Kota Pekalongan – Menjelang Festival Kali Loji 2016, Komunitas Peduli Kali Loji Kota Pekalongan minggu pagi (20/11) menggelar aksi lomba bersih sungai loji. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian KPKL terhadap sungai yang berada di Kota Pekalongan. Dan ini adalah merupakan kegiatan kali keduanya dengan menggelar berbagai lomba yang bertajuk “Peduli Lingkungan Dan Kali Bersih”

Event ini merupakan program KPKL yang diharapkan mampu menggugah kesadaran masyarakat, untuk bersama peduli dan menjaga keselamatan sumber alam salah satunya adalah penyelamatan sungai sungai khususnya di Kota Pekalongan dan sekitarnya. Dengan tidak membuang limbah atapun sampah disembarang tempat, termasuk kedalam sungai yang bisa mengakibatkan dampak kerusakan sungai. Demikian papar Ketua Komunitas Peduli Kali Loji Titik Nuraeni.

Lomba bersih sungai ini kali di ikuti oleh seluruh kompunen masyarakat melalui perwakilan Kelurahan se Kota Pekalongan. Sebanyak 27 Kelurahan yang masing masing kelurahan menerjunkan relawanya sebanyak 10 personil, dan sejumlah 8 relawan dari komunitas peduli lingkungan. Kurang lebih 500 personil serentak terjun ke kali loji menyisir sepanjang sungai mengangkat limbah limbah sampah dengan menggunakan prahu.

Budi Kuryanto salah satu dari peserta lomba bersih sungai, bersama komunitasnya Pendaki Gunung ( KPG) Pekalongan, mengatakan jika kegiatan bersih sungai yang digelar opleh KPKL ia sangat mengapresiasi dengan memberikan dukungan kuat agar kegiatan ini terus berjalan. Budi juga berharap bisa bersama sama masyarakat untuk bersinergi didalam mewujudkan sungai bersih dan secara umum Kota Pekalongan benar terwujud sebagai kota bersih, katanya.

Sementara itu Koordinator aksi lomba bersih sungai loji, Dicko Handono,memaparkan bahwa kegiatan ini sebagai awal guna memacu kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Dan sebagai tindak lajut dari kegiatan tersebut, KPKL bersama masyarakat akan terjun melakukan pembersihan sungai yang rencananya akan di lakukan setiap satu minggu sekali   yaitu setiap hari jumat bersih sungai. Dan kegiatan ini akan dilaksanakan hingga menjelang H-7 Festival Kali Loji, Papar Dicko Handono.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here