peralatan kapal navigasi

Sekarang ini perwira kapal sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan navigasi sehingga pekerjaannya menjadi lebih mudah. Tinggal memahami peralatan kapal navigasi dan fungsinya saja. Setelah itu kapal sudah bisa berlayar dengan sistem navigasi yang lebih menjanjikan.

Hal ini tambah menarik karena kini para pelaut juga dilatih untuk mengetahui cara pengoperasian berbagai alat modern Alhasil pelayaran menjadi lebih aman dan lancar. Jadi dengan fasilitas navigasi diharapkan mampu memberi data akurat saat pelayaran dilakukan.

Karena navigasi menjadi bagian penting kapal, tidak heran jika ada banyak alat kapal navigasi yang ada. Jadi seorang pelaut sebaik mungkin harus memahami peralatan navigasi ini supaya bisa menggunakannya dengan baik. Apa saja alat navigasinya? Berikut daftarnya

Gyro Compass

Alat navigasi ini dipakai untuk menemukan arah atau haluan yang tepat. Berbeda dengan kompas magnetik, kompas gyro tidak akan  terhambat oleh adanya medan magnet luar. Jadi alat ini sangat akurat untuk menemukan posisi utama yang benar.

Sistem repearternya juga tidak kalah canggih karena ada semacam platform kemudi sehingga membuat kemudia bisa berjalan dengan baik. Kemudi ini juga sangat diperlukan ketika masa darurat supaya tetap aman.

Radar

Peralatan kapal navigasi berikutnya adalah radar. Dari namanya saja mungkin banyak yang sudah paham seperti apa fungsinya. Radar yang dipakai biasanya jenis S-band dan frekuensi Xband. Dengan bantuan radar ini biasanya sangat membantu untuk mendeteksi targhet dan menampilkan informasi yang detail.

Contohnya seperti jarak antar kapal, jarak kapal dengan benda mengambang atau sebagainya. Radar ini berbentuk seperti antena berputar yang bisa menemukan berbagai benda di sekitar kapal.

Kompas magnetik

Kompas magnetik di kapal nantinya akan bekerja sama dengan medan magnet bumi untuk menunjukkan arah yang akurat. Peralatan kapal navigasi ini biasanya dijadikan sebagai haluan voyage ketika berlayar. Umumnya alat ini akan dipasang di garis tengah kapal, tempatnya di atas deck anjungan.

Jadi kompas tipe transmisi magnetik ini dipasang dengan harapan agar output kapal bisa menampilkan data di panel anjungan kapal. Dengan begitu penyajian informasi menjadi lebih transparan dan mudah dibaca.

  • Auto Pilot

Umumnya, bagian anjungan kapal akan dipenuhi dengan berbagai peralatan dan alat untuk navigasi kapal. Auto pilot menjadi salah satu peralatan kapal laut di anjungan yang efektif karena membantu perwira deck untuk mengendalikan dan menjaga kemudi kapal dengan baik.

Dengan bantuan alat kapal ini nantinya kapal mampu menjaga kemudi supaya tetap auto pilot. Dengan begitu perwira dan jajarannya bisa fokus kepada aspek operasi yang lebih luas. Sesuai namanya, auto pilot memungkinkan kemudi bisa berjalan otomatis.

  • ARPA

Fungsi peralatan kapal ini hampir sama dengan alat radar yang sudah dibahas sebelumnya. Jadi alat bantu radar otomatis ini akan menampilkan posisi kapal serta kapal lain yang ada di sekitar. Perlengkapan kapal ini secara konstan memantau bagian kapal dan menangkap target di sekitarnya.

Targetnya berupa vektor yang nanti ditampilkan di layar tampilan dan terus memperbarui parameter dengan putaran antena didalamnya. Antena ini tidak akan berhenti hingga alat dinonaktifkan.

Automatic Tracking Aid

Hampir mirip dengan ARPA, automatic tracking aid ini menampilkan berbagai informasi penting tentang target yang dilacak oleh alat. Yang membedakan peralatan kapal navigasi ini adalah tampilannya yang berupa numberik ataupun grafik khusus.

Alat ini digunakan untuk melihat haluan apa saja yang bisa menganggu perjalanan kapal. Dengan begitu kapal tidak akan terbentur atau tertabrak oleh halangan tersebut.

Echo Sounder

Meskipun banyak peralatan kapal modern untuk menunjang navigasi kapal, tapi tetap ada beberapa alat lawas yang masih digunakan hingga sekarang. Contohnya seperti echo sounder yang memang telah digunakan sejak 100 tahun lalu.

Jadi alat navigasi ini dipakai untuk mengukur kedalaman laut memakai gelombang suara yang telah bekerja dengan sistem tranmisi gelombang suara serta audio pulsa yang akan memantul kembali.

ECDIS

Peralatan navigasi kapal berikutnya adalah Electronic Chart Display Information System atau ECDIS. Ini adalah pengembangan sistem peta navigasi yang sering dipakai di kapal angkatan laut dan juga kapal niaga.

Selain itu, ECDIS juga termasuk peralatan kapal tanker yang sangat dihandalkan peranannya. Dengan peralatan yang memakai sistem navigasi elektronik ini, perwira kapal bisa mudah menentukan lokasi serta mendapat petunjuk arah dengan lebih mudah.

Tidak heran jika alat ini sangat penting untuk digunakan. Peralatan kapal memang menjadi hal penting untuk ada di atas kapal. Dengan alat kapal yang memadai, pelayaran bisa aman dan nyaman.

Kini ada banyak alat kapal modern dengan teknologi canggih yang membuat kapal menjadi lebih menarik dan aman. Berbagai alat tadi dikelompokkan menjadi beberapa jenis, salah satunya peralatan navigasi yang kita bahas ini