Kota Batu, De Kleine Zwitserland

Nikmati Sensasi Agrowisata Petik Apel

0
765
Wisata Petik Apel Kota Batu - Malang
Alun-alun Kota Batu? via novavilla.files.wordpress.com
Benner-ku.jpg
Benner-ku.jpg

Malang Raya memang bertumbuh sebagai destinasi wisata yang menarik dan lengkap. Selain pesona alam yang memukau, anda juga dapat menikmati sensasi Agrowisata Petik Apel di Kota Batu.

Kota Batu sendiri merupakan bagian dari wilayah Jawa Timur. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat.

Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Pada tanggal 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Bersama dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang, Kota Batu merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang).

Buah apel telah menjadi ciri khas kota Batu. Seiring dengan itu, perkebunan apel dikembangkan sebagai obyek wisata. Dimana kemudia akhirnya dibangunlah wisata “kusuma agrowisata Petik apel” atau biasa dikenal Wisata Petik Apel Batu.

Bp. SBY sedang memetik buah apel manalagi di kebun petani Kota Wisata Batu - via: kpricitrus.wordpress.com/
SBY sedang memetik buah apel manalagi di kebun petani Kota Wisata Batu – via: kpricitrus.wordpress.com

Wisata agro di Batu ini lebih menarik dengan kelebihannya. Yaitu, kita dapat memetik buah apel secara langsung dari pohonnya serta kita dapat menikmati langsung segarnya buah apel. Perkebunan apel dengan suasananya nan asri dan dikelilingi gunung yang indah membuat para pengunjung merasa nyaman dan menyegarkan. Sangat cocok untuk menghilangkan kejenuhan akibat aktivitas sehari-hari.

Hal ini pula yang tentunya membuat Wisata Petik Apel di Kota Batu Malang menjadi salah satu obyek wisata favorit, baik untuk pengunjung domestik atau wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Faslitas Wisata Petik Apel Kota Batu

Kebun Apel jelas menjadi bagian utama dari daya tarik wisata ini. Di area ini anda dapat langsung memetik sendiri buah apel dari pohon dan ditemani oleh pemandu kusuma agrowisata. Pemandu kusuma agrowisata akan menjelaskan tentang budidaya tanaman dan hal-hal yang berkaitan tentang buah-buah tersebut.

Seperti, cara menanam pohon apel dan juga cara merawat pohon apel dengan baik dan benar, sampai bagaimana memanen apel dan mengenali buah apel dengan bagus supaya hasil yang didapat tidak mengecewakan.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikamati luasnya kebun strawberry dengan berbagai macam buah yang segar dan juga langsung bisa dipetik dari pohonnya.

Tidak hanya itu, di kawasan kusuma agrowisata kebun apel ini juga telah disediakan tempat untuk aktiftias outbound yang menyenangkan. Mulai dari outbond dengan flying fox-nya sampai dengan paintball dan air soft gun tersedia di area perkebunan. Anda juga dapat merasakan sensasi menaiki ATV dengan mengelilingi bukit Panderman ataupun menunggang kuda poni dan ditemani oleh pemandu yang sangat berpengalaman.

Sebuah kombinasi yang akan memberi pengalaman wisata yang menarik bukan? Apalagi akses atau rute untuk menuju lokasi kusuma agrowisata petik apel tidaklah sulit. Dengan Lokasi yang tak berjauhan dengan tempat wisata lain di kota Malang, yaitu Jatim Park.

Untuk sampai di lokasi, jika Anda menggunakan bus, maka waktu yang dibutuhkan dari terminal Kota Malang sampai Agrowisata kurang lebih hanya 40 menit. Jalan yang Anda lewati persis dengan akses ke Batu Secret Zoo.

Bener-PU-1.jpg
Benner-ku.jpg
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here