Connect with us

Kesehatan

Organ Gerak Banyak Sekali Fungsinya

Published

on

organ gerak banyak sekali fungsinya

Organ gerak banyak sekali fungsinya, simak selengkapnya disini. Gerak aktif yaitu otot, dan gerak pasif yaitu tulang merupakan dua jenis gerak yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk bergerak. 

Berikut organ gerak banyak sekali fungsinya

Berikut akan kami sampaikan organ gerak banyak sekali fungsinya, simak terus ya.

1. Otot

Merupakan jaringan dalam tubuh manusia yang berperan sebagai alat gerak aktif untuk membantu tulang bergerak. Tanpa otot, tubuh manusia tidak akan bisa bergerak. Otot dibagi menjadi tiga jenis menurut jenisnya, yaitu otot polos, otot jantung, dan otot lurik. 

Otot polos adalah jaringan yang tersusun dari sel-sel otot yang berbentuk seperti gelendong yang ujungnya meruncing dan hanya memiliki satu inti sel. Otot polos dapat ditemukan di usus, sistem peredaran darah, dan saluran kemih. 

2. Otot jantung

Otot jantung merupakan otot yang bekerja terus menerus tanpa henti. Otot jantung memompa darah ke seluruh tubuh melalui dinding jantung, dan bekerja di bawah kendali kesadaran. 

Saraf simpatis dan parasimpatis mempengaruhi otot jantung. Jadi organ gerak banyak sekali fungsinya.

3. Otot lurik 

Otot lurik disebut juga otot lurik, karena melekat pada lurik tubuh manusia. Disebut otot lurik karena dicirikan oleh garis-garis gelap dan terang pada serat otot. Otot ini bertindak secara sadar sesuai dengan perintah otak. 

4. Tulang

Peralatan gerak pasif Tulang adalah kerangka yang membentuk tubuh manusia dan hewan, dan tanpanya, sistem pergerakan manusia tidak akan memadai. Berikut jenis tulang yang ditemukan pada tubuh manusia. Jadi organ gerak banyak sekali fungsinya.

a. Rangka kepala (tengkorak)

Tengkorak wajah ditutupi dengan tulang, serta yang melindungi otak, dan kerangka kepala meliputi:

  • Tulang rahang atas
  • Tulang rahang bawah
  • Tulang air mata
  • Tulang langit-langit
  • Tulang dahi
  • Tulang belakang kepala
  • Tulang candi
  • Tulang mahkota
  • Tulang baji
  • Menyaring tulang
  • Tulang hidung
  • Tulang pipi
  • Pisau tulang
  • Tulang lidah

b. Rangka badan dan anggota gerak

Tungkai atas dan bawah (sepasang tangan) terdiri dari kerangka anggota tubuh pada manusia, yang merupakan pipa tersegmentasi yang mendukung gerakan tubuh. 

Tulang lengan atas, ulna, tulang tuas, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang buku-buku jari terdiri dari tulang lengan atas, tulang kering, tulang betis, tempurung lutut tulang, tulang kaki, dan tulang jari. 

c. Fungsi anggota gerak pada manusia

Makhluk hidup dapat bergerak ketika pemicu mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. Bergerak adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau mengubah posisi sebagian atau seluruh tubuh. 

Makhluk hidup dapat berjalan, berlari, melompat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya, berkat alat gerak. 

Integrasi alat-alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Ini adalah jawaban dari “organ gerak banyak sekali fungsinya” semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pengertian Dan Tujuan Teks Prosedu

(Upy/G)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

info

Aturan Minum Obat Cacing Untuk Anak, Cek Selengkapnya

Published

on

Aturan Minum Obat Cacing Untuk Anak

Salah satu masalah kesehatan yang dihadapi ayah dan ibu saat balita mengalami pertumbuhan adalah cacingan, bagaimana aturan minum obat cacing untuk anak? Infeksi yang terjadi karena adanya sekelompok parasit seperti cacing gelang dan cacing tambang di dalam perut atau usus. 

