Connect with us

Bisnis

Peralatan Komunikasi Kapal Untuk Berlayar

Published

on

peralatan komunikasi kapal

Kondisi laut tidak selamanya bagus. Kadang kalanya badai menerjang kapal sehingga ada sedikit kecemasan tentunya. Belum lagi kapal juga ada resiko tertabrak karang atau bahkan dibajak penjahat. Untuk menjaga kondisi kapal tetap kondusif, peralatan komunikasi kapal selalu disediakan.

Dengan bantuan perlengkapan kapal ini, kapal bisa berjalan sesuai arah dengan aman dan nyaman. Alat kapal juga sangat banyak. Contohnya seperti alat komunikasi. Sesuai namanya, alat komunikasi ini digunakan untuk berbicara atau berkomunikasi.

Biasanya alat komunikasi ini digunakan untuk menjaga hubungan antar kapal atau juga dengan pusat. Jadi saat ada kondisi genting atau darurat, berbagai alat komunikasi kapal inilah yang nantinya akan digunakan.

Ada banyak peralatan komunikasi kapal yang digunakan. Meskipun alat ini digunakan untuk komunikasi, tapi tetap saja ada beberapa alat yang berbeda fungsi dan bentuk. Tidak heran Anda harus mengenalinya sebaik mungkin jika kelak mau menjadi pelayar. Berikut alatnya

Telegraf

Telegraf menjadi alat yang sudah populer sejak dulu, lebih tepatnya 1840-an. Cara kerja alat ini tidak sulit karena hanya mentranmisikan informasi dari penyalur memakai kode morse. Selanjutnya akan dialirkan lewat kawat menuju penerima.

Dari sini sudah pasti jika awak kapal harus paham kode morse supaya bisa menerjemahkan isi pesan. Dengan adanya peralatan kapal ini, pesan impuls listrik tetap bisa tersampikan meskipun jaraknya tidak berdekatan.

VHF Radio

Di kapal, peralatan komunikasi yang satu ini sangat penting untuk digunakan. Khususnya saat kapal berada di kondisi gawat atau darurat. VHF ini umumnya dipantau oleh coast guard hingga 24 jam non stop.

Semua kapal yang ingin terhubung dengan peralatan komunikasi kapal ini harus stand by di channel 13 dan 16. Dengan begitu setiap kapal bisa tahu jika ada pemberitahuan peringatan keselamatan maupun pemberitahuan darurat lainnya.

Hand held VHF Radio

Bagi yang pernah menjadi awal kapal atau pernah naik kapal, mungkin peralatan ini sudah sering ditemui. Alat yang juga akrab dengan nama HT ini memiliki fungsi yang sama dengan telpon nirkabel yang sering ditemui di rumah-rumah.

Peralatan kapal ini bentuknya cukup kecil sehingga bisa dipakai di mana saja dan mudah dibawa. meskipun begitu, alat kapal ini memiliki radius yang tidak terlalu luas karena hanya 5 mil saja. Tidak heran karena dayanya cukup rendah dengan antena yang tergolong pendek juga.

Telepon satelit

Telepon satelit memang cocok digunakan awal kapal yang setiap harinya berada di lokasi non sinyal GSM. Dilihat dari segi daya jangkau juga tergolong lebih unggul karena adanya base transceiver station di peralatan kapal untuk komunikasi ini.

Supaya selalu lancar untuk melakukan komunikasi, tentu saja antena telepon satelit harus terhubung dengan langit tanpa ada penghalang sedikitpun. inilah yang membuat telepon satelit memang menjadi alat komunikasi terbaik di lautan.

Marine VHF Radio

Marine VHF Radio juga menjadi alat komunikasi lain yang digunakan di atas kapal. Peralatan kapal ini sangat cocok digunakan di kondisi genting sekalipun. Tidak heran jika setiap kapal harus ada 2 marine VHF Radio di dalamnya.

Tujuannya tidak lain supaya tetap stand by di 2 channel penting, yakni 13 dan juga 16. Channel 16 digunakan untuk panggilan SOS/darurat. Sedangkan channel 13 dipakai untuk komunikasi antar kapal.

Family Radio Service Radio

Alat komunikasi untuk kapal ini adalah jenis peralatan kapal pribadi. Maksudnya, alat ini digunakan untuk semua awak. Keberadaanya sangat membantu jika kapal sudah menepi di darat untuk komunikasi. Sayangnya komunikasinya juga belum ada lisensi jadi masih sangat terbatas.

Alat ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi di atas dek kapal. Meskipun begitu masih sangat terjangkau. Pasalnya rentang sambungan hanya 1 sampai 2 kilometer saja. Namun alat ini menjadi alat terbaik jika mau berkomunikasi antar awak kapal yang ada di kapal yang sama.

Single Side Band

Peralatan komunikasi kapal untuk komunikasi terakhir yang paling sering dipakai adalah Single Side Band. Sistem operasi peralatan ini berada di frekuensi tinggi dan juga menengah. Peralatan komunikasi ini bisa dipakai untuk berkomunikasi antar kapal yang jaraknya lebih dari 25 km.

Meskipun begitu juga menyesuaikan ketinggian antena serta kondisi atmosfer pada saat itu. Beda dengan VHF, alat komunikasi ini membutuhkan ground yang besar supaya dapat memancarkan signal yang bagus. Saat ini pelaut lebih sering memakai VHF dan marine VHF dibanding ini.

Itu peralatan komunikasi kapal untuk komunikasi yang sering digunakan di atas kapal. Berada di atas kapal saat perjalanan tentu sangat penting menjalin komunikasi. Jika terjadi sesuatu di atas kapal akan lebih mudah untuk meminta bantuan. Tentu saja dengan peralatan komunikasi di atas.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending