Seminar sehari penguatan sistem Demokrasi Pancasila di Batang

Dalam Membangun Karakter Jatidiri Bangsa Yang berbudaya Pancasila

0
1018
Seminar sehari penguatan sistem Demokrasi Pancasila di Kabupaten Batang
Seminar sehari penguatan sistem demokrasi Pancasila dalam rangka membangun karakter jatidiri bangsa yang berbudaya Pancasila di Kabupaten Batang - Jawa Tengah

Persoalan Bangsa dari bergulirnya Revolusi hingga kini dalam menjaga dan mempertahankan kesatuan dan persatuab Bangsa, dengan berazaskan Pancasila masih harus terus di pacu. Upayanya menjaga norma norma UUD Dasar 45 yaitu berpancasila.

Seminar sehari penguatan sistem Demokrasi Pancasila, di gelar di Gedung Wanita Kab. Batang Jumat (30/10) bersama nara sumber H. Budi Supriyanto,SH.MH anggota DPR-RI sekaligus Ketua PP pusat  dan H. Agung Wisnu Barata. S.sos.MM Kepala Kesbangpol Kabupaten Batang dengan dihadiri kurang lebih 200 kader Pemuda Pancasila dan masyarakat.

Seminar dengan tujuan membangun karakter jati diri bangsa yang berbudaya Pancasila, yang mana karakter tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus dibentuk sejak dini. Menumbuh kembangkan dan di bangun secara sadar.

Hal ini diperlukan keseriusan yang didasari perjuangan keras dengan pengorbanan besar untuk mewujudkanya membangun karakter generasi dengan baik.

Jatidiri Bangsa adalah merupakan nilai luhur bangsa dimana oleh para pendiri bangsa dirumuskan sebagai Pancasila.

Nilai nilai Pancasila harus teraktualisasikan dan pembentukan kejiwaan prilaku sebagai anak anak bangsa, dalam kesehariannya pada kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Peserta seminar sehari penguatan sistem demokrasi Pancasila dalam rangka membangun karakter jatidiri bangsa yang berbudaya Pancasila di Kabupaten Batang - Jawa Tengah
Peserta seminar sehari penguatan sistem demokrasi Pancasila dalam rangka membangun karakter jatidiri bangsa yang berbudaya Pancasila di Kabupaten Batang – Jawa Tengah

Jatidiri bangsa juga mengandung pengertian sebagai identitas bangsa sebagai perwujutan, pencerminan kondisi dan pembeda dengan bangsa lain. Dalam pengertian yang lebih kongkrit sebagai identitas jatidiri bangsa, yang memiliki dasar Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Ke empat dasar itulah merupakan consensus nasional bagi bangsa dan Negara yang harus terjaga keberadaanya.

Itulah tujuan dari diadakan seminar dengan harapan sebagaimana dua nara sumber memaparkan setumpuk materi. Dan upaya melahirkan pengertian dan pemahaman sebagai bangsa yang memiliki dasar kekuatan yaitu Pancasila dan UUD 45. Menuju kesatuan dan persatuan bangsa yang berkarakter kuat dengan menjunjung tinggi nilai nilai Pancasila.