Connect with us

Bisnis

Perbedaan Deadline dan Dateline di Sebuah Kalimat

Published

on

Perbedaan Deadline dan Dateline

Aduh kerjaan banyak, dikejar deadline pula!

Hayo, siapa yang sering mengeluh seperti itu? Biasanya sering diucapkan oleh para mahasiswa dan karyawan di tengah banyaknya tugas yang rasanya “bikin mau meninggal!”. Namun, apakah Anda sudah paham sebenarnya apa perbedaan Deadline dan Dateline

Karena di dalam pengucapan bahasa Inggris, sering terjadi beberapa kesalahan yang biasanya terjadi (common errors). Nah, salah satunya adalah penggunaan kata Deadline dan Dateline di dalam sebuah kalimat. 

Kedua kata tersebut memang memiliki pengucapan atau pronunciation yang hampir mirip. Hm, lalu apa yang menjadi perbedaannya? Simak lebih lanjut di bawah ini. 

Penjelasan Perbedaan Deadline dan Dateline

Karena pengucapan yang hampir serupa antara Deadline dan Dateline, tidak jarang membuat orang-orang yang baru belajar bahasa Inggris kebingungan. Bahkan sampai tertukar saat menggunakan kata tersebut di dalam sebuah kalimat. Contohnya seperti di kalimat “John, when is the dateline for filing taxes? (John, kapan batas waktu untuk pengajuan pajak?). 

Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kalimat tersebut tentu saja tidak masalah. Akan tetapi, akan terdapat kesalahan grammar jika dibaca dalam bahasa Inggris. Karena seharusnya kata Dateline diganti dengan Deadline (tenggat waktu), sehingga kalimatnya tidak membuat keliru. 

Untuk lebih memudahkan Anda memahaminya, simak perbedaan yang lebih lengkap dari Deadline dan Dateline. 

Penjelasan Deadline

Apabila diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Indonesia, Deadline mempunyai makna “garis mati”. Akan tetapi, kata tersebut mempunyai beberapa sifat yang dapat mempengaruhi maknanya. Contohnya seperti kata benda (noun) atau kata kerja (verb).

Perbedaan Deadline dan Dateline

1. Deadline Sebagai Kata Benda (Noun)

Jika dimaknakan sebagai kata benda, Deadline berarti sebagai tanggal atau jatuh tempo suatu hal atau pekerjaan yang harus diselesaikan segera. Untuk memudahkan Anda menggunakan kata Deadline sebagai noun atau kata benda, tambahkan kata “the” di depannya. 

Contoh:

John, the deadline for filling taxes was three days ago. I cannot believe you forgot it as I have been reminding you all month!” (John, batas waktu pengajuan pajak itu tiga hari yang lalu. Saya tidak percaya kamu bisa melupakannya padahal sudah saya ingatkan selama satu bulan ini!).

2. Deadline Sebagai Kata Kerja (Verb)

Untuk memudahkan Anda memahami perbedaan Deadline dan Dateline, perhatikan penggunaan kata kerja di bawah ini yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah tugas dalam tenggat waktu tertentu. 

Contoh:

We are working here under a deadline from our boss” (Kami bekerja di sini di bawah tenggat waktu yang diberikan oleh atasan kami).

Penjelasan Dateline

Berbeda dengan Deadline, kata Dateline lebih cenderung digunakan dalam konteks jurnalistik. Di mana penulisannya hampir selalu ditempatkan di baris awal sebuah berita, baik itu media cetak offline maupun online. Kemudian, penulisan kata Dateline sendiri di pisah seperti “Date” dan “Line”. Jadi bukan digabung menjadi sebuah frasa. 

Perbedaan Deadline dan Dateline

1. Dateline Sebagai Kata Benda (Noun)

Dateline adalah frasa yang digunakan untuk menyatakan tanggal dan tempat asal sebuah peristiwa yang diberitakan. Media yang kerap menggunakan istilah tersebut baisanya adalah majalah, koran, dan artikel berita. Frasa tersebut umum berada di awal. 

Hal ini juga kerap diterapkan dalam bentuk laporan langsung atau live di televisi. Misalnya seperti informasi tempat dan tanggal kejadian berita yang sedang dilaporkan. 

Sebagai contoh Press Release berita, sebuah judul berita menginfokan sebuah peristiwa sedang terjadi di Jakarta. Maka Dateline yang akan dituliskan seperti “Jakarta, 28 Desember 2022”. Maknanya adalah bahwa peristiwa yang terjadi tersebut berlangsung di kota Jakarta pada tanggal 28 Desember 2022. 

Selain itu, Dateline sebagai kata benda juga bisa dimaknai sebagai garis imajiner yang mengelilingi bumi, sesuai garis meredien 180°. Hal ini merupakan istilah internasional untuk menyebutkan garis waktu ataupun batas penanggalan secara internasional. 

2. Dateline Sebagai Kata Kerja (Verb)

Perbedaan Deadline dan Dateline juga bisa dilihat dalam penggunaannya untuk kata kerja. Dateline merupakan tanda yang digunakan untuk memberikan informasi sebuah dokumen yang dilampirkan. Bisa juga untuk menyisipkan kutipan atau quote di dalam sebuah artikel atau contoh Press Release, dan tulisan karya ilmiah. 

Sebagai contoh:

(Arnold’s, 2022, p. 28) – Ini berarti bahwa kutipan yang diambil dari buku yang ditulis oleh Arnold dan diterbitkan pada tahun 2022 di halaman 28. 

Format penulisan di atas yang dimaknai sebagai Dateline memiliki makna yang sangat jauh berbeda dengan Deadline yang merupakan tenggat waktu.

Kesimpulan

Meskipun memiliki pengucapan yang hampir serupa, namun perbedaan Deadline dan Dateline bisa dipahami dengan jelas. Deadline merupakan istilah dari bahasa Inggris yang memiliki makna tenggat waktu yang bisa digunakan dalam konteks sehari-hari. 

Bahkan terkadang juga digunakan pada promosi halus atau soft selling. Sedangkan untuk Dateline memiliki makna tenggat waktu, namun lebih sering digunakan dalam konteks jurnalistik. 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Bisnis

7 Model Kusen Jendela Aluminium Terbaru yang Bisa Menjadi Inspirasi!

Published

on

model kusen jendela aluminium terbaru

Apakah Anda sedang mencari inspirasi model kusen jendela aluminium terbaru yang keren dan modern? Anda perlu membaca ulasan penting ini. Jendela adalah elemen penting dalam desain rumah modern, tidak hanya sebagai penyedia cahaya alami tetapi juga sebagai penambah keindahan dan fungsionalitas. 

Dalam hal ini, kusen jendela aluminium telah menjadi pilihan yang populer karena tahan lama, ringan, dan mudah dipelihara. Tapi, model seperti apa yang pas untuk rumah Anda?  Artikel ini akan membahas beberapa model kusen jendela terbaru atau jendela berbahan Aluminium Composite Panel (ACP) yang dapat menyempurnakan estetika dan kinerja rumah Anda.

7 Pilihan Model Kusen Jendela Aluminium Terbaru

Memilih model kusen untuk rumah atau kantor sebenarnya gampang-gampang susah. Salah-salah memilih, tampilan rumah malah jadi terlihat aneh; tidak keren. Oleh karena itu, berikut ini akan saya berikan beberapa pilihan model kusen jendela aluminium terbaru atau Aluminium Composite Panel (ACP) yang bisa menjadi inspirasi. 

1. Model Kusen Lipat (Folding)

Kusen jendela aluminium lipat memberikan tampilan yang modern dan fungsionalitas yang luar biasa. Dengan desain yang dapat dilipat, Anda dapat membuka sepenuhnya jendela untuk menciptakan ruang terbuka yang menyatu dengan lingkungan luar. Hal ini ideal untuk rumah dengan pemandangan indah atau ruang teras yang ingin diintegrasikan dengan bagian dalam rumah.

2. Kusen Jendela Geser (Sliding)

model kusen jendela aluminium terbaru

Model geser memberikan kepraktisan dan tampilan yang bersih. Mereka memungkinkan Anda untuk menghemat ruang karena tidak memerlukan ruang ekstra untuk membuka jendela. Desain ini sangat cocok untuk ruang yang terbatas atau untuk menciptakan keterbukaan visual tanpa mengorbankan fungsionalitas.

Baca juga: Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pengecatan Dinding

3. Kusen Jendela Casement

Casement windows dengan kusen aluminium menawarkan tampilan yang elegan dan sangat fungsional. Mereka bisa dibuka sepenuhnya, memberikan sirkulasi udara maksimal, dan memungkinkan cahaya matahari yang cukup masuk ke dalam ruangan. Desain klasik ini sering diaplikasikan dalam gaya arsitektur tradisional atau modern.

4. Kusen Jendela Tanam (Awning)

Model tanam atau awning windows memberikan sirkulasi udara yang baik bahkan saat hujan turun. Mereka terbuka ke luar dengan posisi yang sedikit condong, menciptakan saluran udara tanpa membiarkan air hujan masuk ke dalam ruangan. Ini merupakan solusi praktis dan estetis untuk daerah dengan curah hujan tinggi.

5. Kusen Jendela Putar (Pivot)

Kusen jendela aluminium yang dapat diputar memberikan sentuhan modern dan unik pada desain rumah Anda. Mereka bisa diputar pada sumbu tengah, memungkinkan sirkulasi udara yang efisien dan akses yang mudah untuk perawatan jendela. Model ini cocok untuk gaya arsitektur kontemporer.

6. Kusen Jendela Jengki (Louver)

Jendela louver dengan kusen aluminium adalah pilihan yang populer untuk menciptakan ventilasi yang baik dan memastikan privasi yang tetap terjaga. Louver yang dapat disesuaikan memungkinkan Anda mengatur sejauh mana udara dan cahaya matahari masuk, menciptakan lingkungan yang nyaman dan terkontrol.

7. Kusen Jendela Putar (Tilt and Turn)

Model ini menawarkan fleksibilitas luar biasa. Anda dapat membukanya sepenuhnya, memiringkannya untuk sirkulasi udara tanpa membuka lebar-lebar, atau memutarnya pada sumbu horizontal untuk pembersihan dan perawatan yang mudah. Desain ini sangat cocok untuk kamar tidur atau ruang tamu.

Nah, itu dia 7 model kusen jendela aluminium terbaru saat ini yang bisa menjadi inspirasi. Untuk hasil yang maksimal dan rapi, gunakan jasa kontraktor ACP yang ahli dan berpengalaman.

3 Tips Memilih Model Kusen Jendela Aluminium yang Tepat

Memilih kusen yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda memerlukan pertimbangan yang matang. Berikut adalah tiga tips untuk membimbing Anda dalam proses tersebut.

1. Pertimbangkan Selera Pribadi

Pertama-tama, kenali selera pribadi Anda dalam desain interior dan eksterior. Pilih model kusen jendela aluminium yang mencerminkan gaya estetika yang Anda sukai. Apakah Anda lebih suka dengan desain modern, klasik, atau model kontemporer? Memahami selera pribadi akan membantu Anda menemukan kusen jendela yang tidak hanya fungsional tetapi juga sesuai dengan keindahan rumah Anda.

2. Sesuaikan dengan Gaya Arsitektur Rumah

Setiap rumah memiliki gaya arsitektur yang unik. Pastikan memilih model kusen jendela aluminium yang sejalan dengan gaya arsitektur rumah Anda. Sebagai contoh, rumah dengan gaya minimalis mungkin lebih cocok dengan kusen jendela lipat atau geser, sementara rumah dengan nuansa tradisional bisa mendapatkan sentuhan elegan dari kusen casement.

3. Tentukan Kebutuhan Fungsional

Perhatikan kebutuhan fungsional jendela tersebut. Jika Anda menginginkan sirkulasi udara maksimal, model casement atau geser mungkin menjadi pilihan terbaik. Namun, jika privasi dan kontrol cahaya matahari adalah prioritas, kusen jendela louver atau tanam dapat menjadi solusi yang tepat.

Dengan mempertimbangkan selera pribadi, gaya arsitektur rumah, dan kebutuhan fungsional, Anda dapat memilih model kusen jendela aluminium yang tidak hanya estetis tetapi juga memenuhi kebutuhan praktis rumah Anda. 

Dengan perhatian yang tepat pada detail, rumah Anda dapat memiliki penampilan yang indah dan fungsionalitas yang optimal. Dan satu lagi, semua pekerjaan harus dilakukan secara profesional. 

Jika Anda membutuhkan jasa konstruksi pemasangan kusen aluminium, kaca, dan kontraktor ACP profesional serta berpengalaman, Anda bisa mengunjungi Paluminium.com. Anda bisa konsultasikan kebutuhan Anda di sini.

Akhir Kata

Sekian ulasan tentang model kusen jendela aluminium terbaru. Dalam memilih model kusen jendela aluminium, pertimbangkan selera pribadi, gaya arsitektur rumah, dan kebutuhan fungsional. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, Anda dapat meningkatkan estetika rumah Anda sambil memastikan kinerja yang optimal. 

Dengan melibatkan profesional yang berpengalaman, Anda dapat memastikan bahwa instalasi kusen jendela dilakukan dengan tepat dan sesuai standar. Selamat menciptakan suasana baru di rumah Anda dengan model kusen jendela aluminium terbaru yang sesuai dengan keinginan Anda.

Continue Reading

Bisnis

Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal? Disertai Contohnya

Published

on

identifikasi kebutuhan pasar lokal

Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal – Pasar lokal merupakan salah satu segmen yang sangat penting dalam dunia bisnis. Dalam rangka mencapai kesuksesan, penting bagi para pengusaha dan pelaku bisnis untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar lokal dengan baik.

Dengan memahami kebutuhan pasar lokal, pelaku bisnis dapat mengembangkan produk atau layanan yang tepat sasaran, meningkatkan daya saing, dan meraih keuntungan yang maksimal. Artikel ini akan membahas pentingnya identifikasi kebutuhan pasar lokal serta memberikan contoh-contoh yang relevan.

kesempatan kali, pembahasan prakarya dan kewirausahaan kelas 12 halaman 9. Adanya artikel identifikasi kebutuhan pasar lokal, pembahasan prakarya dan kewirausahaan kelas 12 halaman 9, akan dibahas secara rinci dan jelas, dilengkapi dengan beberapa informasi yang mendasari.

Mengenal Kebutuhan pada Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal beserta Contohnya!

Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal

Dilansir dari buku kemendikbud, berikut ini pembahasan lengkap mengenai identifikasi kebutuhan pasar lokal oleh desta wirnas, s.tp dan kawan-kawan.

1.  Kebutuhan: Alat Tulis Menulis

  • Produk atau ide: penggaris, pulpen, buku
  • Pasar sasaran: toko alat tulis kantor, koperasi sekolah,

2. Kebutuhan: Alat Perlengkapan Kucing

  • Produk atau ide: pakan kucing, tempat makan kucing, pasir kucing, shampo, dan mainan kucing
  • Pasar sasaran: toko hewan atau petshop

3.  Kebutuhan: Alat Bawa Raket Bulu Tangkis

  • Produk atau ide: tas khusus bulu tangkis
  • Pasar sasaran: koperasi sekolah, toko perlengkapan sekolah dan olahraga,

3.  Kebutuhan: Penyimpanan Alas Kaki

  • Produk atau ide: rak gantung
  • Pasar sasaran: toko plastic dan perlengkapan rumah tangga

 4. Kebutuhan: Alat Pembersih Lantai

  • Produk atau ide: pel dengan tangkai yang bisa dilipat
  • Pasar sasaran: toko peralatan rumah tangga

5.  Kebutuhan: Alat Pembawa Barang saat Bepergian

  • Produk atau ide: koper, tas besar
  • Pasar sasaran: toko tas, toko peralatan sekolah

6. Kebutuhan: Alat Tempat Makan

  • Produk atau ide: kotak plastik wadah makanan
  • Pasar sasaran: pasar, toko plastic dan peralatan rumah tangga

7. Kebutuhan: Kebutuhan Baju Muslim di Hari Raya Umat Islam

  • Produk atau ide: baju kokoh, jubah, hingga busana muslim yang sedang trend
  • Pasar sasaran: toko pakaian

8.  Kebutuhan: Alat untuk Mengambil Sesuatu yang Tinggi

  • Produk atau ide: tangga portable
  • Pasar sasaran: toko bangunan

Kesimpulan

Mengidentifikasi kebutuhan pasar lokal merupakan langkah penting dalam mengembangkan bisnis yang sukses. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen lokal, pelaku bisnis dapat mengembangkan produk atau layanan yang tepat sasaran, meningkatkan daya saing, dan meraih keuntungan yang maksimal.

Melalui strategi identifikasi yang tepat, seperti survei, analisis data pasar, dan observasi, pelaku bisnis dapat menggali peluang bisnis yang menguntungkan dan memenuhi kebutuhan pasar lokal. Contoh-contoh yang telah disebutkan di atas menunjukkan bagaimana kebutuhan pasar lokal dapat membantu pelaku bisnis menciptakan nilai tambah dan meraih kesuksesan dalam bisnis mereka.

Baca Juga: Salah Satu Contoh Dari Buku Nonfiksi Adalah

(Upy/G)

Continue Reading

Bisnis

Rekomendasi Software ERP untuk Tingkatkan Strategi Bundling Bisnis Anda

Published

on

Rekomendasi Software ERP untuk Tingkatkan Strategi Bundling Bisnis Anda

Kinerja pengimplementasian bundling bisnis perusahaan sangat ditentukan oleh berbagai aspek, salah satunya adalah efektivitas komponen pendukungnya.

Komponen pendukung yang dimaksud pun cukup beragam mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga perangkat. Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai perangkat pendukung teknik bundling bisnis yaitu software ERP.

Selain itu, untuk memperkaya pengetahuan Anda. Di artikel kali ini pun akan membahas mengenai pengertian bundling dan software ERP, beserta rekomendasi software ERP yang cocok untuk bisnis perusahaan Anda dalam menerapkan teknik bundling

Simak dan pahami secara saksama penjelasan pada artikel di bawah ini, ya!

Pengertian Bundling dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, teknik bundling terbilang cukup diminati untuk diterapkan pada berbagai sektor industri. 

Bundling sendiri merupakan sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang bermakna ‘menggabungkan’. 

Secara menyeluruh, bundling adalah suatu teknik bisnis yang menggabungkan beberapa produk, di mana serangkaian produk tersebut akan dijual menjadi satu unit dengan satu harga. Umumnya teknik bundling juga diterapkan bersamaan dengan pemberian diskon atau promo tertentu, guna semakin meningkatkan minat pelanggan terhadap suatu produk.

Di Indonesia, teknik bundling sudah diterapkan oleh berbagai merk produk terkenal mulai dari McDonald’s, KFC, Alfamart, Indomaret, J’CO, Starbucks, dan masih banyak lagi. Strategi bundling cenderung diimplementasikan dalam bisnis yang bergerak pada sektor F&B dan e-commerce.

Mengupas Apa Itu Software ERP

Software ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan suatu perangkat lunak yang dimodifikasi secara khusus untuk menunjang sekaligus meningkatkan performa bisnis para penggunanya.

Software ERP dewasa ini umumnya sudah dilengkapi oleh berbagai fitur maupun sistem canggih, yang mampu meningkatkan efektivitas efisiensi dari perangkat tersebut. Misalnya, software ERP masa kini sudah dibekali oleh sistem terotomatisasi dan terintegrasi sehingga proses pengoperasian perangkat bisa dilaksanakan secara mudah oleh penggunanya. 

Software ERP saat ini pun sudah mencakup berbagai aspek operasional bisnis suatu perusahaan, seperti pengadaan, akuntansi, manajemen proyek, manajemen aset, pemasaran, distribusi, manufaktur, dan lain sebagainya.

Daftar Rekomendasi Software ERP untuk Bundling Bisnis Anda

Sebagai rekomendasi bagi bisnis perusahaan Anda. Berikut adalah daftar software ERP yang dinilai mampu meningkatkan efektivitas teknik bundling bisnis Anda.

1. RedERP

Rekomendasi Software ERP - red erp

RedERP adalah penyedia layanan software ERP ternama di Indonesia. 

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, mulai dari kelengkapan fitur hingga kemutakhiran sistem yang tersedia. Software ERP RedERP mampu menjamin kinerja maupun performa teknik bundling bisnis Anda. 

Software ERP RedERP sendiri cocok diterapkan oleh industri dari berbagai latar belakang berbeda mulai dari manufaktur, distributor, retail, F&B, garment, hingga e-commerce.

Terkait bundling, Anda bisa memanfaatkan fitur Customer Relationship Management (CRM) yang tersedia dalam software ERP RedERP untuk memaksimalkan proses ataupun outcome teknik bisnis perusahaan Anda tersebut. Software ERP RedERP juga tergolong fleksibel, karena bisa diakses melalui perangkat aplikasi maupun website.

Keunggulan lainnya, software ERP RedERP pun sudah terintegrasi dan terotomatisasi dengan sangat baik. Sehingga dapat dipastikan, pengalaman pengguna dalam menjalankan perangkat RedERP terbilang efisien dan efektif.

2. Oracle ERP

Oracle ERP merupakan penyedia aplikasi ERP berbasis aplikasi dan website, serta menawarkan berbagai modul seperti  keuangan, distribusi, manajemen proyek, dan masih banyak lagi.

Oracle ERP pun tergolong sebagai penyedia layanan ERP yang sudah berpengalaman. Di mana telah membantu banyak perusahaan global dalam mencapai kesuksesan bisnisnya masing-masing.

3. SAP Business ONE

SAP Business ONE, merupakan software ERP termutakhir dan terjangkau yang dapat mengelola seluruh operasi bisnis berskala mikro hingga makro.

Operasi bisnis yang dimaksud mencakup aspek akuntansi serta keuangan, purchasing, manajemen inventaris, penjualan, manajemen pelanggan atau CRM, dan penyusunan laporan maupun analisis bisnis. Anda pun dapat meningkatkan efektivitas teknik bisnis bundling perusahaan Anda melalui aplikasi ERP ini.

4. Zoho ERP Custom

Daftar selanjutnya adalah Zoho ERP Custom, yakni software ERP yang dapat dikostumisasi tergantung kebutuhan pengguna sesuai kebutuhan maupun latar belakang bisnis masing-masing yang dijalankan.

Zoho ERP Custom juga menawarkan penggunanya untuk dapat menciptakan perangkat lunak ERP secara mandiri dan cepat.  Kustomisasi yang ditawarkan antara lain mencakup aspek operasi bisnis antara lain penjualan & pemasaran, keuangan, hingga dukungan pelanggan.

5. Odoo ERP

Rekomendasi terakhir adalah Odoo ERP sendiri, yaitu software ERP open source yang sudah berpengalaman dan mempunyai 30 modul utama. Di mana selalu diperbaharui secara berkala di setiap versinya.

Fitur CRM (Custom Relationship Management) yang dimiliki aplikasi ini memungkinkan Anda, untuk meningkatkan outcome teknik bundling bisnis perusahaan Anda secara bertahap dan berkelanjutan.

Demikian informasi yang bisa disampaikan pada artikel kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan memperluas pengetahuan Anda mengenai topik terkait!

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Continue Reading

Trending