Pemkab Pekalongan Raih Penghargaan Badan Publik Terbaik Peringkat IX Se-Jawa Tengah

0
479
Kabag Humas Setda Kabupaten Pekalongan - Anis Rosidi, mewakili Bupati Pekalongan berfoto bersama Kabid Kominfo Dinhubkominfo Kabupaten Pekalongan - Abdul Azis, seusai menerima penghargaan

Kabupaten Pekalongan – Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah, 4 Desember 2015 lalu menganugerahkan Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan sebagai Badan Publik katagori pemerintah kabupaten / kota Terbaik IX se- Jawa tengah,

dalam melaksanakan tata kelola keterbukaan informasi publik Tahun 2015. Penghargaan yang diserahkan dalam acara Malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik di Hotel Star Semarang.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko kepada Kepala Bagian Humas Setda Kab. Pekalongan, Anis Rosidi, S.Sos. M.Si mewakili Bupati Pekalongan, Drs. Amat Antono, M.Si.

Dalam acara yang dihadiri oleh Bupati/Walikota dan Kepala SKPD se- Jawa tengah tersebut, Ketua KIP Jateng, Rahmulyo mengumumkan sejumlah Badan Publik dalam tiga katagori, yaitu SKPD Tingkat Propinsi Jawa Tengah, Instansi vertikal , dan Pemerintah Kabupaten/kota yang transparan di Prov. Jawa Tengah.

Menurut Rahmulyo, KIP berupaya mewujudkan penyelenggaraan negara, eksekutif, legislatif, dan yudikatif, serta badan lain yang fungsi dan tugasnya berkaitan dengan penyelenggaraan negara

agar sesuai dengan tata kelola keterbukaan publik yang transparan, efektif, efisien dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan kinerjanya kepada rakyat.

Untuk penganugerahan tahun ini KIP telah membentuk team penilai independen dari unsur akademisi, PWI dan komisioner KIP yang telah menetapkan 10 besar badan publik untuk masing-masing katagori.

Pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmiko mengajak bupati/walikota dan Kepala SKPD se-Jateng untuk mendukung KIP Jateng untuk mewujudkan Good Governance sebagai bentuk ketaatan kepada UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

Sementara itu, Kabag Humas Setda Kab. Pekalongan mengungkapkan bahwa sesuai dengan amanat Undang-Undang No 14 tahun 2008 dan Instruksi Presiden No 9 tahun 2015 tentang Pengelolaan Informasi Publik, Pemerintah Kabupaten Pekalongan telah menerapkan tata kelola keterbukaan informasi publik.

Di era kuatnya tuntutan keterbukaan publik dewasa ini, Pemerintah Kab.Pekalongan berkomitment untuk melayani publik dengan informasi terkait kebijakan pemerintah yang sudah, sedang dan akan dilakukan dengan berbasis data,fakta dan updating informasi.

“Menjadikan kebanggaan tersendiri apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam hal tata kelola keterbukaan informasi publik mendapat apresiasi dari KIP.

Sedangkan Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pekalongan, Abdu Aziz menambahkan bahwa penghargaan ini akan dapat menjadikan motivasi bagi pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dibidang informasi dan komunikasi sesuai dengan tata kelola keterbukaan informasi publik.

loading...