Momen Spektakuler Festival Tabut Bengkulu 2019 Berakhir

0
52
Momen Spektakuler Festival Tabut Bengkulu 2019 Berakhir

Bengkulu, GC – Perayaan Tabut muharam digelar selama 10 hari berturut-turut di Provinsi Bengkulu sejak malam satu suro atau malam satu muharam hingga 10 muharam berakhir, Selasa (10/9/2019).

Hal itu terlihat ditandai dengan tumpah ruahnya masyarakat Bengkulu di sejumlah ruas jalan, seperti jalan Jenderal Sudirman, Jalan Suprapto sampai kawasan krablah tempat terakhir pembuangan tabut.

Salah seorang pengunjung dari Kabupaten Bengkulu Utara, Doddy Letter ikut serta dalam pembuangan tabut itu. Bahkan Doddy Letter bersama istri dan anaknya tak merasa lelah berjalan kaki yang cukup panjang ikut menyertai pembuangan tabut tersebut.

“Kami dari Arga Makmur malam tadi sudah menginap di Bengkulu. Paginya sekitar pukul 08.00 WIB langsung ikut menyaksikan pembuangan tabut, karena kegiatan tahunan ini sangat kami tunggu. Apa lagi menyangkut budaya kita orang Bengkulu sekaligus memperingati tahun baru Islam,”ungkap Doddy Letter, Selasa (10/9/2019) siang.

Sebelum dilaksanakan pembuangan, malamnya (Senin,9/9/2019) dilakukan prosesi tabut bersanding yang diikuti sekitar 24 telong-telong yang berasal dari instansi pemerintah dan keluarga tabut Kota Bengkulu.

Menariknya, prosesi itupun dilaksanakan penilaian. Dari hasil telong-telong bersanding pada malam itu terjaring nama pemenangnya. Dari kategori termegah disabet Kelurahan Kebun Geran, Kelurahan Tanah Patah, dan Kelurahan Lempuing.

Sedangkan kategori Inovatif, diraih Kelurahan Sumur Meleleh, Kelurahan Lempuing, dan kelurahan Tanjung Agung. Pada kategori Terindah, jatuh pada Kelurahan Pasar Melintang, Kelurahan Tanjung Jaya, dan Kelurahan Pondok Besi dan kategori Kompensional diperoleh Kelurahan Sumur Meleleh dan Kebun Ros.(Red)