Pemerintah Kabupaten Batang Sosialisasikan Bantuan Dana Hibah

0
809
Pemerintah Kabupaten Batang Sosialisasikan Bantuan Dana Hibah 2

Untuk memberikan pemahaman dan penyaman persepsi penyaluran bantuan sosial, hibah yang bersumber dari APBD Tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Batang menggelar soialisasi penyaluran bantuan sosial, hibah dan bantuan keuangan daerah Tahun 2015 .

Sosialisasi yang digelar di Aula Kantor Bupati Rabu 11/11/15 diikuti oleh puluhan pengurus dari organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi kepemudaan (OKP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta beberapa undangan lainnya.

Kepala bagaian Kesejahtaraan Sosial Setda Kabupaten Batang Abdurahman mngatakan tujuan pelaksanaan sosialisasi ini dalam rangka memberikan pemahaman yang jelas terutama tentang pemberian dana hibah dan dana bansos.

Pemerintah Kabupaten Batang Sosialisasikan Bantuan Dana HibahSelain itu, sosialisasi ini juga bermaksud untuk memberikan pemahaman kepada para pengurus organisasi tentang tata cara pendirian dan pendaftaran organisasi serta perundang-undangan yang mengatur tentang ormas dan pengelolaan bantuan dana hibah dan bansos yang bersumber dari dana APBD.

Kepala Kesatuan Kebangsaan dan Politik Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata saat menjadi narasumber menjelaskan, ada regulasi baru yang mengatur penyaluran dana hibah dan dana sosial lainya yaitu Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hibah dan Bansos yang bersumber dari APBD serta Permendagri Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Dalam kesempatan di Sosialisasi ini di harapkan ada pemahaman dan pengetahuan kepada peserta tentang pendirian dan pendaftaran organisasi serta aturan yang mengatur tentang ormas dan pemahaman tentang pemberian hibah dan bansos yang bersumber dari dana APBD dan juga aturan dalam pengelolaannya.

“Karena ini aturan maka setiap ormas yang menerima bantuan hibah yang brseumber dari APBD harus berbadan hukum, yang tidak berbadan hukum tidak bisa menerima bntuan tersebut”. Kata Agung Winu Barata

Sekertaris Dinas Pendapatan Pengelola keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Batang Suprapto yang juga sebagai narasumber menjelaskan, pada intinya pemerintah sudah siap menyalurkan dana bantuan hibah tersebut, asalkan penerima bantuan hibah sudah siap dan komplit sesuai dengan persyaratan yang di berlakukan seuai dengan peraturan.

“Kalau kita pingin bantuan teralisasi dan selamat dari jeratan hukum kami harapkan semua penerima bantuan hibah yang bersumber dari APBD harus melengkapi persyaratanya yang mewajibkan berbada hukum dan mempunyai SKT”. kata Suprapto.

Sementara Siafudin Djufri Kepala Sub Bagian Agama di Bagian Kesra mengatakan,” bantuan hibah yang akan di salurkan untuk sarana tempat ibadah 276, organisasi kepemudaan sebanyak 96, dan 70 untuk bantuan keagamaan”. katanya. (Edo/HL)