanan online kekinian memang menjadi hal yang gampang-gampang sulit untuk ditentukan. Pasalnya, makanan kekinian meskipun terkadang cepat sekali naik dan memikat banyak konsumen, namun tidak menutup fakta bahwa suatu saat bisa tergerus oleh makanan kekinian baru. 

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menjual menu makanan kekinian, yang meskipun baru namun tetap akan diminati dalam waktu yang lama (alias tidak musiman). Melalui artikel ini, kami akan berikan beberapa ide makanan online yang bisa menjadi pertimbangan untuk meningkatkan bisnis Anda. 

Ide Jualan Makanan Online Kekinian Laku Terus

Bisnis jualan makanan online kekinian sedang menjadi tren yang sangat diminati oleh masyarakat saat ini. Seperti halnya dengan produk merchandise K-POP yang memiliki peluang besar, bisnis makanan kekinian juga semakin berkembang seiring dengan hadirnya aplikasi pengantaran makanan online. 

Namun, persaingan yang tinggi di pasar kuliner membutuhkan inovasi yang terus-menerus untuk mengikuti permintaan pasar yang terus berubah. Tertarik untuk mengetahui ide-ide jualan makanan online yang paling laris? Yuk, simak daftarnya pada ulasan berikut ini!

1. Serba-Serbi Keripik

Ide jualan makanan online kekinian yang bisa menjadi rekomendasi pertama yaitu serba-serbi keripik. Ini menjadi makanan ringan yang sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Anda bisa menjadikan keripik sebagai salah satu produk unggulan dalam bisnis makanan online. 

2. Keripik Pedas

Masih berkaitan dengan keripik, cemilan pedas adalah salah satu ide jualan makanan online yang paling laris di pasaran saat ini. Anda bisa menciptakan berbagai jenis keripik pedas, seperti keripik makaroni, seblak kering, basreng, siomay kering, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat produk Anda lebih menarik, cobalah membuat keripik dengan level kepedasan yang berbeda-beda sehingga pelanggan dapat memilih sesuai dengan selera mereka. 

3. Soft Cookies

Tidak seperti kue kering yang sering diidentikkan dengan perayaan hari besar, ide jualan makanan online kekinian dalam bentuk soft cookies lebih sering diberikan sebagai hadiah atau bingkisan.

Soft cookies memiliki bentuk yang mirip dengan cookies biasa, namun teksturnya lebih lembut dan renyah di luar. Biasanya, soft cookies dibuat dengan isian di tengah dari coklat, strawberry, matcha, atau kacang-kacangan.

Dengan berinovasi pada rasa dan desain kemasan yang menarik, Anda bisa membuat soft cookies menjadi salah satu produk yang diminati dalam bisnis jualan makanan online. Pelanggan akan senang membeli dan memberikan soft cookies sebagai hadiah atau bingkisan pada orang-orang terdekat mereka.

4. Aneka Ragam Sambal

Sambal menjadi salah satu makanan yang sangat disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, bahkan dianggap sebagai pendamping wajib saat makan. Peluang ini dapat Anda manfaatkan sebagai ide jualan makanan online yang menjanjikan, terutama bagi pemula.

Ada banyak pilihan varian sambal yang bisa Anda jual, seperti sambal bawang, sambal mangga, sambal cumi, sambal teri, sambal matah, dan lain-lain. Anda bisa menciptakan sambal dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda untuk memenuhi selera pelanggan dan menjualnya melalui sosial media atau marketplace.

5. Dessert Box

Saat ini, dessert box menjadi salah satu pilihan jualan online yang sangat populer, terutama di kalangan remaja dengan modal yang cukup terjangkau. Bukan hanya ingin menikmatinya saja, pembeli dessert box juga ingin mencicipi sensasi dari makanan yang sedang viral tersebut.

Agar rasa dessert box tetap terjaga, Anda dapat menyimpannya dalam kulkas dan menyiapkannya saat akan dikemas atau diantar kepada pembeli.

6. Frozen Food

Frozen food adalah salah satu opsi bisnis makanan online yang tahan lama dan cukup diminati oleh konsumen. Keunggulan dari jenis terletak pada cara pengolahannya yang mudah dan praktis, sehingga mampu meningkatkan permintaan di pasaran. Jika ingin memulai bisnis ini, pastikan Anda memiliki freezer untuk menjaga kualitas dari produk frozen food yang akan Anda jual.

7. Bakso Aci

Bakso aci, salah satu kuliner khas Sunda, dapat menjadi pilihan yang menjanjikan untuk dijadikan bisnis jualan makanan online. Selain cita rasa yang selalu lezat, bakso aci juga memiliki peminat yang banyak di masyarakat Indonesia.

Kemasan bakso aci biasanya berisi bakso, cuanki, siomay kering, sukro, dan dilengkapi dengan kuah. Jika Anda kesulitan membuatnya sendiri, carilah supplier yang terpercaya dan kemudian Anda dapat mengemas ulang produk bakso aci tersebut dengan memberikan label dari toko online-mu.

8. Coklat Rumahan

Jualan coklat rumahan bisa menjadi ide jualan makanan online kekinian yang menjanjikan bagi target market remaja di bisnis makanan online. Sekarang sudah banyak cetakan coklat yang memiliki bentuk unik dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mengemas coklat ini sebagai hadiah atau kado yang menarik.

9. Kue Puding

Salah satu ide jualan makanan online kekinian selanjutnya adalah menjual kue puding. Kudapan ini mudah dibuat dan cocok untuk dinikmati oleh berbagai kalangan. Anda dapat menemukan berbagai kreasi dalam pembuatan puding di YouTube atau mencoba membuat kreasi puding versimu sendiri.

10. Abon

Abon adalah makanan pendamping nasi yang biasanya terbuat dari berbagai jenis daging, seperti ayam, sapi, ikan lele, dan lain-lain. Untuk membuat abon berkualitas, pastikan menggunakan bahan baku dan bumbu yang baik, serta kemas dalam kemasan yang rapi agar abon buatanmu terlihat lebih menarik dan berkualitas.

Akhir Kata

Secara keseluruhan, ide jualan makanan online kekinian menjanjikan peluang bisnis yang besar bagi para pengusaha kuliner, terutama di era digital saat ini. Berbagai makanan ringan dan cemilan, seperti bubble tea, keripik pedas, soft cookies, dan sambal, menjadi pilihan yang sangat diminati oleh masyarakat.

Dalam menjalankan bisnis jualan makanan online, penting untuk terus berinovasi mengikuti permintaan pasar. Selain itu, penggunaan teknologi dan media sosial juga menjadi faktor penting dalam memasarkan produk dan menjangkau pelanggan potensial. 

Jangan lupa gunakan juga cetak dus kemasan yang unik dan kreatif untuk memikat calon pelanggan. 

Baca Juga: Contoh Packing List Pengiriman Barang

Continue Reading

Trending