Kota Pekalongan GC – Pemerintah Kota Pekalongan terpilih menjadi salah satu kota / kabupaten yang turut dalam program Gerakan Menuju 100 Smart City pada Maret 2018 lalu. Ini merupakan wujud bahwa Kota Pekalongan selalu berupaya melakukan inovasi dalam meningkatkan tata pemerintahan menjadi Good Governance dengan memaksimalkan penggunaan Teknologi Informatika.

Sebagai tindak lanjut Smart City, Kepala Dinas Kominfo Kota Pekalongan Sri Budi Santoso, memaparkan perencanaan pembangunan Command Center kepada Walikota Pekalongan di Ruang Kresna, Selasa (21/8). Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz menyambut baik hal tersebut.

Saelany menyampaikan bahwa segala sesuatu tentu melalui IT bisa lebih cepat, tepat, dan efisien. Ia menyambut baik dengan rencana ini. “Hal ini terkait dengan pendanaan yang tak bisa kita abaikan. Ada prioritas di Kota Pekalongan yang harus dihadapi yakni rob dan pasar.

Semangat membangun  Smart City ini semoga tak akan surut, ini akan tetap jalan dan lanjut untuk kemajuan Kota Pekalongan. “Tentang pengadaan hardwarenya harap untuk berhati-hati. Ini barang tidak tampak, aplikasinya harus berkualitas. Kemudian untuk menunjang hal itu perlu disiapkan SDM yang mumpuni untuk mengelolanya,” paparnya.

Saelany mengaku bangga Kota Pekalongan masuk dalam Program Smart City yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemenkominfo. “Atas nama Pemerintah Kota Pekalongan, kami patut bangga bahwa kita bisa lolos seleksi tersebut. Ini merupakan wujud bahwa Kota Pekalongan selalu berupaya melakukan inovasi dalam meningkatkan tata pemerintahan menjadi Good Governance dengan memaksimalkan penggunaan Teknologi Informatika,” kata Saelany

Aplikasi Kota Pekalongan Smart City

Senada dengan hal tersebut, Dr. Sri Budi menyatakan bahwa guna mewujudkan tata pemerintahan yang baik, berbasis pada profesionalisme, kepercayaan, komitmen, partisipasi dan teknologi informasi saat ini menjadi keharusan mengingat hal tersebut menjadi Rancangan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) Kota Pekalongan Tahun 2005 – 2025.

Selain dukungan pembangunan fisik Command Center, Pemkot melalui Dinas Kominfo telah bekerjasama dengan Indonesia Indikator mengembangkan aplikasi integrasi semua aplikasi maupun web baik untuk pelayanan publik, maupun pelayanan internal birokrasi untuk mengoptimalkan kinerja Pemerintah Daerah. “Aplikasi  Kota Pekalongan Smart City dapat di akses melalui HP Android maupun Iphone yang dapat didownload dengan google play maupun play store,  ini adalah sebagai pusat berbagai informasi dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Pekalongan” paparnya.

Masyarakat dapat melihat  berita, informasi seputar kota, dapat melaporkan aspirasi maupun pengaduan, mengetahui agenda, wisata dan budaya, serta moda transportasi. Aplikasi ini juga menyajikan informasi kesehatan, dokter, apotek, rumah sakit, ATM, Kantor Polisi, SPBU, Layanan Pendidikan, Olahraga, Bisnis, Lapak, Kuliner, Property, Jual beli online, lowongan pekerjaan dan informasi update lainnya dalam satu genggaman. Informasi kita ambil dari berbagai sumber tidak terkecuali dari e-commerce online selama info tersebut khusus untuk masyarakat Kota Pekalongan.(sumber Kominfo)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here