Connect with us

Published

on

Depok, GC – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok melakukan penjangkauan dan edukasi kepada tujuh Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) hasil penertiban Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok belum lama ini. Salah satunya, anak jalanan yang menjadi manusia badut.

Menurut Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita, pihaknya melakukan penjaringan terhadap PPKS yang telah mengganggu ketertiban lingkungan. Mereka yang terjaring dilimpahkan  Dinsos untuk dibawa ke Rumah Perlindungan Sosial (RPS) di Beji Timur. 

“Setelah dibawa ke RPS, Dinsos melakukan asesmen dan penelusuran terhadap PPKS. Tidak lupa juga diberikan edukasi dan meminta PPKS membuat perjanjian agar tidak kembali ke jalan,” kata Nita Jumat (18/03/22).

Dikatakannya, Dinsos juga  meminta pihak keluarga dari PPKS datang ke RPS. Setelah itu, mereka diserahkan ke keluarga setelah sebelumnya dilakukan pendampingan psikososial. 

Nita menambahkan, penanganan PPKS juga dilakukan oleh lintas dinas, seperti anak yang putus sekolah. Dinsos berupaya agar anak tersebut dapat melanjutkan pendidikan dengan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan.

“Ketika kami berdiskusi ada dari mereka yang ingin kembali sekolah. Kami juga akan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Depok untuk memfasilitasi dokumen kependudukan bagi yang belum memiliki identitas seperti KTP,” jelasnya. 

Nita menuturkan, PPKS yang terjaring terkadang bekerja karena faktor ekonomi. Namun dalam hal ini Dinsos terus mengedukasi bahwa pekerjaan sebagai manusia badut tersebut melanggar peraturan. 

“Setiap ada penjangkauan kami terus menindaklanjutinya. Sampai dengan melakukan penjangkauan terhadap pimpinan sanggar badut,” ungkapnya. 

Kendati begitu, sambungnya, Dinsos akan tegas jika mereka yang terjaring kembali ke jalan. Mereka akan dikirim ke panti untuk dilakukan pembinaan.

“Jika terjaring kembali akan kami kirim ke Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial terhadap Gelandangan dan Pengemis di Panti Sosial Bina Karya Pangudi Luhur Bekasi  milik pemerintah pusat untuk mendapat pembinaan,” tandasnya. (ibn)

Berita

Negara Apa Yang Terletak Paling Barat

Published

on

negara apa yang terletak paling barat

Adakah yang tahu negara apa yang terletak paling barat? Jika Anda melihat peta dunia, Anda akan melihat bahwa Amerika Serikat dan Kiribati adalah negara paling barat di dunia. Negara paling barat dapat diketahui melalui posisi astronomisnya, yang dapat ditentukan melalui garis lintang, yaitu garis imajiner pada peta atau globe yang sejajar dengan garis khatulistiwa. 

Negara apa yang terletak paling barat?

Berikut adalah Negara yang letaknya paling barat di dunia, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

1. Amerika serikat

Amerika Serikat adalah negara kesatuan yang wilayahnya terbagi menjadi beberapa negara bagian sesuai dengan namanya. Guam, salah satu dependensi Amerika Serikat, adalah titik paling barat di dunia pada peta. Selain Amerika Serikat yang terletak di Guam, Kiribati adalah negara paling barat di dunia.

Untuk deskripsi Negara Paling Barat di Bumi, lihat ringkasan berikut: Orote Point, terletak di Guam, adalah titik paling barat di dunia menurut USA Reporting dari Britannica. Posisi astronomis Orote Point, juga dikenal sebagai semenanjung orote, adalah 144°37’5,5″ bujur timur. 

Dengan bentuk pemerintahan yang tepat, negara bagian yang bergantung akan dimasukkan ke dalam negara bagian terlepas dari statusnya. Alaska adalah negara bagian paling barat di Amerika Serikat, tepatnya terletak di Tanjung Wrangell di Pulau Attu. Amerika Serikat, baik oleh negara bagiannya maupun negara-negara yang bergantung, karenanya merupakan negara paling barat di dunia dari sudut pandang astronomi. 

2. Kiribati

Kiribati adalah negara kepulauan di Samudra Pasifik. Kiribati adalah sebuah pulau kecil di Samudra Pasifik, meskipun ukurannya relatif kecil (811 kilometer persegi), adalah sebuah kepulauan. Kiribati adalah rumah bagi 33 pulau, dan Pulau Banaba adalah titik paling barat. Sudah paham jawaban dari “negara apa yang terletak paling barat?”

Pulau Banda terletak di 169°32’13” Bujur Timur. Pulau Banaba adalah titik paling barat di dunia di Republik Kiribati yang memiliki mayoritas daratan di belahan bumi barat. Kesimpulannya, Amerika Serikat adalah yang paling barat di dunia di Guam, dan Kiribati adalah yang paling barat di dunia di Banaba. Demikian jawaban dari “negara apa yang terletak paling barat?” Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Sebutkan Paling Sedikit Dua Sumber Energi Panas Yang Kamu Ketahui

(Upy/G)

Continue Reading

Berita

Meriahkan HUT RI Ke 77, AWAN Berbagi Paket Sembako Pada Masyarakat

Published

on

E.F. Andre T.Se Ketua Awan (tengah) Bersama Struktur Pengurus.

