Connect with us

wisata

Pengunjung Bukit Kaba Bengkulu, Disiapkan Fasilitas Camping Ground

Published

on

Bukit Kaba Rejang Lebong Bengkulu

Banyak aktifitas menyenangkan yang dilakukan menyambut pergantian tahun, dari berlibur bersama keluarga, nogkrong bareng teman, traveling, dan sebagainya. Salah satu yang menjadi opsi yang banyak dipilih adalah menikmati tahun baru di alam bebas.

Bukit kaba, sebuah destinasi wisata outdoor andalan di propinsi Bengkulu juga selalu kebanjiran pengunjung baik dari warga lokal maupun luar daerah. Menyikapi hal tersebut, Pok Darwis Bukit Kaba sebagai pihak pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba melakukan berbagai persiapan mulai dari penataan areal taman wisata termasuk didalamnya regulasi/aturan pendakian.

“Kita mempersiapkan sarana dan prasarana di pos (pokdarwis) terutama areal parkir kendaraan, mengingat peningkatan pengunjung bisa berkali lipat dari hari biasa.” Terang Ujang Sahdi (43) Ketua Pok Darwis Bukit Kaba.

Menurut pria yang akrab disapa Ujang ini, pengunjung TWA Bukit Kaba saat ini di dominasi kendaraan roda dua, sehingga ketersediaan areal parkir yang cukup menjadi prioritas mereka.

Selain itu, pihak pengelola juga mepersiapkan area camping ground sebagai tempat transit pendaki sebelum atau sesudah mendaki. Fasilitas Camping Ground tersebut dapat dimanfaatkan pengunjung secara gratis.

“Di fasilitas ini (Camping Ground) kita dibantu teman-teman dari Forum Sapu Hijau (FSH), mereka menyiapkan tenda kapasitas 30 orang sebanyak 2 buah untuk digunakan pengunjung, selain itu FSH  bersama palang merah Indonesia juga menyiapkan pos medis disana”. Lanjut Ujang.

Dikesempatan yang sama, Arnaldo Dau (38) Ketua Forum Sapu Hijau menambahkan, pihaknya juga melakukan aksi bagi-bagi kantong sampah dan pos ceklist perlengkapan pendaki. “Kita juga memberikan edukasi bagaimana prosedur standar aktifitas alam terbuka kepada para pengunjung”. Terangnya.

Furum Sapu Hijau sendiri adalah komunitas bersama beberapa kelompok pencinta alam di Rejang Lebong dan Kepahiang, Bengkulu yang intens pada masalah sampah di gunung. Dalam perkembangannya, FSH sudah beberapa kali melakukan aksi bersama bersih gunung di area TWA Bukit Kaba. (Rls)

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Trending