Connect with us

Bisnis

6 Hal Penting dalam Menentukan Modal Awal Usaha Skincare

Published

on

6 Hal Penting dalam Menentukan Modal Awal Usaha Skincare

Istilah skincare semakin berkembang sejak tahun 2016, tidak banyak orang-orang yang mengambil langkah untuk memulai membuka bisnis dengan bidang serupa. Namun berapa sih sebenarnya modal awal usaha skincare yang dibutuhkan untuk kamu yang baru saja mau memulainya?. 

Sebenarnya untuk modal awal pun kamu bisa melakukannya tanpa modal, namun tentunya kamu harus bersaing ketat dengan beberapa banyak penjual lain karena cara yang dilakukan ini secara online. 

Lalu bagaimana jika kamu ingin membuka toko fisik bisnis skincare sendiri? Apakah modal yang harus keluarkan besar?. 

Modal Awal Usaha Skincare

Untuk membuka suatu toko skincare, kamu bisa menyiapkan paling tidak 10 juta untuk di modal awal. 

Jumlah tersebut akan kamu gunakan untuk beberapa hal berikut:

1. Menyewa Tempat

2. Membeli Etalase Pajangan

3. Membeli Produk Skincare 

4. Papan Iklan atau Spanduk

5. Membeli Cermin 

6. Membeli Bangku untuk Pembeli Duduk

Nah, dari rincian tersebut pun sudah terlihat modal awal yang kamu keluarkan tidak cukup jika kurang dari 10 juta. Pasalnya, harga skincare sendiri pun cukup lumayan apalagi kalau kamu jualan di tempat yang sewanya mahal. 

1. Tentukan Lokasi Strategisnya

Tidak ada penjual yang mau jualannya sepi, maka dari itu kamu perlu mencari lokasi yang strategis untuk membuka sebuah toko skincare. Lokasi tersebut bisa di pinggir jalan, pasar, atau bahkan di rumah kamu sendiri asal lokasinya banyak di lalu-lalang oleh orang-orang. 

Menentukan tempat tidaklah mudah sebenarnya. Kamu perlu juga mencari yang harga sewanya sesuai dengan budget yang kamu miliki. 

Namun, meskipun harga sewa mahal asal tempat strategis bisa menguntungkan kamu juga. Setidaknya kamu bisa balik modal karena orang-orang banyak mampir ke toko kamu. 

2. Membeli Etalase Pajangan

Kalau tidak ada etalase, bagaimana kamu memperlihatkan produk yang kamu jual untuk pembeli? Yup, jadi penggunaan etalase sangat dibutuhkan untuk membuka toko skincare. 

Etalase yang terbuat dari kaca transparan membantu kamu memperlihatkan produk skincare yang kamu jual dan menjadikannya lebih terlihat cantik dan rapi. Berilah budget sekitar 1 juta untuk membeli satu atau dua  etalase. 

3. Membeli Produk Skincare

Ini lah yang paling penting, stok produk skincare yang ingin kamu jual. Di jaman sekarang memang banyak sekali brand perawatan wajah yang diminati para wanita. Namun kamu tidak perlu membeli semua produknya. 

Yang pertama dilakukan adalah coba meriset target pasar yang ada di sekitar tempat kamu berjualan. 

Kalau lokasinya di pasar atau pinggir jalan, kemungkinan produk yang kamu perlu stok adalah produk dengan harga rendah-menengah. Contoh produknya seperti Viva, Sariayu, Marina, dll. 

Jangan stok produk skincare high end atau yang mahal jika kamu berjualan di lokasi tersebut karena tentunya tidak masuk dengan target pasar. 

4. Papan Iklan atau Spanduk

A: “Kamu habis beli sabun muka di mana?”

B: “Oh di toko sana… aduh gak ada nama tokonya tadi”

Memasang papan iklan atau spanduk itu sangat penting untuk toko skincare kamu nantinya. Selain itu, spanduk dibutuhkan sebagai identitas toko kamu sendiri. Jadi saat orang datang mereka akan mengingat nama toko kamu. 

Namun dalam penamaan toko sendiri pun buatlah yang simpel, mudah diingat, namun jangan yang pasaran. Misalnya seperti ‘Toko Puteri’, besar kemungkinan nama toko seperti itu sudah banyak dipakai, entah untuk toko berjenis sama maupun berbeda. 

5. Membeli Cermin

Cermin dibutuhkan saat pembeli ingin membeli sesuatu dari produk skincare kamu. Misalnya kamu jual lip balm tint yang merupakan produk perawatan bibir dengan warna. Nah kamu menyiapkan tester untuk pembeli dan ia ingin mencobanya. Pastinya ia membutuhkan cermin untuk melihat hasil lip balm tadi di bibirnya. 

6. Membeli Bangku 

Buatlah pembeli seakan ratu kamu. Kamu perlu membeli dua atau tiga buah bangku untuk pembeli agar saat mereka mengantri, mereka tidak kelelahan menunggu giliran. Diperlakukan sebaik mungkin akan memberi rasa nyaman untuk mereka bahkan toko kamu nantinya bisa saja menjadi tempat langganan pembeli membeli kebutuhan skincare. 

Jadi kesimpulannya, modal awal usaha skincare yang kamu perlu siapkan adalah 10 juta. Angka tersebut pun bisa saja malah lebih dan akhirnya sisa, sisanya bisa kamu simpan untuk menghindari hal-hal di luar rencana.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending