Senam Kegel dan manfaatnya bagi kesehatan seksual

5
1791
senam kegel untuk kesehatan seksual

Senam kegel dewasa ini semakin menarik minat publik. Apalagi, selain untuk kesehatan, olah tubuh yang satu ini berimbas sangat baik bagi kehidupan seksual. Makin menarik bukan??

 Apa itu senam kegel?

Kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul Pubococcygeus (PC) yang semula dipergunakan untuk terapi pada perempuan yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin. Sebagian besar perempuan yang tak terlatih akan mengalami penurunan uterus akibat kelemahan dan penipisan otot PC.

Nama senam ini diambil dari penemunya Arnold Kegel, seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles sekitar tahun 1950-an. Dokter Kegel seringkali melihat pasiennya yang sedang dalam proses persalinan tidak dapat menahan keluarnya air seni (ngompol).
Timbullah inisiatifnya untuk menemukan exercise agar pasiennya tidak mengalami hal tersebut.

Dalam perkembangan selanjutnya, senam ini, selain dilakukan oleh wanita juga dilakukan oleh para pria. Pada pria kerja otot ini lebih mudah diamati dari luar dibanding wanita. Hal ini dapat dilihat dengan gerakan penis “naik-turun” dalam keadaan ereksi.

Pria yang terlatih akan mendapatkan orgasme yang lebih intens, dapat mencegah ejakulasi dini dan memperpendek waktu untuk siap melakukan hubungan seks ulang.

Pada wanita kerja otot pubococcygeal dapat dirasakan berupa denyutan pada dinding vagina. Bila otot ini terlatih dan kuat, kontraksi otot vagina dapat dengan sengaja dilakukan saat berhubungan intim tanpa menunggu orgasme terlebih dahulu.

Wanita dengan otot pubococcygeal terlatih lebih mudah mengalami perangsangan seksual (tidak frigid), lebih cepat “basah” untuk mengalami orgasme yang sering dan memuaskan bahkan dapat mencapai orgasme hanya dengan rangsangan pada G spot-nya.

Senam Kegel untuk kesehatan seksual

Jika anda menginginkan kehidupan sex yang bagus, anda dapat (dan sebaiknya) melakukan senam Kegel. Anda sudah ataupun belum melahirkan, berapapun usia anda, bukanlah masalah.

Anda akan mendapatkan berbagai manfaat dari senam kegel, khususnya pada bagian organ intim anda.

Senam kegel adalah olahraga yang dapat dilakukan dimanapun tanpa orang lain tahu, senam ini fokus pada satu otot yakni otot PC, otot ini bertangung jawab terhadap proses menahan kencing. Namun, belakangan diketahui ternyata kegel memberikan keajaiban untuk meningkatkan kualitas seksual bagi pelakunya, bukan hanya wanita, namun pria juga dapat merasakan dampak positif dari senam ini.

Manfaat Kegel Untuk Pria

Manfaat senam kegel tidak hanya dapat dirasakan oleh kaum hawa namun pria pun dapat memetik manfaat dari senam kegel antara lain:

  • Memelihara kekuatan otot pinggul
  • Memperkuat kemampuan ereksi
  • Memperkuat daya kontrol terhadap ejakulasi atau dengan kata lain mengatasi ejakulasi dini
  • Meningkatkan kualitas orgasme untuk kaum perempuan kegel dapat mempermudah orgasme
  • Meningkatkan kekuatan penis selama ereksi
  • Meningkatkan kekuatan tembakan saat ejakulasi.
  • Manfaat kegel diatas telah dibuktikan research BJU International pada tahun 2005.

Pengenalan Dasar Sebelum Melakukan Teknik Senam Kegel

Sebelum melakukan senam kegel terlebih dahulu anda harus menemukan atau merasakan letak dari Otot PC, hal ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setelah anda tahu persis dan dapat merasakan otot PC baru anda dapat langsung melakukan senam kegel.

Lalu bagaiman cara menemukan letak otot PC?

Coba anda melakukan gerakan menahan kencing lalu setelah itu anda lepaskan, ingat yang dicari otot yang berfungsi untuk manahan kecing jadi pada saat anda menahan kencing, pastikan otot perut anda tidak berkontraksi atau rileks, ok lakukan sekarang dengan tahapan berikut :

Step 1 : Duduk dengan posisi kedua kaki menempel di lantai
Step 2 : Ambil nafas dan rileks
Step 3 : Coba temukan otot PC dengan gerakan seperti menahan kencing

Teknik Senam Kegel

Senam kegel sangat mudah dilakukan karena dapat dilakukan dimanapun, kapanpun dan tanpa diketahui orang lain, namun syarat mutlak dari keberhasilan adalah rutinitas setiap hari dilakukan selama 15 – 20 menit perhari, teknik senam kegel akan di bahas menjadi beberapa teknik berdasarkan urutan waktu senam kegel.

Teknik Tahapan 1
Saat anda melakukan pertama kali senam kegel biasanya otot PC anda sangat lemah, sehingga jangan heran kalau untuk mengkontraksikan otot PC dengan hitungan ke 10 anda sudah tidak mampu, jika ini terjadi pada anda, anda tidak perlu khawatir karena ini biasa, yang perlu anda lakukan coba kontraksikan otot PC selama mungkin sebisa anda, sampai anda mampu mengkontraksikan otot PC sampai hitungan 10 detik. Jika ini sudah mampu anda lakukan, maka saatnya anda naik level selanjutnya

Berikut ini langkah permulaan dalam melakukan senam kegel tahap permulaan :
– Duduk dengan posisi sempurna, rilekskan badan, kosentrasi fokus terhadap otot PC
– Kontraksikan sampai hitungan ke 10 atau 10 detik.
– Lepaskan kontraksi oto PC anda.
– Ulangi samapai 10 kali

Teknik Senam Kegel Tahap 2
Setelah anda menguasai kontraksi dengan 10 hitungan maka saatnya anda melakukan senam kegel dengan irama, berikut detail penjelasanya :
– Pada hitungan pertama(detik pertama) – lakukan kontraksi PC secara berlahan.
– Pada hitungan kedua (detik kedua) – perkuat lagi kontraksi PC.
– Pada hitungan ke 3 sampai ke 4 tahan kontraksi PC.
– Pada hitungan ke 5 perkuat kontraksi sekuat-kuatnya.
– Rileks sebelum melanjutkan langkah pertama.
– Ulangi sampai 20 menit.

Teknik Senam Kegel Tahap 3
– Hitungan 1 – 5 detik Kontraksikan perlahan
– Hitungan 6-10 detik Kontraksi lebih keras
– Hitungan 11-15 Kontraksi sekuat mungkin
– Hitungan 16-20 Rileks
– Ulangi Langkah pertama lakukan sampai 20 menit

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pada Senam Kegel :

  1. Salah melakukan kontraksi, kesalahan yang sering terjadi adalah pelaku senam kegel melibatkan otot perut.
  2. Jangan melakukan senam kegel pada saat kandung kemih penuh, hal ini dapat mengakibatkan infeksi saluran kencing.
  3. Jangan melakukan senam kegel dengan arah pikiran yang tidak kosentrasi, lakukan dengan benar, pastikan anda benar benar mengkontraksikan otot PC.
loading...

5 KOMENTAR

  1. Ane biasa melakukannya gan, hasilnya luar biasa… 🙂

    caranya ketika bangun pagi, pasti mau pipis. nah pada saat pipis keluarkan kencing 1 tetes lalu tahan sekuat mungkin hingga hitungan ke 5, jika sdh terlatih bisa menahan sampai pd hitungan ke 10. dan hasilnya fantastis, =) =) =)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here