6.9 C
Alba Iulia
Rabu, April 1, 2020

Media Online Ancam Media Cetak

Must Read

Beredar Foto Seronok di Duga Siswi SMK Kandeman Kabupaten Batang

Sekolah perlu memberikan pengawasan ketat terhadap para siswa dalam lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah, bila ada keterkaitanya anak...

Umat Islam Diambang Kehancuran?

Belakangan ini konflik atas nama agama sering kali mencuat. Baik di dunia maupun di Indonesia. Islam menjadi salah satu...

Tari Topeng Cirebon dan Makna Dibaliknya

Tari Topeng Cirebon dengan gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab,...
Adminhttp://www.garudacitizen.com/
Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

BAJEU.COM | B-MAGAZINE – Portal Berita atau biasa juga disebut Media online kini semakin menjadi ancaman bagi koran atau majalah karena semakin berkembangnya teknologi.

Saat ini dari 260 juta jiwa penduduk Indonesia sebanyak 23 persen diantaranya telah menjadi pembaca setia beragam media online, kata Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Suwarjono ketika menjadi panelis Seminar New Media: Pembaca, Laba dan Etika yang diselenggarakan, di Palembang, Sabtu, sebagaimana pernah dilansir Antara News.

Menurut dia, semakin berkembangnya teknologi internet mendorong semakin banyaknya pengakses media online.

Apalagi, kini mengakses portal tidak hanya menggunakan komputer atau laptop tetapi dengan mudah melalui telpon genggam atau alat komunikasi lainnya.

Ia mengatakan, kehadiran teknologi sehingga melahirkan media online ini sungguh luar biasa dampaknya terhadap percepatan komunikasi di negeri ini.

Terbukti, kini media-media cetak nasional tidak bisa berkembang atau stagnan akibat pembaca sudah beralih ke portal.

Dia menjelaskan, kondisi tersebut tentunya mesti disikapi secara bijak oleh pemilik media apakah akan mempertahankan koran atau majalah.

Karena bertransformasi menjadi media online juga pilihan yang penting.

Sementara Redaktur Senior Kompas.com, Heru Margiyanto menambahkan, sejumlah media besar di Amerika Serikat membuktikan kalau menghentikan produksi media cetak dan menganti dengan portal adalah pilihan tepat.

Contohnya, “newsweek” yang kini tidak terbit lagi dalam bentuk cetak melainkan online, tambahnya.

Dia mengatakan, memang di Indonesia baru sekitar 63 juta pengakses internet tetapi kondisi akan terus berkembang. Seiring dengan berkembangnya tehnologi.

Dan pembaca pasti akan lebih memilih berita-berita yang mudah dan cepat diakses tidak lagi membaca koran atau majalah hal itu terkait dengan perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup masyarakat.

Sementara Dosen Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya DR Febrian mengatakan kemajuan teknologi sangat erat kaitannya dengan kebebasan dalam menyebarkan informasi.

Namun tetap kebebasan menyiarkan informasi itu ada batasan, kata dia.

Pengendalian atau kontrol tetap menjadi pembatas terhadap kebebasan itu dimana secara formal ada undang-undang yang mengatur juga sensor, kata pengamat hukum ini.

Masyarakat juga menjadi pengontrol dari kebebasan media massa menyebarkan informasi dimana ketika tidak sesuai dengan fakta publik bisa menekan.

Seminar itu juga menghadirkan GM Telkom Sumsel, Indrawan D dan Asep Saefullah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Karena Corona, Pilkada Serentak Tahun 2020 Ditunda

garudacitizen.com – Kesimpulan rapat kerja dengar pendapat Komisi II DPR RI dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan...

Menkeu RI Hentikan Proses Lelang Barang Jasa DAK Fisik 2020

GARUDACITIZEN.COM – Upaya mencegah dan menanggulangi wabah penyeberan virus corona atau Covid-19. Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati, mengeluarkan surat edaran...

Paripurna LKPJ 2019, Bupati Sinjai Siap Terima Kritikan dan Saran

Sinjai, GC – Bertempat di ruang rapat paripurna gedung DPRD Kabupaten Sinjai. Bupati Andi Seto Ghadista Asapa, SH,LLM, dihadapan 30 anggota DPRD...

DPRD dan Pemkab Sinjai Sepakat Bangun kios Pasar Darurat

Sinjai, GC - Hasil rapat Komisi gabungan DPRD dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, sepakat Membangun Kios Pasar Darurat sebanyak 24 Yunit, Selasa...

FPTI RL Gelar Kompetisi Panjat Tebing NGORBIT 2020

GarudaCitizen - Sebagai bentuk rasa syukur atas selesai dibangunnya sarana prasarana wall panjat tebing di area sport centre Dataran Tapus, Bermani Ulu...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -