Pemda Bengkulu Utara Gelar Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes

0
469

Bengkulu Utara,(GC) – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Utara menggelar acara resmi Workshop Hasil Evaluasi Implementasi  Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Tata Kelola Keuangan Desa Tahun 2018.

Dari Pantauan Media ini, Acara yang di buka langsung oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian, Kamis (5/4/2018)  di gedung Balai Ratu Samban Arga Makmur, yang dihadiri oleh Direktur wilayah III Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pusat, Iskandar Novianto.AK.M.Si dan kepala perwakilan BPK Provinsi Bengkulu, Yuan Chandra Djaisin.SE.MM.CPA, Kemudian Direktur Reserse Kriminal Khusus kepolisian Daerah Provinsi Bengkulu, Kombes Pol Drs.Herman, MM dan anggota komisi XI DPR RI, dr.Anarulita Muctar, terlihat berjalan dengan hikmat.

Dalam sambutannya Bupati Bengkulu Utara, Ir.Mian Menyampaikan, dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, sehingga pemerintahan Desa di berikan kewenangan untuk mengelola keuangan Desa yang digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Dengan alokasi anggaran yang besar tentunya para Kepala Desa mempunyai tanggung jawab yang besar pula,” kata Ir.Mian.

Bupati Bengkulu Utara, Ir.Mian juga menjelaskan, Dengan keterlibatan BPKP, maka dalam pengelolaan keuangan Desa, diharapkan para Kepala Desa harus transparan, akuntabel serta efektif dalam penyelesaian administrasi tata kelola keuangan Desa. Kemudian para kepala desa juga harus bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Karena BPKP melaksanakan tugas sebagai pengawasan keuangan dan pembangunan berupa audit, konsultasi, evaluasi dan pemberantasan KKN, sehingga aplikasi Siskeudes ini, adalah sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan para Kepala Desa,” jelas Ir.Mian.

Kemudian Bupati Bengkulu Utara, Ir.mian menambahkan, tahun 2017 lalu, Siskeudes ini pernah disosiasasikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkulu Utara. Namun hasilnya belum maksimal lantaran keterbatasan pengetahuan Aparatur Desa.

“Bagi Kepala Desa yang belum paham tentang Siskeudes dapat ditanyakan langsung dengan para nasumber yang hadir di workshop hari ini. Mereka adalah para pakar pengelola keuangan Negara,” tutup Ir.Mian. (Ben/Adv)