Connect with us

Sejarah

Sebutkan Negara Pendiri Asean

Published

on

sebutkan negara pendiri asean

Asean didirikan oleh lima negara pendiri pada Agustus 8 1967, dengan tujuan yang sama, yaitu memajukan kerjasama antar negara-negara di Asia Tenggara dalam bidang sosial, budaya, teknis, ekonomi, dan lainnya, sebutkan negara pendiri asean?

Deklarasi ASEAN mendeklarasikan pembentukan ASEAN, dan lima menteri luar negeri ditunjuk sebagai perwakilan dari lima negara untuk menandatanganinya.  Lalu siapa saja lima negara yang ikut serta dalam pembentukan ASEAN? 

Setiap negara pendiri ASEAN memiliki karakteristik alam dan budaya yang khas. Hal tersebut tidak menghentikan mereka untuk membentuk organisasi regional yang dapat mendukung hubungan kerjasama antar negara di kawasan Asia Tenggara. 

Sebutkan Negara Pendiri Asean

sebutkan negara pendiri asean
Sumber gambar: Detikcom

Berikut informasi selengkapnya mengenai negara pendiri asean, simak selengkapnya jawaban dari “sebutkan negara pendiri asean”.

1. Indonesia

Pada saat ASEAN, Adam Malik mewakili Indonesia. Indonesia telah memainkan peran penting di antara negara-negara anggota Asean lainnya sejak menjadi anggota pendiri, dan memainkan peran penting dalam meletakkan dasar bagi hubungan damai antar negara di kawasan Asia Tenggara. 

Indonesia berperan besar dalam memprakarsai Bali Concord II pada akhir tahun 2003, yang terdiri dari tiga pilar: 

  • Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
  • Komunitas Sosial Budaya ASEAN (ASCC) adalah salah satu dari tiga Komunitas Keamanan Asean (ASC).  

2. Filipina

Narciso Ramos, perwakilan Filipina saat menandatangani deklarasi pendirian ASEAN, mengatakan asosiasi tersebut merupakan motor penggerak negara di setiap sektor pembangunan, di bidang seni, ekonomi, politik, dan keamanan.

Filipina mulai menjadikan ASEAN sebagai elemen sentral politik luar negerinya pada 1970-an, karena sebelumnya fokus pada poros Manila-Washington. Itu membantu meredakan ketegangan antara Malaysia dan Filipina. Setelah ASEAN berdiri, hubungan yang sebelumnya tegang antara Filipina dan Malaysia dipulihkan. 

3. Singapura 

Singapura adalah tempat kelahiran ASEAN dan memiliki ekonomi yang sangat maju. Negara ini tumbuh pesat meskipun sumber daya alamnya relatif sedikit. Singapura menjadi tuan rumah KTT asean ke-13 pada 18-22 november 2007, membahas sejumlah isu, di antaranya piagam asean. Ini merupakan tonggak sejarah dalam perkembangan asean. Sudah mengerti jawaban dari “sebutkan negara pendiri asean”?

4. Malaysia 

Malaysia adalah salah satu anggota pendiri ASEAN, dan maju pesat di bidang ekonomi. Peran dan kontribusi Malaysia ketika menjadi anggota ASEAN, antara lain. 

  • Menyepakati untuk menjadikan kawasan ASEAN sebagai zona aman, bebas, dan netral (ZOPFAN) pada November 1971 
  • Menyelesaikan masalah ekspansi Vietnam ke Kamboja. 
  • Berkontribusi pada pembentukan kerajaan demokrasi Kamboja. 
  • Setuju untuk mendeklarasikan kawasan ASEAN sebagai zona bebas senjata nuklir. 
  • Melarang penggunaan perairan dan pelabuhan teritorial sebagai persinggahan kapal pengangkut bahan nuklir atau senjata. 

Jika afta diikuti, negara-negara harus bekerja sama di bidang ekonomi. Di bidang budaya dan sosial, misalnya dengan menyelenggarakan festival budaya dan seni. 

5. Thailand 

Dikutip dari penulispro.com, diwakili oleh Thanat Khoman di ASEAN. Thailand merupakan pengekspor beras terbesar di Asia Tenggara, dan merupakan satu-satunya negara yang tidak pernah mengalami penjajahan. Sudah paham kan jawaban dari “sebutkan negara pendiri asean”, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cepat Kaki Ringan Tangan Artinya

(Upy/G)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Sejarah

Pendiri Daulah Abbasiyah Adalah

Published

on

pendiri daulah abbasiyah adalah

Nama Dinasti Abbasiyah berasal dari nama Al-Abbas ibn Abd al-Muttalib ibn Hasyim, salah seorang paman Nabi Muhammad, pendiri daulah abbasiyah adalah? Bani Abbasiyah percaya bahwa mereka lebih memenuhi syarat untuk kekhalifahan Islam daripada Bani Umayyah.

Pendiri daulah abbasiyah adalah?

