PWOI Bersama Diskominfo Pekalongan Gelarkan UKW

1
117
Uji Kopetensi Wartawan (UKW)
Pemaparan Bagai Mana Tehnik-Tehnik Pembuatan Berita

Kota Pekalongan, GC  – Persatuan Wartawan Online Indonesia (PWOI). Bersama Dinas Kominfo  (Diskominfo) Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, gelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW), Senin  (5/12/2018).

Para Peserta UKW

Kegiatan berlangsung di ruang Boardbland Learning Center (BLC) Dinas Kominfo Kota PekalonganDalam kegiatan ini, ada sekitar 50 orang dari berbagai media massa yang berasal dari daerah pekalongan dan dari daerah lain, juga ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Firdaus Efendi dan Tim Garudacitizen.com (Dedi Ariko, Beni Irawan dan Hadi Lempe) Foto Bersama Ketua PWOI Jawa Barat, Rahmat dan Sapawi sebagai Nara Sumber Kegiatan.

Ketua PWOI Provinsi Jawa Tengah, Rahmat, pada saat membuka kegiatan ini mengatakan, kegiatan UKW ini merupakan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam menjalani profesinya sebagai tugas wartawan. Mulai dari teknik pemberitaan, mengambil gambar dan teknik wawancara. Hal pemberitaan tersebut, layak dikonsumsikan kepada publik.

“Kita menggelarkan kegiatan ini, untuk menambah pengetahuan dan keterampilan agar seorang profesional saat menjalankan tugasnya sebagai jurnalistik, ” kata Rahmat.

Selanjutnya, Hadi Lempe selaku ketua Panitia dalam kesempatan ini juga menyapaikan arahan-arahannya kepada seluruh peserta kegiatan.

Dalam arahannya, Hadi Lempe menjelaskan, dia sangat berharap agar kedepan, setelah usai diadakannya kegiatan ini, semua peserta yang ikut, agar dapat menjalankan tugasnya lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari cara peduli berita, hingga mempopulerkan pemberitaannya.

“Setelah ini nanti, kita tidak akan perlu lagi untuk melakukan operasi seperti ini. Karena saya sangat beharap pada teman-teman seprofesi, setelah diadakannya kegiatan ini, tentu saja lebih baik dari sebelumnya, mencampurnya sebagai jurnalis, ”terang Hadi Lempe.

Sebagai nara dalam kegiatan UKW ini, dibimbing oleh Sapawi, salah satu watawan senior dari kompas. Dalam pemaparannya, Sapawi menerangkan  bagai mana cara tehnik-tehnik menggulirkan informasi untuk dijadikan sebagai bahan berita, sampai dengan tehnik-tehnik cara menulis berita yang baik dan benar untuk siap penyelidikan. (Ben)

loading...