Peringati HUT RI ke-72, Pemkot Gelar Lomba Seketeng Untuk Umum

0
129

Pekalongan – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan gelar lomba seketeng atau menghias gapura bagi seluruh warga se-Kota Pekalongan. Lomba tersebut akan digelar pada 15 Agustus mendatang.

bahwa lomba tersebut akan diselenggarakan pada selasa (15/8), kemudian akan dinilai pada rabu (16/8) dan penyerahan hadiah akan diserahkan dalam acara resepsi HUT RI yang akan digelar pada Jum’at 918/8).

Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah, Doyo Budi Wibowo menjelaskan bahwa lomba seketeng dibuka secara umum bagi warga Kota Pekalongan. Sehingga bagi siapa saja yang hendak mengikutinya, bisa mendaftarkan langsung ke panitia.

“kami buka untuk umum bagi seluruh warga Kota Pekalongan, sehingga tidak menutup kemungkinan satu kelurahan ada lima hingga sepuluh peserta, atau sangat memungkinkan setiap kelurahan menggerakkan tiap RT atau RW untuk turut serta meramaiakan lomba tersebut,” jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa pendaftaran lomba paling lambat hari Senin (14/8) pada jam kerja. Dan dalam penilaiannya pihak panitia tidak menyelenggakannya secara seremonial, melainkan pihak panitia akan mendatangi secara acak. Adapun penilian yang dilakukan mencakup orisinalitas, kesesuaian dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, kreatifitas, estetika, serta partisipasi.

“Dalam lomba ini partisipasi masyarakat juga sangat menentukan, sebab sesuai juga denan sub tema yang kami usung yakni Brayan Urip,” lanjutnya.

Wakil Walikota Pekalongan, H Mohammad Saelany Machfudz dalam rapat koordinasi penyelenggaraan lomba seketeng mengatakan bahwa lomba tersebut merupakan ajang menggali potensi serta kreatifitas warga kota Pekalongan. Dengan adanya lomba tersebut kekompakan, keguyuban warga pun tercipta.

“Dengan adanya lomba ini kreatifitas warga teruji, dan harapannya tidak sekedar kreasi saja melainkan lebih ke kreasi yang memiliki nilai secara filosofis berbasis kearifan lokal Kota Pekalongan itu sendiri,” Kata Wakil Walikota. ***HL

loading...