Pendiri dinasti Abbasiyah adalah Abdullah As-Saffah bin Ali bin Abdullah bin Al-Abbas, lebih dikenal sebagai Abdul Abbas As-Saffah, yang memerintah selama lima tahun. Setengah abad, atau 524 tahun. 

Pembentukan kekhalifahan Abbasiyah memakan waktu lama, dan setidaknya ada 4 strategi yang digunakan. Abu Muslim Al-Khurasani melakukan propaganda terbuka. Sejarawan membagi pemerintahan negara ini menjadi tiga periode. 

  1. Periode pertama meliputi periode 132-232 H/747-847 M, dimulai dari Abdul Abbas As-Saffah hingga Abu al-Fadl Ja’far Al-Mutawakkil. 
  2. Periode kedua meliputi periode 232-590 H/847-1184 M, dari Abu Ja’far Muhammad al-Muntasir hingga Abu al-Abbas Ahmad Nasir. 

Abbasiyah diperintah oleh seorang khalifah yang kuat yang merupakan komandan tentara dan telah berperang dalam perang dari Abdul Abbas As-Saffah ke Abu Al-Fadl Ja’far Al-Mutawakkil selama periode ketiga 590-656 jam.

Dinasti Abbasiyah mencapai puncak emasnya pada periode pertama, ketika masyarakat mencapai tingkat kemakmuran tertinggi. Khalifah adalah tokoh utama dan pusat kekuasaan politik serta agama, dan periode ini meletakkan dasar bagi filsafat dan ilmu pengetahuan Islam. Sudah paham mengenai siapa pendiri daulah abbasiyah adalah?

Abdul Abbas As-Saffah hanya memerintah untuk waktu yang sangat singkat dari 750 hingga 754 M, menurut buku Badri Orphan History of Islamic Civilization Rasat Islamiyah II. 

Ibukota negara adalah Al-Hashimiyah, dekat Kufah, pada awalnya. Al-Mansur memindahkan ibu kota negara ke Baghdad pada 762 M untuk menjaga stabilitas negara baru. Demikian informasi mengenai “pendiri daulah abbasiyah adalah” semoga bermanfaat.

Baca Juga: Apa Nama Alat Ukur Jumlah Zat?

(Upy/G)

Continue Reading

Sejarah

Siapa Saja Tokoh Yang Mengusulkan Rumusan Dasar Negara

Published

on

siapa saja tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI menggelar rapat perdana untuk membahas rumusan dasar Indonesia merdeka, siapa saja tokoh yang mengusulkan rumusan dasar Negara?

 Sidang pertamanya dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945. Tiga tokoh mengusulkan berdirinya negara Indonesia merdeka pada sidang BPUPKI yang pertama, sebagaimana dikutip dalam Buku Pegangan Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) untuk SMP/ mts Kelas 7 oleh Sri Nurhayati, S.Pd., dan Iwan Mukharji, S.Pd., M.Pd.

Siapa saja tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara

siapa saja tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara
Sumber gambar: Grid Kids

Muhammad Yamin, Bapak Soepomo, dan ir. Sukarno termasuk di antara tiga tokoh yang mengusulkan definisi dasar bangsa. Ketiga tokoh tersebut mengusulkan struktur dasar negara secara lisan dan tertulis. 

Moh Yamin atau Muhammad Yamin adalah tokoh yang mengusulkan rumusan dasar Negara pertama. Pada sidang BPUPKI hari pertama 29 Mei 1945, Muhammad Yamin secara lisan menyampaikan lima prinsip dasar negara Indonesia merdeka sebagai berikut: 

  1. Peri Kebangsaan
  2. Peri Kemanusiaan
  3. Peri Ketuhanan
  4. Peri Kerakyatan
  5. Kesejahteraan Rakyat

Muhammad Yamin kemudian menulis surat kepada ketua sidang BPUPKI mengusulkan rumusan dasar negara. Usul tertulis tentang rumusan dasar negara Muhammad Yamin berbeda dengan apa yang disampaikannya secara lisan. Sudah paham kan mengenai “siapa saja tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara?”

Rumusan dasar negara menurut Moh Yamin secara tertulis yaitu:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kebangsaan persatuan Indonesia.
  3. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Demokrasi dalam permusyawaratan perwakilan yang diatur oleh kebijaksanaan. Soepomo adalah orang yang pertama kali mengusulkan dasar negara Pancasila pada tanggal 31 Mei 1945. Ia menyatakan bahwa negara yang akan dibentuk harus merupakan negara integralistik atau negara kesatuan berdasarkan poin-poin berikut: 

  1. Persatuan
  2. Kekeluargaan
  3. Keseimbangan lahir dan batin
  4. Musyawarah
  5. Keadilan rakyat

Soekarno mengemukakan rumusan dasar negara Indonesia dalam pidatonya. Rumusan dasar negara Soekarno adalah sebagai berikut: 

  1. Kewarganegaraan Indonesia. 
  2. Perikemanusiaan dan internasionalisme
  3. Mufakat atau demokrasi
  4. Kesejahteraan sosial
  5. Ketuhanan yang berkebudayaan

Soekarno awalnya mengusulkan untuk menyebut lima prinsip utama negara lima dharma. Karena itu siapa yang memilih Pancasila sebagai nama negara? Panca dharma berarti lima kewajiban. Bagaimana sudah paham kan mengenai “siapa saja tokoh yang mengusulkan rumusan dasar Negara?”

Ternyata, salah satu teman Soekarno yang seorang ahli bahasa menyarankan untuk menyebut usul dasar negara itu Pancasila, yang artinya lima sila. Hari lahir Pancasila akan diperingati kemudian pada tanggal 1 Juni 1945. 

Soekarno menyarankan bahwa lima sila dapat dibagi menjadi tiga sila. Sebuah negara yang dibangun di atas gotong royong berarti “satu untuk semua, semua untuk satu”, yang berarti kebahagiaan bagi semua orang tanpa kecuali. 

Soekarno menyatakan Pancasila adalah dasar dari falsafah negara dan pandangan hidup Indonesia. Demikian ulasan mengenai “siapa saja tokoh yang mengusulkan rumusan dasar Negara” semoga bermanfaat.

Baca Juga: Negara Apa Yang Terletak Paling Barat

(Upy/G)

Continue Reading

Sejarah

Batas Wilayah Benua Asia

Published

on

batas wilayah benua asia

Benua Asia dibatasi oleh utara, barat, selatan, dan timur, informasi mengenai batas wilayah benua asia ada dibawah ini. Benua adalah salah satu dari tujuh daratan terbesar di Bumi. Menurut Kamus Cambridge, sebagian besar benua dikelilingi oleh air dan berisi berbagai negara. Ada tujuh benua di dunia, dan masing-masing memiliki batasnya sendiri. 

Selain itu, Benua Asia termasuk dalam batas-batas benua. Menurut atlas dunia, di dunia terdapat tiga batas daratan benua, yaitu Asia, Eropa, Afrika asia, serta Amerika Utara dan Amerika Selatan. Asia adalah benua terbesar di dunia. Ini mencakup 44.579.000 kilometer persegi, atau 29,5 persen dari total luas permukaan bumi. 

Batas Wilayah Benua Asia

Benua asia memiliki beberapa pulau, termasuk Indonesia di selatan. Gunung Sinai dihubungkan oleh dataran sempit. 

  • Wilayah perbatasan benua asia utara: samudra arktik
  • Wilayah perbatasan benua asia selatan: Samudra Hindia
  • Wilayah perbatasan benua asia barat: benua eropa, laut kaspia, pegunungan ural, selat bosphorus, laut hitam,  laut tengah,  selat dardanella, laut merah, dan terusan suez.

Pembagian wilayah benua asia

Berikut ini adalah daftar negara-negara di benua Asia seperti yang tercatat di worldatlas.com. 

1. Asia tengah 

Asia Tengah terdiri dari lima negara, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. 

2. Asia timur

Asia Timur merupakan subregion Asia yang mencakup sekitar 11.840.000 km2 atau 15 persen dari berbagai benua. Wilayah yang terletak di negara ini, tingkok, jepang, mongolia, korea utara, korea selatan, taiwan, makau, dan hongkong.

3. Asia selatan

Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka termasuk di antara negara-negara yang membentuk wilayah geopolitik di bagian selatan benua Asia ini. 

4. Asia Tenggara 

Asia tenggara meliputi Semenanjung Indochina dan Semenanjung Malaka, serta Kepulauan Melayu. Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, dan Kamboja semuanya termasuk dalam kawasan ini. 

5. Asia barat

Asia Barat, atau Asia Barat Daya, terdiri dari kawasan Timur Tengah dan Timur Dekat di benua Asia. Istilah “Asia Barat” lebih sering digunakan dalam tulisan-tulisan tentang arkeologi dan prasejarah kawasan itu.

Kawasan ini meliputi beberapa negara mulai dari turki, armenia, arab saudi, georgia, azerbaijan,  bahrain, iran, irak, kuwait, israel, libanon, qatar, oman, suriah, siprus, yaman, uni emirat arab, dan yordania.

6. Asia utara

Asia utara juga dikenal sebagai Siberia, adalah wilayah utara Asia, yang meliputi wilayah Rusia di sebelah timur Pegunungan Ural, Siberia, dan Timur Jauh Rusia. Asia Rusia terkadang digunakan untuk menggambarkannya.

Demikian jawaban dari “batas wilayah benua asia” semoga informasinya memberikan banyak manfaat untuk kalian semua.

Baca Juga: Apa Yang Melatarbelakangi Terbentuknya Kampung Pancasila

(Upy/G)

Continue Reading

Trending