Kota Pekalongan– Pameran Produk Inovasi ke 8 yang diselenggrakan Provinsi Jawa Tengah dan Pameran Inovasi Kreativitas (PIK) yang diselenggarakan Kota Pekalongan resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si, Minggu malam (17/9) di Halaman Gor Kawasan Budaya Jetayu.

Penutupan dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Ir.Sujarwanto Dwiatmoko M.Si, Plt Walikota Pekalongan H.M Saelany Mahfudz, SE, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Sri Rumningsih, M.Si dan Para Kepala OPD se- Kota Pekalongan.

Dalam Laporanya Plt Walikota Pekalongan H M Saelany Machfudz mengatakan Pameran Produk Inovasi dan Pameran inovasi Kreativitas dilaksanakan mulai tanggal 15-17 September 2017 yang dipusatkan di Gor Jetayu dengan peserta sebanyak 118 yang terdiri dari OPD Provinsi Jawa Tengah dan Kota Pekalongan, Perguruan tinggi, UMKM, BUMN, dan swasta.

Selain kegiatan pameran, juga terdapat kegiatan pendukung berupa lomba, seminar, diseminasi hasil penilitian, talkshow , pentas seni dan sosialisasi “ Kegiatan lomba terdiri dari lomba musik rampak barang bekas, lomba jateng robotic competion, lomba moto contez motor dan mobil, lomba mewarnai tingkat TK sampai dengan kelas 3 SD dan lomba desain kriya, sedangkan kegiatan seminar ialah seminar ekonomi kreatif yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), untuk Diseminasi ialah Diseminasi hasil penelitian STIMIK widya pratama terkait pembelajaran SD dan SMP Kota Pekalongan, Kegiatan Talkshow dengan tema Fotografi, pentas seni dari Kabupaten Gianyar Provinsi Bali dengan menampilkan pentas dengan judul Goro-Goro Punawakan, dan untuk sosialisasi yaitu minum susu dan makan telur bersama,” terangnya.

Saelany melanjutkan jumlah pengunjung termasuk peserta selama pameran mencapai 89.000 orang, dengan nilai transaksi 1.350.000.000 sedangkan untuk kesepakatan bisnis mencapai 137 kesepakatan dengan total nilai 2.265.000.000

Wakil Walikota berharap dengan adanya pameran tersebut kedepan dapat menampilkan lebih banyak lagi kreativitas dan karya inovasi teknologi serta komersialnya sehingga akan dapat mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat baik dikota Pekalongan maupun provinsi jawa tengah.

Sementara itu Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si menuturkan Pekan Pameran Inovasi yang diselenggaraakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pekan inovasi Kreativitas yang diselenggarakan Pemkot Pekalongan merupakan salah satu upaya untuk terus mendorong inovasi kreativitas para inovator yang berkaitan dengan dunia usaha agar pertumbuhan ekonomi semakin maju “ Karena biasanya konsumen ingin yang berbeda apalagi kualitasnya lebih bagus, manfaatnya lebih bagus, seninya juga lebih bagus. Dengan pameran semacam ini maka akan muncul inovator-inovator yang kreatif yang bermanfaat bagi dunia usaha yang dihargai dan dipakai untuk kemajuan teknologi.” Tuturnya