Macam-Macam Teh Herbal dan Khasiatnya
Macam-Macam Teh Herbal dan Khasiatnya

Dari sekian banyak minuman herbal yang dijadikan sebagai minuman kesehatan, satu diantara mereka yang paling populer adalah teh herbal. Memang masih banyak bahan herbal yang khasiatnya baik jika dijadikan sebagai bahan produk herbal seperti rempah-rempah, jahe-jahean, jamur, kopi dan masih banyak lagi. Namun, varian teh dengan kombinasi bahan-bahan tersebut menjadi bahan menarik untuk dibahas.

Teh Herbal Bagi Kesehatan

Memiliki aroma yang unik dan rasa yang khas, teh herbal dapat dijadikan sebagai pilihan minuman yang menarik untuk dinikmati dan dicoba. Tak hanya memiliki rasa enak yang khas dan keunikan aromanya, bahkan teh herbal telah diminum oleh nenek moyang kita sejak ratusan tahun yang lalu baik sebagai minuman rutin, obat tradisional, mencegah penyakit dan untuk menjaga kesehatan.

Walaupun disebut dengan minuman teh, ternyata sebenarnya bahan untuk membuatnya tak hanya dibuat dari bahan teh saja. Minuman teh herbal diperoleh dengan cara menyeduh rempah-rempah, daun, buah, bunga serta akar tumbuhan yang sebelumnya telah dikeringkan. Meskipun begitu, teh herbal mempunyai rasa tak kalah nikmat dari teh biasa bahkan lengkap dengan khasiat baiknya untuk kesehatan.

Bila anda ragu dengan kemampuan anda membuat teh herbal, membelinya dari peracik profesional adalah solusi terbaik. Belakangan, minuman herbal varian teh ini sekaligus akrab juga di pasaran. Bahkan dalam pembeliannya, ada tak sedikit yang membuka usaha grosir minuman kesehatan herbal. Oleh karena dalam peracikan minuman herbal ini membutuhkan kecakapan dan ketrampilan di bidang herbal dan kesehatan maka produk teh herbal haruslah produk yang terbaik dan terbukti pula kualitasnya.

Bila anda tertarik dalam jenis usaha ini, anda bisa memanfaatkan jasa maklon minuman kesehatan herbal dengan tujuan untuk memperoleh hasil produk teh herbal terbaik, berkualitas dan aman dikonsumsi sehingga khasiat baikknya bagi kesehatan mampu dirasakan secara nyata.

Macam-Macam Jenis Teh Herbal dan Khasiatnya

Inilah macam-macam jenis teh herbal yang baik khasiatnya untuk kesehatan tubuh:

  1. Teh ginseng

Jika dulunya ginseng banyak dikonsumsi di negara Korea, saat ini telah populer digunakan sebagai teh herbal. Teh herbal ginseng dianggap bakl bagi kesehatan jantung, menghambat terbentuknya plak atau gumpalan di pembuluh darah, menjaga kelenturan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah.

Teh kamomil (chamomile)

Jenis teh kamomil banyak digemari oleh karena aromanya yang menenangkan dan khas. Dikaji secara tradisional, teh ini sering digunakan untuk melelapkan tidur dan meredakan perasaan cemas atau risau. Riset telah membuktikan jika teh ini memiliki banyak kandungan anti oksidan dan anti radang.  Dengan mengkonsumsi teh ini kestabilan kadar gula dalam darah dapat lebih teratur dan nyeri yang dirasakan dapat segera berkurang.

Teh jahe

Jenis teh jahe memiliki kekayaan anti oksidan yang berkontribusi baik dalam membantu stimulasi kekebalan tubuh serta mengurangi peradangan. Selain itu, teh herbal jahe baik untuk mengatasi mual-mual, perut kembung serta efek samping dari obat kanker. Masih ada lagi, teh herbal jahe meredakan nyeri haid dan sembelit serta mampu mencegah tukak lambung.

Teh bunga krisan

Jenis teh bunga krisan ini sangat populer di daerah Tiongkok. Teh herbal bunga krisan ini disukai banyak orang karena rasanya nikmat tidak terlalu pahit dan aromanya lembut khas. Teh ini dipercaya mempunyai efek anti radang dan anti nyeri, meringankan gejala flu serta memperkuat daya tahan tubuh.

Teh rosela

Riset membuktikan jika mengkonsumsi teh rosela dalam kurun waktu 2 hingga 6 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol. Secara rutin mengkonsumsinya akan mampu menurunkan tekanan darah.

Teh kunyit

Secara umum, biasanya kunyit digunakan untuk mengobati batu ginjal, mencegah kembung, meredakan sakit perut dan mencret, mengurangi peradangan serta mencegah kanker. Sebenarnya kunyit sendiri termasuk dalam jenis bahan herbal golongan jahe-jahean.

Teh adas

Secara turun temurun dan tradisional, biji adas dipakai untuk mengobati sembelit, perut kembung, sakit perut dan gangguan pencernaan. Aromanya segar, meminumnya juga membuat tenggorokan segar dan nyaman.

Peppermint

Sejumlah penelitian menemukan jika khasiat baik peppermint adalah untuk membnatu meningkatkan data tahan para olahragawan saat kelelahan dan membantu meningkataknan fungsi organ pernapasan. Dengan mengkonsumsinya, efek relaksasinya mampu menstabilkan serta mengurangi gangguan pada pencernaan.  

Teh hitam

Dibandingkan rasa teh hijau, teh hitam lebih memberikan rasa khas yang kuat. Rasanya yang kuat itu karena memiliki kandungan kefein yang tergolong tinggi hingga 40 mg tiap cangkirnya. Supaya rasanya tidak terlalu pahit, mencampurnya dengan gula dan susu adalah cara yang baik. Teh hitam diracik dengan komposisi daun dari tanaman camellia sinensis yang sebelumnya telah digulung, difermentasi kemudian dikeringkan dan dihancurkan. Jenis teh hitam ini baik dikonsumsi guna kebutuhan pemulihan energi secara cepat.

Kemajuan teknologi dan pengetahuan yang begitu pesatnya berpengaruh juga untuk kesehatan sehingga kebiasaan-kebiasaan baik perlu dilakukan sedari dini. Salah satunya dengan banyak mengkonsumsi bahan-bahan alami dan yang paling ringan adalah dengan minum teh herbal.

Teh herbal manakah yang paling anda sukai? Keseumanya memiliki khasiat baik untuk kesehatan sehingga perlu anda coba.