peralatan kapal laut

Transportasi di Indonesia sangatlah beragam jenisnya. Secara umum, transportasi dibagi menjadi 3, yakni transportasi darat, laut dan udara. Kapal adalah mode transportasi laut yang cukup populer digunakan. Di artikel ini, kita akan membahas seputar kapal dan juga peralatan kapal laut.

Bagi yang ingin menyeberang laut, biasanya kapal menjadi pilihan transportasi yang banyak dipilih. Selain tergolong murah, sekarang ini juga banyak pelabuhan yang menghubungkan antar pulau sehingga lebih cepat dan mudah.

Pengertian Seputar Kapal Menurut Berbagai Sumber

Sebelum membahas mengenai pengertian peralatan kapal laut, tentu saja Anda harus tahu apa itu kapal terlebih dahulu supaya lebih paham nantinya. Pengertian kapal sudah dijelaskan di berbagai sumber. Adapun pengertiannya sebagai berikut

Menurut KUHD pasal 309 ayat 1

Kapal merupakan semua alat untuk berlayar, apapun nama dan sifatnya. Termasuk didalamnya kapal selam, kapal karam, mesin penggeruk lumpur, alat pengangkut terapung dan lainnya. Meskipun alat-alat ini tidak bisa bergerak sendiri, tapi tetap digolongkan ke alat berlayar.

Mengingat semua benda tersebut bisa mengapung dan bergerak di air. Didalamnya juga ada peralatan kapal untuk menunjang kinerja kapal tersebut.

Menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008

Kapal menjadi kendaraan air dengan jenis dan bentuk tertentu yang digerakkan dengan bantuan angin, ditarik, ditunda serta menggunakan energi lainnya. termasuk didalamnya kendaraan yang menggunakan dukungan dinamis.

Kendaraan di bawah permukaan air serta alat apung dan bangunan terapung yang tidak dapat dipindahkan. Di dalamnya juga terdapat beberapa peralatan kapal yang digunakan untuk sistem kerja kapal tersebut.

Menurut Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004

Kapal merupakan perahu, alat apung atau kapal yang fungsinya untuk menangkap ikan, mengangkut ikan, serta mengelola ikan dan juga melakukan penelitian seputar perikanan.

Setiap kapal yang digunakan untuk berlayar atau untuk transportasi antar pulau harus memenuhi syarat kelaik lautan supaya keselamatan terjamin. Adapun kelaik kapal antara lain sebagai berikut:

  1. Adanya peralatan kapal laut keselamatan
  2. Pencegahan pencemaran air
  3. Pengawakan
  4. Pemuatan
  5. Kesejahteraan awak kapal
  6. Kesehatan penumpang
  7. Manajemen keselamatan perkapalan
  8. Dan masih ada beberapa lainnya

Mengenal Apa Itu Peralatan Kapal Dan Jenisnya

Yang dimaksud peralatan kapal di sini adalah semua benda yang bukan bagian kapal itu sendiri. Namun tetap dibutuhkan dan dipakai di kapal untuk selamanya. Kapal yang baik harus memiliki peralatan untuk menunjang keselamatan serta mengoperasionalkan kapal dengan baik.

Peralatan untuk kapal juga harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan oleh IMO ataupun Biro Klasifikasi serta sudah diuji sebelum digunakan di atas kapal. Meskipun agak ribet, penggunaan peralatan ini digunakan untuk keselamatan para awak serta penumpang kapal.

Berdasarkan fungsinya, standar peralatan kapal dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. Peralatan yang digunakan untuk menunjang keselamatan penumpang ketika terjadi kondisi darurat atau kebakaran
  2. Peralatan yang digunakan untuk melayani atau ketika jam operasional kapal supaya berjalan dengan aman dan lancar

Ada banyak contoh peralatan yang digunakan di kapal. Setiap perlengkapan ini masih dibagi menjadi beberapa jenis lagi. Misalnya peralatan untuk keselamatan penumpang dibagi menjadi beberapa. Misalnya seperti sekoji, penolong, dewi-dewi, pelampung dan beberapa lainnya.

Nah, untuk peralatan kapal operasional diurakan lagi menjadi beberapa bagian seperti;

  1. Untuk keperluan berlabuh di dermaga, kapal harus memiliki jangkar, perlengkapan kapal tambahan seperti rantai jangkar, mesin jangkar, bak jangkar atau beberapa aksesoris lainnya.
  2. Untuk operasional bongkat muatan ketika sudah di dermaga, kapal harus memiliki poeralatan yang bisa menunjang proses tersebut. Peralatan yang digunakan seperti alat angkat, sistem buka tutup palka dan contoh peralatan lainnya
  3. Sistem operasional navigasi maupun komunikasi merupakan peralatan kapal laut yang digunakan untuk mengatur arah serta komunikasi di atas kapal supaya perjalanan lebih aman dan nyaman di lautan
  4. Peralatan yang digunakan untuk melayani mesin supaya tetap sehat seperti bahan bakar, sistem pelumas, sistem air tawar, sistem perpipaan dan masih banyak peralatan tambahan lainnya.
  5. Jendela, pintu serta tangga juga menjadi peralatan lain yang bisa digunakan untuk keselamatan penumpang. Termasuk di dalamnya seperti pintu kedap air yang fungsinya untuk mencegah air supaya tidak masuk ke ruangan tertentu.
  6. Peralatan kapal yang digunakan untuk pelayanan ABK ataupun penumpang seperti sistem sanitrasi untuk kebutuhan air saat mandi, cuci serta keperluan lain yang ada di dapur
  7. Peralatan kemudi yang digunakan untuk menentukan serta mengatur arah haluan serta maneuver kapal. Selain itu juga untuk memberi keseimbangan kapal di putaran maupun arah gerak lurus dari kapal.

Peralatan kapal meskipun tergolong sederhana tetap saja dibutuhkan untuk menunjang kapal hingga berlayar sampai tujuan. Tidak heran tanpa adanya peralatan yang lengkap, kapal kurang aman dan nyaman untuk dikendarai.