Depok, GarudaCitizen – Tepat dihari peringatan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 77, Asosiasi Wartawan Nasional melaksanakan kegiatan berbagi paket sembako berupa beras, minyak goreng, gula pasir serta bahan pokok lainnya pada warga Mekar Jaya kecamatan Sukma jaya Depok. Kegiatan dilaksanakan di Kantor DPP AWAN Jalan Merdeka Barat Mekar Jaya Depok.

Sebagai bentuk wujud kepedulian Asosiasi Wartawan Nasional pada masyarakat di momentum HUT RI ke 77. Serta bentuk nyata kontribusi dalam membantu meringankan masyarakat dimasa masa sulit saat ini dikarenakan dampak Pandemi Covid -19.

Seperti yang dikatakan E.F. Andre T.se Ketua Umum AWAN dilokasi, sebagai bentuk rasa kepedulian kami pada masyarakat serta dimomentum HUT RI yang Ke 77 ini, hari ini kami melaksanakan kegiatan berbagi 100 paket sembako pada warga sekitar, khususnya bagi warga yang membutuhkan, mudah mudahan bermanfaat buat warga (17/08/2022).

Ketua AWAN Membagikan Paket Sembako Pada warga

Salah satu Warga RT04 RW05 Kelurahan Mekar Jaya yang menerima bantuan paket sembako ibu Ratna dengan antusias, mengatakan ” Alhamdullilah saya sangat senang dan berterimah kasih atas adanya pembagian paket sembako ini oleh AWAN, saya sangat terbantu apalagi kondisi sekarang kan serba sulit”.

Bonar Sihotang Sekjen AWAN, Saat Membagikan Paket Sembako ke warga

Adapun saat ini Asosiasi Wartawan Nasional telah membentuk DPC di wilayah Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan serta Sulawesi. Hal tersebut sebagai bentuk pengembangan organisasi profesi yang dilakukan oleh segenap struktur pengurus AWAN.

“Sebagai organisasi profesi kami senantiasa akan terus melakukan pengembangan dengan pembentukan pengurus DPC di daerah, saat ini selain di Pulau Jawa sudah terbentuk juga di Sumatra, Kalimantan serta Sulawesi” ujar Andre Ketum AWAN. (ibn)

Continue Reading

Berita

Jusuf Kalla Resmikan Gedung Markas PMI Bengkulu

Published

on

M. Jusuf Kalla meresmikan gedung markas PMI di Bengkulu

Bengkulu, GarudaCitizen – Ketua Umum Palang Merah Indonesia M. Jusuf Kalla meresmikan gedung markas PMI Bengkulu yang berada di jalan Rejamat kelurahan pasar baru teluk segara Kota Bengkulu, Selasa (09/08/2022).

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menyampaikan bahwa gedung PMI Bengkulu yang telah diresmikan ini bukan lah sebuah kantor yang memiliki jam kerja, tetapi merupakan markas dimana siap 24 jam seperti tentara dan polisi.

“Cuma tiga yang punya markas, tentara polisi dan PMI artinya tentara polisi dan PMI siap melayani masyarakat kapan saja” sebut Jusuf Kalla.

Mantan Wakil Presiden RI ini juga mengharapkan markas PMI dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat khususnya Provinsi Bengkulu. Selain memberikan pelayanan rutin seperti donor darah, PMI juga harus siap saat terjadinya bencana untuk membantu sesama.

“Bencana tidak ada pemberitahuannya, bisa datang siang, bisa datang pagi, bisa datang malam, maka markas ini selalu terbuka untuk hal hal tersebut, juga karena dasar kerja PMI bukan birokrasi tetapi relawan” ungkap JK sapaan akrab Jusuf Kalla.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang ikut menyaksikan peresmian markas PMI bengkulu menjelaskan dengan anggaran yang terbatas yang dimiliki, Pemerintah Provinsi Bengkulu menganggarkan agar bagaimana PMI memiliki gedung yang representatif.

Agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat, maka fungsi gedung kedepannya perlu optimalisasi. Tidak hanya menyediakan donor darah dan aksi kemanusiaan namun juga menyediakan fasilitas fasilitas pelayanan kesehatan.

“Mimpi besar kita kedepan PMI Bengkulu juga punya Rumah Sakit sendiri, sehingga fungsi penguatan pada akhirnya yang kita harapkan kemandirian PMI sebagai organisasi kemanusiaan yang hadir dan dirasakan masyarakat” jelas Rohidin Mersyah Gubernur Bengkulu. (red/Ibnu)

Continue Reading

Trending