demo3Batang- Ratusan siswa SMK Bhakti Praja Kabupaten Batang menggelar aksi demo di halaman Sekolah Kamis (28/07) kemarin. Aksi demo tersebut para siswa tidak terima adanya kenaikan uang pembayaran SPP yang kini di naikan dari yang tadinya Rp150.000,- kini naik menjadi Rp170.000,-.

Para siswa merasa keberatan dan tidak hanya pada kenaikan uang SPP saja,namun menyangkut uang pembayaran lainya yaitu, Uang pembayaran daftar ulang Rp 400.000,- dan biaya pembelian buku Rp 180.000,- serta Uang Gedung Rp 100.000,-.

Keputusan yang di ambil oleh pihak sekolah ini di rasakan memberatkan siswa disamping banyaknya biaya biaya yang tak terduga acap kali siswa harus membayar.

Kepala Sekolah SMK Bhakti Praja, Mulyati. ketika di temui wartawan Garuda Citizen mengatakan jika adanya aksi demo siswa di katakan tidak ada masalah. Semua baik baik saja dan sudah di selesaikan, katanya.

Lebih lanjut Mulyati mengatakan jika Uang SPP yang di naikkan menurutnya hal yang wajar, karena ini Sekolah Swasta. Namun kami juga memenuhi tuntutan siswa dengan menurunkan uang SPP menjadi Rp 160.000,- imbuhnya.

Di katakan pula oleh Guru Kurikulum, Ristiyo yang saat itu juga mendampingi Kepala Sekolah mengatakan, bahwa adanya demo yang di lakukan oleh siswa kami menyikapinya dengan persuasif dan sangat mengapresiasi tuntutan siswa.

Mengenai pembelian buku LKS kami juga tidak menekan atau memaksakan para siswa harus membelinya. Itu semua kami kembalikan pada siswa sebagaimana menurut kebutuhan untuk kelangsungan belajar mengajar. Untuk siswa yang mau beli buku silahkan, tidak juga tidak apa apa, katanya.

Ditanya tentang penjualan buku LKS, Ristiyo mengatakan jika penjualan buku buku tersebut semua atas dasar inisiatif guru pengajar, yang bukan perintah ataupun keputusan dan aturan sekolah. Pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah juga tidak pernah membuat aturan tentang jualbeli buku buku LKS, tambahnya. (Chusnul K )