Cacingan biasanya disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih. Jika tidak segera diobati, cacingan bisa berdampak serius pada kesehatan dan pertumbuhan si kecil. Ya, cacingan dapat merusak status balita dengan menyebabkan perdarahan dalam yang dapat menyebabkan anemia, radang usus dan sumbatan, diare, serta gangguan asupan gizi, pencernaan dan penyerapan. 

Untuk mengobati cacingan, anak anda harus menjalani pengobatan yang melibatkan penggunaan obat-obatan untuk menghilangkan cacingan di ususnya. vitummy adalah madu murni untuk mengatasi cacingan.

Bagaimana Aturan Minum Obat Cacing Untuk Anak?

Jika ibu menduga anaknya terkena cacingan berdasarkan gejalanya, segera bawa ke dokter untuk berobat. Pemberian obat cacing bertujuan untuk menghilangkan cacingan dan infeksi yang menyebabkan balita merasa tidak nyaman.

Setelah diberi obat, anak ibu akan mengeluarkan cacing di ususnya melalui feses. Jika sudah sembuh, tubuh anak anda sudah mampu menyerap vitamin A dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembangnya. 

Dengan begitu, anak anda tidak akan mengalami gizi buruk dan berat badannya bisa bertambah. Namun obat cacing yang diberikan pada anak harus di bawah pengawasan dokter yang merekomendasikan agar anak-anak di daerah endemik diobati secara teratur dengan obat-obatan yang membunuh cacing parasit. Aturan minum obat cacing untuk anak harus kalian perhatikan.

Aturan Minum Obat Cacing Untuk Anak

Kapan balita boleh mulai minum obat cacing untuk pencegahan? Menurut anjuran, pemberian obat cacing bisa dimulai dari anak usia 2 tahun. Hal ini dikarenakan pada anak usia 2 tahun telah terjadi kontak dengan tanah yang merupakan sumber penularan infeksi cacing. Pemberian obat cacing dapat diulang setiap 6 bulan sekali.

Sedangkan untuk daerah non endemik obat cacing harus diberikan sesuai indikasi dan menurut pemeriksaan dokter dengan hasil pemeriksaan feses positif ditemukan telur cacing atau cacing.

Prinsip pemberian obat cacing pada anak adalah bila dari hasil pemeriksaan feses ditemukan telur cacing atau cacing, dan mengalami gejala anemia, gangguan gizi dan kelelahan, lesu.

Bagaimana Mencegah Penyakit Cacing Pada Anak?

Setelah balita terbebas dari cacingan, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh ibu dan ayah agar buah hati tercinta tidak lagi terjangkit cacingan. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah balita dari cacingan:

  • Sebelum memasak sayur dan memberikan buah pada anak untuk dimakan, periksa dengan teliti apakah ada cacing pada setiap buah dan sayur
  • Biasakan untuk tidak membiarkan anak makan daging mentah (terutama daging merah dan ikan) dan sayuran kurang matang yang mungkin ada cacingan.
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak
  • Terapkan kebiasaan bersih pada anak setiap kali bermain di luar rumah
  • Jangan biasakan anak bermain di rumput, pasir, atau area outdoor tanpa memakai sepatu
  • Jangan lupa untuk cuci buah dan sayur sebelum dimakan
  • Jangan biarkan anak-anak minum air mentah, masak air sampai matang sebelum diminum
  • Pastikan anak mencuci tangan dengan sabun sebelum mengkonsumsi apapun

Cacing usus adalah cacing parasit seperti cacing kremi, cacing pita, cacing gelang, dan cacing tambang yang dapat menimbulkan masalah begitu mulai menginfeksi tubuh manusia. Aturan minum obat cacing untuk anak harus anda perhatikan dengan baik.

Jika tidak diobati, cacing ini akan membusuk di dinding usus dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih besar. Ada banyak penyebab cacingan pada balita, umumnya karena air. Oleh karena itu, jika balita minum air yang terkontaminasi, mereka akan terkena cacingan. 

Lingkungan yang buruk alias tidak bersih menjadi penyebab lain cacing masuk ke tubuh balita. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kurang matang dari, buah, daging ayam dan sayuran yang terinfeksi dapat menyebabkan cacingan.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai aturan minum obat cacing untuk anak, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Apa Nama Alat Ukur Jumlah Zat?

Continue Reading

info

Tanpa Organ Gerak Manusia Tidak Dapat Bergerak

Published

on

tanpa organ gerak manusia tidak dapat bergerak

Tanpa organ gerak manusia tidak dapat bergerak pada tema 1 kelas 5 SD. Lihat kunci jawaban tema 1 kelas 5 untuk buku tematik halaman 2, 3, 4, 5, 6 dan 7, subtema 1 pembelajaran 1. Bagaimana jawaban dari ” tanpa organ gerak manusia tidak dapat bergerak?”

Tanpa organ gerak manusia tidak dapat bergerak

Organ gerak hewan dan manusia merupakan mata pelajaran tema 1 untuk kelas 5 sd 2013 dalam Kurikulum Revisi Edisi 2017. Sedangkan organ gerak hewan merupakan mata pelajaran subtema 1 pada tema 1 untuk Kelas 5 SD. 

Kunci jawaban soal subtema 1 pembelajaran 1 pada halaman 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 pada artikel ini berfungsi sebagai acuan bagi orang tua atau wali dalam menyesuaikan hasil belajar anak. 

Fungsi Organ Gerak

Alat gerak aktif dan pasif dibagi menjadi alat gerak aktif dan pasif, yang memiliki fungsi berbeda. Pada dasarnya, manusia dan hewan tidak dapat bergerak tanpa organ gerak. Sudah paham kan jawaban dari “tanpa organ gerak manusia tidak dapat bergerak?”

Kita dapat mengenali perbedaan organ gerak aktif dan organ gerak pasif pada manusia. Ini termasuk posisi berputar, kaki berayun, atau berjalan. Ada dua jenis organ gerak manusia, yaitu organ gerak aktif dan organ gerak pasif. 

Tulang menyediakan penggerak pasif, sedangkan otot menyediakan penggerak aktif. Tulang dan otot bekerja bersama-sama untuk menggerakkan tubuh meskipun ada. Sendi juga mengubah tulang dan otot menjadi sistem gerak. 

Apa yang dimaksud dengan organ gerak pasif? Ini adalah mekanisme penggerak yang tidak dapat bergerak sendiri. Tulang merupakan organ pasif pergerakan manusia, karena memiliki permukaan yang keras dan melindungi organ-organ dalam tubuh. Tanpa penggerak aktif, tulang tidak bisa bergerak. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tulang adalah gerak pasif manusia. Tulang berperan besar dalam sistem gerak manusia, meskipun kokoh dan kuat. Berikut adalah berbagai fungsi tulang: 

  • Memberikan gerakan tubuh agar manusia dapat bergerak
  • Membentuk dan menopang tubuh
  • Melindungi organ dalam manusia
  • Sebagai tempat penyimpanan bahan galian
  • Memberikan gesekan bagi tubuh manusia agar dapat bergerak.

Demikian jawaban dari “tanpa organ gerak manusia tidak dapat bergerak” semoga memberikan banyak manfaat.

Baca Juga: Alat Musik Yang Sumber Suaranya Berasal Dari Getaran Udara Disebut

(Upy/G)

Continue Reading

Kesehatan

Asuransi Kesehatan Penting untuk Dimiliki, Ini Manfaat dan Jenis-jenisnya!

Published

on

Asuransi Kesehatan

Baik program dari pemerintah maupun penyedia layanan asuransi kesehatan swasta, produk proteksi kesehatan terus dibutuhkan masyarakat.

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memberikan jaminan kesehatan dari perusahaan asuransi dalam menanggung dana perawatan medis akan risiko sakit maupun kecelakaan yang dialami nasabahnya. Memiliki asuransi kesehatan cover biaya ICU juga bisa dipilih sesuai kebutuhan, seperti tertera dalam polis asuransinya.

Jika Anda belum memiliki produk proteksi satu ini, maka asuransi online terbaik sesuai budget dapat dipilih.

Agar bisa mendapatkan perlindungan maksimal, maka sebaiknya pahami dulu apa itu asuransi kesehatan, manfaat hingga jenis-jenisnya yang bisa dipilih.

Mengenal Lebih Dalam Asuransi Kesehatan

Sebelum lebih jauh membahas mengenai produk asuransi kesehatan, maka penting untuk memahami dan mengenal asuransi kesehatan, sehingga bisa menentukan sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi kesehatan merupakan sebuah bentuk jaminan yang diberikan kepada pihak yang tertanggung atau klien agar nantinya jika mengalami kejadian yang membutuhkan pengobatan, maka biayanya akan ditanggung sebagian maupun sepenuhnya sesuai dengan premi yang dibayarkan.

Terdapat ketentuan dari setiap polis yang ada dan berkaitan dengan besaran tanggungan yang diterima, termasuk berkaitan dengan jenis penyakit yang dimiliki dan hal relevan serta penting lainnya.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari kepemilikan proteksi kesehatan:

1. Menjaga Kondisi Keuangan Anda

Tahukah Anda, memiliki asuransi kesehatan bisa menjaga kondisi keuangan. Pasalnya, dengan membeli produk asuransi kesehatan, Anda bisa memiliki cara untuk melindungi keluarga khususnya dalam hal kesehatan.

Nah, ketika memiliki asuransi kesehatan, maka Anda tidak perlu bingung lagi terkait bagaimana biaya yang nantinya dibutuhkan untuk pengobatan, biaya perawatan, operasi, dan lainnya termasuk untuk penanganan kecelakaan.

Dalam arti lain, memiliki asuransi kesehatan bisa menjaga kondisi keuangan Anda secara tidak langsung khususnya dalam kondisi-kondisi tertentu tentang kebutuhan penanganan kesehatan.

2. Terhindar dari Permasalahan Ekonomi Ketika Sakit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pentingnya Anda menggunakan asuransi kesehatan adalah untuk menjaga kondisi keuangan. Karena itu, dengan

menggunakan asuransi kesehatan, Anda juga bisa terhindar dari permasalahan ekonomi.

Mengingat banyak yang dibutuhkan ketika Anda sakit terutama dalam hal keuangan, maka dengan menggunakan asuransi kesehatan Anda tidak akan kaget dan panik lagi ketika sewaktu-waktu membutuhkan pengeluaran saat sakit.

Selain terhindar dari permasalahan ekonomi ketika Anda atau salah satu anggota keluarga sakit, memiliki produk asuransi kesehatan juga membuat Anda bisa sigap mengambil langkah untuk tindakan penyembuhan yang dibutuhkan secara mendadak.

Pasalnya, asuransi kesehatan umumnya sudah terintegrasi dengan fasilitas kesehatan sehingga penanganan saat Anda atau anggota keluarga sakit pun tidak membutuhkan waktu yang panjang.

3. Bentuk Disiplin Perencanaan Keuangan

Bagi seseorang yang bijak dalam mengelola keuangan khususnya untuk keuangan keluarga,

pastinya tidak akan melewatkan asuransi kesehatan. Pasalnya, dengan memiliki asuransi kesehatan bisa menjadi bagian penting dari segi keuangan Anda dan keluarga.

Segi kedisiplinan mengelola keuangan terletak setelah Anda membeli asuransi kesehatan. Yaitu saat Anda dituntut untuk mengatur keuangan khususnya dalam hal pembayaran premi per bulan atau per tahun tanpa mengganggu adanya pengeluaran-pengeluaran lain.

Mengingat kebutuhan untuk kesehatan adalah hal yang perlu dicover dengan baik, maka mau tidak mau Anda disiplin dalam mempersiapkan atau membagi keuangan keluarga sebijak mungkin baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Muncul Rasa Aman, Nyaman, dan Tenang

Dengan memiliki produk asuransi kesehatan, Anda juga akan lebih tenang sebab akan muncul rasa aman dan nyaman. Hal tersebut dikarenakan Anda memiliki jaminan perlindungan atau sebuah proteksi kesehatan yang bisa Anda gunakan ketika dibutuhkan.

Itu sebabnya, Anda tidak perlu khawatir ketika muncul biaya pengobatan yang harus dibayarkan.  Bayangkan saja ketika Anda tidak memiliki asuransi dan tiba-tiba salah satu anggota keluarga membutuhkan biaya pengobatan.

Maka mau tidak mau harus mencari kesana kemari untuk memenuhi kebutuhan pengobatan tersebut. Nah, dengan memiliki produk asuransi kesehatan, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Sebab, ketika kebutuhan terkait pengobatan, perawatan, dan lainnya muncul tiba-tiba, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan produk asuransi kesehatan tadi.

5. Belajar Mengelola Keuangan

Selain beberapa hal di atas, pentingnya memiliki asuransi kesehatan juga terletak pada sikap belajar untuk mengelola keuangan.

Bagaimana tidak, pengeluaran untuk pembayaran premi per bulan membuat Anda mau menyisihkan penghasilan di samping untuk menutupi kebutuhan lainnya.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Setelah mengetahui apa itu asuransi kesehatan dan manfaatnya, berikut ini adalah jenis-jenis produk proteksi kesehatan yang bisa dipilih:

1. Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan dan mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di rumah sakit.

2. Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan pasien, berupa pelayanan medis seperti pengamatan, diagnose, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lain yang tidak mengharuskan pasien tinggal di rumah sakit

3. Asuransi Kesehatan Wajib

Asuransi kesehatan yang dilakukan secara wajib dan mengikuti aturan tertentu, seperti seorang karyawan yang harus membeli polis asuransi sesuai peraturan perusahaan tempat dia bekerja.

4. Asuransi Kesehatan Sukarela

Asuransi kesehatan yang dilakukan secara bebas. Itu berarti, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari individu tersebut tanpa terikat sesuatu aturan perusahaan

5. Asuransi Kesehatan Tanggungan Total

Asuransi kesehatan di mana seluruh biaya perawatan nasabah akan ditanggung perusahaan asuransi. Baik rawat inap maupun rawat jalan yang jumlahnya sesuai polis asuransi

6. Asuransi Kesehatan Tanggungan Tinggi Saja

Asuransi kesehatan di mana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar dan tidak akan mengcover biaya rawat jalan kecil, missal pemeriksaan, diagnose, dan obat.

7. Asuransi Kesehatan Personal

Asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada satu pribadi saja sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis asuransi.

8. Asuransi Kesehatan Kelompok

Asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada kelompok tertentu (anggota keluarga atau anggota perusahaan) dengan syarat dan ketentuan polis.

9. Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi kesehatan yang hanya memberi perlindungan kesehatan saja, bukan investasi. Premi yang dibayarkan akan disimpan dan digunakan saat pemegang polis mengajukan klaim

10. Asuransi Kesehatan Unit Link

Asuransi kesehatan yang mempunyai dua manfaat sekaligus, yakni proteksi kesehatan dan investasi.

11. Asuransi Kesehatan Cashless

Jenis asuransi kesehatan satu ini memudahkan nasabah dalam membayar tagihan rumah sakit. Nasabah tidak perlu menalangi biaya berobat dari uang pribadi terlebih dahulu. Biaya akan ditanggung perusahaan asuransi.

12. Asuransi Kesehatan Reimbursement

Asuransi kesehatan di mana nasabah membayar biaya pengobatan atau perawatan rumah sakit terlebih dahulu. Setelah itu, baru mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.

Itulah pembahasan mengenai asuransi kesehatan, manfaat dan jenis-jenisnya yang penting untuk dipahami. Jadi, sudahkah memiliki produk proteksi kesehatan?

Baca Juga: Mengenal Produk Asuransi dan Perlindungan dari TLO

Continue Reading

Trending