Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli

0
836

Internet marketing adalah sebuah usaha yang dilakukan perusahaan guna memasarkan produk dan jasa. Sekaligus menciptakan dan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan melalui media internet. Pengertian internet marketing menurut para ahli sangat beragam, menyajikan hasil pemikiran dari skala praktis hingga komplit.

Ragam Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian internet marketing menurut para ahli yang bisa dijadikan pedoman saat mendalami dunia digital marketing.

Operasi Internet Marketing Untuk Bisnis
Operasi Internet Marketing Untuk Bisnis (interbangrecords.com)

Kotler dan Armstrong (2008)

Sebuah bentuk pemasaran yang pada basisnya merupakan situs publik, berpengaruh besar terhadap jaringan komputer yang tipenya berbeda. Serta jaringan tersebut berasal dari berbagai negara di seluruh belahan dunia. Terhubung satu dengan yang lainya dalam sebuah wadah informasi yang sangat besar.

Lebih dalam lagi Kotler dan Amstrong berpendapat bahwa internet marketing adalah bagian dari e-Marketing dan e-Business. Sehingga sangat penting memanfaatkan media internet dalam rangka membangun hubungan dengan pelanggan.

Baca juga tips digital marketing berikut ini;

Coupey (2001)

Internet marketing dapat menjadi sarana komunikasi antara konsumen, penjual, dengan jutaan organisasi lain. Penggunaan internet memungkinkan masyarakat melakukan adaptasi mengenai cara komunikasi. Apakah cukup dilakukan oleh seseorang atau seluruh target pasar agar lebih cepat dan mudah.

Mulia (2009)

Internet marketing merupakan sebuah sarana yang dijadikan tempat pemasaran produk maupun jasa melalui internet.

Chaffey (2000)

Internet marketing adalah aplikasi dari internet dan berbagai teknologi digital terkait guna mencapai tujuan pemasaran. Teknologi-teknologi pendukungnya antara lain kabel-kabel, satelit, media internet, perangkat lunak, dan perangkat keras, yang dibutuhkan untuk internet marketing tersebut.

Sehubungan dengan itu, Chaffey juga merumuskan tentang digital marketing artinya sama dengan electronic marketing. Dimana masing-masing pihak bisa menjelaskan mengenai management dan eksekusi suatu pemasaran melalui media elektronik. Dalam hal ini memanfaatkan e-mail, iwebsite, e-mail, dan interactive TV. Selain itu, menggunakan wireless media bersama yang menyajikan data digital tentang kebiasaan dan karakteristik pelanggan. 

Chen-Ling, & Lie (2006)

Keduanya merumuskan internet marketing dengan bahasa e-Marketing  dalam Journal of American Academy of Business. E-marketing merupakan proses memasarkan produk dan layanan ke konsumen dengan memanfaatkan media website. Pengguna e-marketing akan lebih mudah melakukan akses mengenai informasi produk yang dijual kapan saja dan dimana saja. Selama sambungan internet dengan komputer tetap terhubung.

El-Gohary (2010)

El-Gohary juga merumuskan pengertian internet marketing yang dinilai sebagai filosofi baru dan sebuah praktek bisnis modern. Hal-hal yang berhubungan satu sama lain yakni informasi, pemasaran barang atau jasa, dan ide melalui jaringan internet. Sehingga kebutuhan dan tujuan kedua belah piha dapat dicapai.

Baca juga;

Mohammed (2003)

Pengertian internet marketing yakni suatu proses membangun lalu memelihara hubungan dengan pelanggan. Hubungan tersebut dapat dicapai setelah melalui kegiatan yang dilakukan secara online sebagai wadah bertukar ide, produk, maupun jasa.

Traver dan Laudon (2008)

Keduanya merumuskan pengertian internet marketing dalam bukunya. Internet marketing dianggap sebagai pemasaran melalui web. Sama halnya dengan saluran tradisional guna membangun hubungan berjangka panjang dan positif dengan pelanggan. Baik dilakukan secara online dan offline, hasilnya diharapkan dapat menciptakan kompetisi unggul. Sehingga memungkinkan perusahaan membuat harga yang lebih tinggi pada produk maupun layanan. Harga tersebut mampu bersaing dengan harga yang ditawarkan oleh kompetitor.

Keller dan Kotler (2009)

Keller dan Kotler memberi definisi internet marketing dalam istilah yang lebih modern yaitu e-marketing. E-marketing serupa dengan internet marketing yang dianggap sebagai upaya perusahaan. Dalam rangka mempromosikan, menginformasikan, mengkomunikasikan, dan menjual produk maupun jasa menggunakan media internet.

Baca juga: